Sudah Lolos Verifikasi BPJS Ketenagakerjaan Tapi Belum Cair? Ini Solusinya

Sudah Lolos Verifikasi BPJS Ketenagakerjaan Tapi Belum Cair

Memberikan bantuan dana adalah salah satu hal yang sudah sering dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Salah satu dana bantuan yang belakangan ini diberikan adalah bantuan BSU. Dana bantuan ini dikabarkan hanya diberikan kepada masyarakat dengan gaji dibawah 3,5 juta saja dan harus sudah lolos verifikasi.

Sayangnya, meski sudah ada beberapa penerima yang lolos verifikasi, dana bantuan dikabarkan masih belum cair juga.

Bila Anda adalah salah satu orang yang menerima bantuan tetapi tidak kunjung cair, maka simak penjelasan selengkapnya tentang alasan penundaan pencairan dan cara mengatasinya dibawah ini.

Mengenal Tentang Bantuan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Baru-baru ini, pemerintah memberikan bantuan sebesar 600 ribu rupiah sebagai bantuan bagi pekerja atau buruh dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dana ini akan dicairkan melalui BPJS Ketenagakerjaan dan hanya orang-orang yang lolos verifikasi saja yang bisa mendapatkan dananya.

Melalui canangan bantuan dana ini, diharapkan pemerintah bisa mengurangi beban masyarakat yang semakin meningkat karena harga BBM dan kebutuhan pokok semakin meningkat.

Syarat Lolos Verifikasi Bantuan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Untuk bisa mendapatkan bantuan dana dari BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu dan dinyatakan lolos verifikasi.

Syarat untuk lolos verifikasi adalah Anda harus seorang pekerja Warga Negara Indonesia dengan gaji paling banyak 3,5 juta rupiah.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mengisi data diri yang dibutuhkan pada platform yang sudah disediakan. Bila Anda dinyatakan lolos verifikasi, maka Anda akan mendapatkan bantuan pencairan dana.

Tanggal Pencairan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Pencairan dana bantuan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan sudah mulai dilakukan sejak tanggal 12 September 2022 yang lalu.

Meski demikian, masih ada beberapa orang yang sudah lolos verifikasi tetapi masih belum mendapatkan bantuan tersebut.

Alasan Dana BPJS Ketenagakerjaan Tidak Cair

Apabila Anda adalah salah satu orang yang mengalami dana tidak cair di BPJS Ketenagakerjaan, Anda tentu harus tahu apa saja alasan yang membuat hal ini terjadi.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan dilakukan secara bertahap.

Apabila Anda masih belum menerima bantuan dana dari BPJS Ketenagakerjaan, bisa jadi dana Anda akan dicairkan pada periode pencairan berikutnya.

Beberapa kategori yang akan didahulukan pencairan dananya adalah pekerja yang belum menerima PKH dan BPUM.

Cara Mengatasi Dana BPJS Ketenagakerjaan Belum Cair

Jika Anda sudah lolos verifikasi BPJS Ketenagakerjaan tetapi dana bantuan masih belum cair juga, maka Anda harus melakukan sesuatu.

Anda bisa mencoba membuat pengaduan ke BPJS Ketenagakerjaan. Anda dapat mencari sosial media BPJS Ketenagakerjaan dan menanyakan beberapa pertanyaan terkait bantuan tersebut.

Untuk membantu Anda lebih mudah dalam reach out pihak BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mengirim pesan langsung ke DM Instagram atau Inbox Facebook BPJS Ketenagakerjaan.

Bila masih tidak dibalas juga, Anda dapat menghubungi langsung ke nomor (+6221) 50911333 atau mengirim email ke care@bpjsketenagakerjaan.go.id. Nantinya, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan membantu Anda mengatasi dana yang terlambat cair.

Itu dia penjelasan tentang dana bantuan BPJS Ketenagakerjaan, alasan dan cara mengatasi dana bantuan yang tidak kunjung cair.

Anda tidak boleh panik, Anda bisa mencari tahu informasi terkait pencairan lebih lanjut kepada orang-orang yang juga lolos verifikasi. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.