rtx adalah

RTX Adalah: Mengenal Apa itu RTX dan Cara Kerjanya

Pengertian RTX adalah bisa anda simak secara lengkap di artikel ini. Pernahkah Anda mendengar tentang nama NVIDIA GeForce RTX? NVIDIA GeForce RTX merupakan topik obrolan di kalangan para gamers yang belakangan ini ramai diperbincangkan.

Ada banyak orang yang merasa bahwa kualitas yang ditampilkan oleh kartu grafis NVIDIA GeForce RTX sangat baik. Apa itu NVIDIA GeForce RTX dan bagaimana cara kerjanya di sebuah grafik komputer? Simak penjelasan tentang NVIDIA GeForce RTX berikut ini.

Mengenal Tentang RTX

RTX atau Ray Tracing Extreme merupakan sebuah kunci utama dari grafis game dimana komponen ini akan menyimulasikan perilaku fisik cahaya agar dapat memunculkan kualitas terbaik secara realtime. Dengan bantuan RTX, Anda bisa mendapatkan kualitas sinematik dengan visual yang sangat keren.

Biasanya, RTX ini lebih dikenal dengan istilah NVIDIA GeForce RTX ini sudah dibuat dengan arsitektur Turing terkini. NVIDIA GeForce RTX untuk pertama kalinya diluncurkan pada tanggal 20 September 2018. Banyak grafis komputer yang menggunakan NVIDIA GeForce RTX dengan tujuan agar dapat membuat grafis menjadi lebih hidup.

Cara Kerja RTX dalam Grafik Komputer

pengertian RTX kartu grafis

RTX memiliki kemampuan untuk menghasilkan gambar dengan cara mengikuti jalur cahaya sebagai pixel dalam bidang gambar. Tidak hanya itu, RTX juga akan mensimulasikan efek cahaya dengan bantuan objek virtual. RTX dapat menghasilkan output gambar yang lebih realistis melalui caranya dalam menyimulasikan perilaku fisik cahaya. Setelah disimulasikan, cahaya ini akan memantulkan objek satu ke objek yang lainnya.

Perbedaan Antara RTX dan GTX

Dalam sebuah perangkat gaming, Anda akan selalu mendapati sebuah kartu grafis di dalamnya. Ada banyak sekali kartu grafis yang bisa Anda gunakan, tetapi dua jenis kartu grafis yang paling umum digunakan adalah RTX dan GTX. Keduanya memiliki perbedaan, meski sudah dijelaskan bahwa RTX memiliki grafis yang lebih unggul. Berikut ini adalah perbedaan diantara keduanya:

Kualitas Grafis

Perbedaan pertama terletak pada kualitas grafisnya. Kualitas grafis yang dimiliki RTX dapat membuat gambar visual terlihat seolah lebih tajam dan nyata. Visual yang ditampilkan juga memiliki efek yang sempurna dan dramatis. Pantulan objek yang muncul dari layar kaca akan terlihat lebih jelas sehingga menimbulkan efek yang sangat mirip seperti aslinya.

Berbeda dengan RTX, GTX masih menggunakan proses rendering cahaya ataupun bayangan dari gambar melalui teknologi 3D konvensional. Teknologi ini masih menggunakan mesh sepertiga antara piksel dalam setiap gambar yang ditujukan untuk menyimulasikan efek dan objek virtual di dekatnya.

Performa

Perbedaan kedua yang terdapat pada GTX dan RTX adalah performa. Dari segi performa, NVIDIA RTX memiliki kemampuan pelacakan cahaya atau rendering gambar yang jauh lebih baik dibandingkan NVIDIA GTX. Hal ini bukan rekayasa belaka, sebab hal ini sudah diungkapkan secara langsung oleh pihak NVIDIA sendiri. Menurut informasi yang didapatkan, kemampuan kartu grafis RTX disebut-sebut lebih kuat 5 kali lipat dibanding GTX.

