Mudikhubdat2022, Ini Cara Daftar Mudik Gratis 2022

Mudikhubdat2022

Kabar gembira untuk para pemudik dengan tujuan kota-kota di Jawa Tengah, sebab pemerintah memiliki program Mudikhubdat2022 yang akan memberikan mudik gratis kepada beberapa pemudik.

Jika Anda ingin mencoba mendaftar di Mudikhubdat 2022, maka Anda harus tahu apa syaratnya dan bagaimana cara mendaftarkan diri dalam program tersebut. Simak penjelasan tentang Mudikhubdat 2022 berikut ini.

Apa Itu Mudikhubdat?

Mudikhubdat adalah website yang digunakan oleh Kementrian Perhubungan untuk mendata pendaftar calon pemudik 2022 secara gratis yang diadakan oleh pemerintah. Melalui situs Mudikhubdat, Anda bisa melakukan pendaftaran mudik gratis yang selalu diadakan oleh pemerintah dari tahun ke tahun.

Terdapat setidaknya 350 armada bus untuk mengangkut ribuan pemudik dan 34 unit truk untuk mengangkut sepeda motor milik peserta mudik 2022. Anda bisa segera mendaftarkan diri di Mudikhubdat untuk menjadi peserta mudik gratis.

Kota Tujuan Mudikhubdat 2022

Masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa kota tujuan yang dijadikan tujuan mudik Mudikhubdat 2022. Berikut ini adalah daftar kota tujuan Mudikhubdat 2022:

  • Wonosobo
  • Wonogiri
  • Wonosari
  • Magelang
  • Kebumen
  • Semarang
  • Boyolali
  • Kudus
  • Solo
  • Klaten
  • Tegal
  • Demak
  • Purwokerto
  • Yogyakarta

Sementara untuk arus balik mudik terdapat 5 kota tujuan yakni Solo, Yogyakarta, Semarang, Wonogiri dan Purwokerto. Bila tujuan mudik Anda adalah salah satu dari kota-kota diatas, maka Anda bisa mencoba mendaftarkan diri di Mudikhubdat.

Syarat Mudik Gratis di Mudikhubdat 2022

Sebelum Anda mendapatkan mudik gratis dari pemerintah, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Berikut ini adalah syarat mudik gratis Mudikhubdat 2022:

  1. Harus memiliki KTP dan KK.
  2. Harus sudah vaksin booster atau vaksin ketiga.
  3. Bila belum vaksin booster tetapi sudah vaksin kedua, calon pemudik wajib menyertakan hasil tes antigen 1×24 jam atau PCR maksimal 3×24 jam.
  4. Apabila hanya vaksin dosis pertama, maka harus disertai dengan PCR maksimal 3×24 jam.

Cara Daftar Mudik Gratis di Mudikhubdat 2022

Setelah mengetahui syarat-syarat yang diperlukan, Anda bisa melakukan pendaftaran mudik gratis 2022.

Berikut ini adalah cara mendaftar mudik gratis Mudikhubdat di 2022:

  1. Buka website resmi Mudikhubdat 2022. Silahkan klik disini apabila Anda ingin langsung tersambung dengan website Mudikhubdat.
  2. Lakukan login di website. Anda bisa register akun baru terlebih dahulu.
  3. Isilah data diri lengkap sesuai dengan kolom yang sudah disediakan di website Mudikhubdat.
  4. Tunggu hingga situs Mudikhubdat menyelesaikan proses verifikasi dan validasi sistem.
  5. Bila sudah berhasil masuk ke website, download dan cetak QR e-tiket peserta mudik.
  6. Bawa QR e-tiket serta data pendukung yang dibutuhkan seperti KTP, KK dan kartu baksin ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus.

Nantinya, pemudik yang terpilih akan diberangkatkan sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan nomor bus yang sudah tersedia.

Jadwal Keberangkatan Mudikhubdat 2022

Ketika Anda mendaftarkan diri di Mudikhubdat, Anda akan langsung mendapatkan jadwal keberangkatannya. Tetapi bila Anda tidak menemukan informasi jadwal keberangkatan di tiket Anda, maka Anda harus menunggu informasi berikutnya di website Mudikhubdat.

Biasanya, keberangkatan mudik massal oleh pemerintah akan dilakukan beberapa hari sebelum hari raya Idul Fitri yang tahun ini jatuh pada tanggal 2-3 Mei 2022.

Itu dia cara mendaftar menjadi calon pemudik gratis di website Mudikhubdat. Anda bisa mendaftar ke program ini agar tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mudik tahun ini. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.