Penyebab FPS Drop Saat Main Game di PC / Laptop

Penyebab FPS Drop

Kesal dengan fps yang tidak berfungsi di tengah-tengah game? Mungkin Anda sempat menyalahkan koneksi internet dalam masalah ini. Padahal, penyebab fps drop pada game belum tentu karena jaringan internet lho. Untuk memahami gangguan fps ini, simak ulasannya berikut ini.

Game masa kini mungkin sudah tidak asing dengan fitur fps di dalamnya. Fitur yang banyak ditemui di game 3D action ini memungkinkan pemain menikmati sensasi bermain game yang lebih hidup. Namun, Anda juga perlu mengenali dengan tepat mengapa fps drop saat game tengah dimainkan.

Apa Itu Fps pada Game?

Fps atau Frame per second merupakan singkatan untuk jumlah frame yang bisa dihasilkan oleh sebuah platform tiap detik pada sebuah game. Seberapa banyak frame yang dihasilkan? Tentunya semakin banyak frame, gerakan objek pada game akan semakin mulus, lancar, dan mantap.

Tunggu dulu, harap perhatikan perbedaan istilah Fps satu ini dengan First Person Shooter yang juga disingkat FPS. Bagi Anda yang bermain game dengan PC atau konsol, nilai fps yang disarankan minimal 60 Hz.

Sedangkan jika bermain game di platform tablet atau Android, rasanya 30 Hz saja sudah cukup baik. Mengingat kapasitas baterai yang lebih terbatas dan suhu smartphone yang bisa jadi lebih panas.

Faktor yang Mempengaruhi Ukuran FPS pada Game

Ukuran fps yang Anda dapatkan ketika bermain game favorit dipengaruhi oleh beberapa faktor. Terutama spesifikasi perangkat yang digunakan, terutama kondisi VGA Card dan monitor yang digunakan.

Oleh karena itu, dibutuhkan kartu grafis yang mumpuni untuk menikmati kualitas grafis yang maksimal di sebuah game. Saat ini, ukuran fps paling tinggi adalah sebesar 240 Hz dan bisa didapati di perangkat PC.

Dengan nilai fps tersebut, Anda bisa menikmati sensasi bermain game yang tampak real, smooth, dan fiturnya yang dimainkan jadi maksimal. Tidak hanya itu, pergerakan karakter tampak leluasa, seolah nyata, dan detailnya tidak pecah. Benar-benar sensasi bermain game yang memukau.

Sayangnya, di perangkat mobile fps maksimal belum bisa digunakan. Padahal, banyak game mobile populer yang banyak dimainkan dan sedang trend. Misalnya AOV, Mobile Legends, Vainglory, dan lain-lain. Hal ini karena hampir semua smartphone masa kini menggunakan layar 60 Hz.

Itupun hanya pada smartphone yang memang benar-benar kelasnya untuk gaming. Namun, fps sebesar 60 Hz rasanya sudah cukup jika menggunakan platform mobile saja.

Lalu, Apa Penyebab Fps Drop pada Game?

Satu poin penting yang perlu Anda ketahui mengenai fps pada perangkat mobile. Secanggih apapun smartphone gaming yang digunakan, nilai fps memang tidak bisa semaksimal fps pada PC. Artinya, memang dari game itu sendiri yang menutup fitur High Frame Rate di tengah permainan.

Alasannya pun tidak ribet dan harusnya bisa dipahami dengan mudah, yaitu agar baterai tidak boros dan tidak panas. Selain itu, besar atau kecilnya nilai fitur fps seringkali dikaitkan dengan koneksi internet. Tidak sedikit gamers yang mencak-mencak ke provider karena fps yang drop.

Padahal, tampilan grafis game jadi patah-patah, blur, dan nge-lag seperti itu bukan dari gangguan jaringan internet lho. Itu semua anggapan yang salah, fps yang drop murni karena itulah batas kesanggupan smartphone Anda.

Bagaimana cara menampilkan FPS saat bermain game di PC atau Laptop? Anda bisa baca artikel yang pernah terbitkan => Cara Menampilkan FPS.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan spesifikasi perangkat mobile yang akan dibeli. Terutama jika Anda menggunakannya untuk tujuan gaming. Tentunya sangat penting untuk memahami chipset yang digunakan smartphone tersebut.

Bagaimana, apakah Anda sudah paham penyebab fps drop pada game? Dengan demikian, Anda bisa menilai sendiri kesanggupan perangkat yang dimiliki untuk bermain game yang membutuhkan fitur high frame rate.

You May Also Like

error: Content is protected !!