Penggunaan Teknologi Arsitektur

Selain kedua perbedaan diatas, masih ada perbedaan lain yang dimiliki oleh kartu grafis RTX dan GTX, yakni dari segi penggunaan teknologi arsitektur. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, NVIDIA RTX menggunakan teknologi arsitektur Turing, dimana teknologi arsitektur tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi GPU tercanggih. Hal inilah yang membuat kartu grafis NVIDIA RTX sangat cocok untuk digunakan oleh gamers ataupun content creator. Di sisi lain, pada NVIDIA GTX, khususnya NVIDIA GTX 680, teknologi yang digunakan bukanlah arsitektur Turing tetapi chip GPU GK104 dengan arsitektur generasi penerus Fermi yang bernama Kepler. Teknologi GPU ini terdiri dari empat buah blok GPC dan dilengkapi dengan dua buah blok Streaming Multiprocessor. Di dalam blok Streaming Multiprocessor ini terdapat sebuah bagian bernama SMX. SMX ini disebut-sebut memiliki pdaya dua kali lipat lebih baik dibandingkan dengan Streaming Multiprocessor generasi sebelumnya.

Fitur

Banyak orang yang beranggapan bahwa RTX memiliki kesamaan fitur dengan GTX, sebab mereka masih satu turunan yang sama. Meski demikian, ternyata ada cukup banyak fitur berbeda diantara kedua kartu grafis ini. Pada kartu grafis NVIDIA RTX terdapat fitur-fitur terbaru, salah satunya adalah RT Cores. RT Cores merupakan sebuah komponen dari hardware yang telah dilengkapi dengan Ray Tracing.

Di sisi lain, kartu grafis GTX dilengkapi dengan arsitektur Pascal yang sudah mendukung fitur VR. Hal ini didukung dengan adanya sokongan teknologi NVIDIA Simultaneous Multi-Projection. Untuk Anda yang masih awam dengan istilah ini, fitur tersebut memungkinkan banyak instans dari gambar dengan ditayangkan ke kedua mata pada headset VR.

Dua Spesifikasi NVIDIA GeForce RTX

Terdapat dua jenis NVIDIA GeForce RTX yang perlu Anda ketahui spesifikasinya, yakni NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti Founder Edition dan NVIDIA GeForce RTX 2080 Founder Edition. Agar Anda bisa memilih mana kartu grafis yang tepat untuk Anda, berikut ini adalah spesifikasi lengkap keduanya:

Spesifikasi Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Founder Edition

Jenis RTX pertama yang bisa Anda gunakan adalah Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Founder Edition. Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Founder Edition ini memiliki spesifikasi yang sangat tinggi, dimana kartu grafis ini memiliki 11GB GDDR6, 4352 Tenaga CUDA dan clockspeed dasar sebesar 1350Mhz plus maksimum Boost Clock hingga 1635Mhz.

Spesifikasi yang dimiliki oleh seri Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Founder Edition ini membuatnya memiliki perbedaan yang cukup besar jika dibandingkan dengan seri lainnya. Memory Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Founder Edition ini masih sama, yakni 352-bit. Meski demikian, kartu grafis Nvidia GeForce RTX 2080 Ti Founder Edition memiliki GDDR6  yang dapat membuat terdapatnya perbedaan yang sangat besar untuk urusan performa.

Spesifikasi Nvidia GeForce RTX 2080 Founder Edition

Jenis kartu grafis NVIDIA GeForce RTX yang akan dibahas berikutnya adalah Nvidia GeForce RTX 2080 Founder Edition. Nvidia GeForce RTX 2080 Founder Edition termasuk dalam generasi selanjutnya dari seri 1080.  Jika Anda akan menggunakan Nvidia GeForce RTX 2080 Founder Edition ini, Anda harus bersiap-siap untuk mendapatkan kualitas yang jauh  lebih  unggul.

Jenis Nvidia GeForce RTX 2080 Founder Edition ini membawa kekuatan VRAM sebesar 8 GB GDDR6 dengan maksimum  jumlah CUDA  hingga 2944. Seri  ini  juga  memiliki clockspeed  yang  sangat besar  hingga  1800Mhz  atau Base clock 1515Mhz dan  mampu  membawa  maksimal Memory Bandwith hingga 448GB/s.

Nah, sekarang Anda sudah mengerti tentang NVIDIA GeForce RTX. Anda bisa memilih NVIDIA GeForce RTX ini sebagai komponen kartu grafis Anda agar performa yang dihasilkan menjadi lebih baik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Check Also

baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi

Baterai Laptop Plugged in Charging Tapi Tidak Mengisi? Ini Cara Mengatasinya

Memelihara kondisi perangkat elektronik seperti laptop memang tidak mudah, apalagi untuk orang awam seperti kita. …