Kenapa Video di Drive Tidak Bisa Diputar? Ini Penyebabnya

Kenapa Video di Drive Tidak Bisa Diputar

Kita seringkali menggunakan Google Drive sebagai tempat penyimpanan file, bukan? Masalahnya, terkadang ada banyak masalah muncul saat menyimpan di Google Drive tersebut. Misalnya tentang salah satu pertanyaan umum yakni kenapa video di drive tidak bisa diputar?

Tentu untuk menjawab pertanyaan ini anda harus tahu masalah yang menyebabkan hal tersebut. Nah, ada beberapa kemungkinan masalah yang menyebabkan masalah ini terjadi. Walaupun kita tahu jika Drive milik Google adalah salah satu penyimpanan yang umum digunakan banyak orang.

Lantas, apa saja sebenarnya yang menimbulkan masalah ini? Jika anda belum tahu apa saja penyebab error tersebut. Maka sebaiknya anda baca terus sampai tuntas tulisan kali ini, ya!

Penyebab Kenapa Video di Drive Tidak Bisa Diputar

Sebab, jika anda tidak tahu apa yang menyebabkan masalah ini, maka suatu saat anda tidak bisa mengatasinya. Nah, beberapa penyebab dari masalah tersebut adalah:

1. Koneksi Tidak Stabil

Layanan Drive di ponsel atau PC dan Laptop anda memang sebagian bisa diakses dalam versi Offline. Namun, kebanyakan harus menggunakan koneksi agar anda bisa menggunakan layanan tersebut dengan baik. Nah, bagaimana dengan jaringan yang anda gunakan tidak bagus?

Jika ini adalah penyebabnya, maka secara otomatis anda akan selalu gagal memutar video yang sudah anda simpan di Drive. Cara Mengatasinya juga tidak sulit kok. Anda tinggal pastikan jaringan yang anda gunakan bagus.

Atau, jika masalah ini masih berlanjut, silahkan gunakan Wifi. Dan, jika masih tidak berfungsi aktifkan mode Pesawat dan Restart ulang HP anda.

2. Format Tidak Mendukung

Nah, sejatinya anda bisa upload dan menyimpan berbagai file termasuk video. Dan, video sendiri bisa datang dalam banyak format. Masalahnya, tidak semua format pada video bisa diputar di Drive. 

Adapun format yang bisa anda putar di Drive ini adalah:

  • 3GPP
  • AVI
  • FLV
  • MPEG4
  • MPEG-PS
  • MOV
  • MTS
  • WebM
  • WMV

Bagaimana dengan video yang disimpan dengan format selain yang tercantum di atas? Maka anda bisa tetap menyimpan file tersebut namun tidak terbaca sebagai video. Tentu saja, anda tidak bisa memutarnya di Google Drive.

3. Aplikasi Tidak Menggunakan Versi Terbaru

Anda juga harus tahu jika aplikasi Drive ini selalu diperbaharui secara berkala. Dan, jika anda menggunakan versi lawas maka anda mungkin mengalami berbagai error hingga bugs seperti video tidak bisa diputar.

Satu-satunya jalan hanyalah mengupdate atau menggunakan versi terbaru dari apk Drive.

Cara mengecek versi apk ini mudah kok. Anda hanya perlu masuk ke Play Store dan cek apakah ada pembaharuan aplikasi atau tidak. Jika muncul tombol update maka silahkan update versi apk anda.

4. File Rusak

Terkadang, ada gangguan ketika anda melakukan upload dari perangkat ke akun Drive. Misalnya saja Internet yang tidak stabil, namun tetap terbaca setelah di upload. Nah, jika hal ini terjadi, maka file yang tersimpan di Drive anda rusak dan sudah dipastikan tidak bisa diputar.

5. Hak Cipta

Tahukah anda jika ada banyak file yang anda masukkan ke Drive banyak yang hilang karena pelanggaran hak cipta? Untuk itu pastikan file anda original dan tidak melanggar peraturan Google.

6. Resolusi Video

Tahukah anda jika Drive hanya mampu memutar video dengan resolusi maksimal 1920×1080? Jika melebihi dari resolusi tersebut maka akan muncul pesan error. Solusinya hanya download dan putar di media lainnya.

Itu tadi beberapa penyebab kenapa video di Drive tidak bisa diputar. Semoga informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.