Berapa Ukuran Thumbnail YouTube & Bagaimana Cara Membuatnya?

Bagi pembuat konten YouTube tentu membuat thumbnail video yang menarik sangat penting untuk bisa menarik perhatian banyak viewers atau penonton.

Karena 99% pengguna tertarik untuk menonton video yang kita buat dari thumbnailnya. Hal ini bisa anda rasakan sendiri saat berlama-lama di Youtube, tanpa sadar anda sudah banyak menonton video didalamnya.

Tidak hanya thumbnail yang menarik, tentu konten didalamnya juga harus memberikan manfaat dan kesan bagi pengguna agar mereka mau memberikan like, subscribe dan berkomentar di video kita.

Untuk membuat thumbnail youtube yang menarik tentu kita harus paham betul berapa ukuran yang tepat sehingga pas dengan video yang akan kita publish.

Bagi yang sudah mahir mengedit video atau jago dalam hal editing foto pasti sudah paham berapa ukuran yang tepat untuk membuat thumbnail video YouTube.

Akan tetapi bagi pemula, mungkin belum paham berapa minimal dan maksimal ukuran thumbnail youtube agar terlihat bagus dan pas saat berada di situs berbagi video terbesar didunia tersebut.

Ukuran Thumbnail Youtube

Buatlah ukuran gambar thumbnail kustom sebesar mungkin. Gambar tersebut juga akan digunakan sebagai gambar pratinjau dalam pemutar yang tersemat. Rekomendasi Youtube untuk thumbnail kustom antara lain:

  • Memiliki resolusi sebesar 1280×720 (dengan lebar minimum 640 piksel).
  • Diupload dalam format gambar seperti JPG, GIF, atau PNG.
  • Tidak melebihi batas ukuran 2 MB.
  • Coba gunakan rasio tinggi lebar 16:9, karena rasio ini paling sering digunakan dalam pemutar dan pratinjau YouTube.

Rekomendasi ini langsung kami ambil dari situs resmi Google tentang pedoman membuat thumbnail youtube secara kustom, untuk melihatnya silakan anda kunjungi linknya disini.

Anda mungkin akan berpikir, mengapa ukuran resolusinya begitu besar? Hal ini karena pengunjung youtube tidak selalu dari pengguna smartphone, mereka juga kadang menggunakan smart TV yang memiliki resolusi tinggi hinga 4K.

Coba pikirkan saja apa jadinya jika ukuran resolusi yang kita buat tidak mencapai standar minimum yang disarankan oleh youtube? Pasti saat ditampilkan pada perangkat yang lebih besar contohnya seperti smart tv diatas pasti gambar akan pecah dan menjadi buram / burik.

Maka dari itu, membuat thumbnail youtube sangat penting dalam hal ukuran resolusi, selain itu menggunakan perekam dengan kamera yang bagus menjadi hal yang bisa dibilang wajib.

Cara Membuat Thumbnail Youtube

Setelah kita tau berapa ukuran thumbnail youtube yang benar, maka sekarang saatnya kita akan membuatnya.

Kalian tidak perlu sampai mencari template yang pas untuk dijadikan thumbnail, cukup dengan ambil satu gambar dari hasil video, lalu jadikanlah gambar tersebut sebagai thumbnail video nantinya.

Jadi ambil yang paling menarik dari video kalian, contohnya disini saya akan mengambil satu gambar dari video musik mawang dengan lagu kasih sayang kepada orang tuanya yang sempat viral beberapa bulan yang lalu.

Untuk mengambil gambar, kalian bisa menggunakan tombol Windows + prt sc sysrq pada keyboard. Atau biasanya saya sendiri menggunakan software pihak ketiga yang bernama Lightshot.

Ukuran Thumbnail YouTube

Setelah itu, kita buka Photoshop lalu pilih File > New dan isi nama sesuai yang di inginkan, lalu atur ukuran gambar seperti yang sudah disarankan diatas. Atau bisa anda lihat gambar dibawah ini, isi width 1280 dan height 720.

Ukuran Thumbnail YouTube

Masukkan gambar yang sudah kalian ambil tadi, dan silakan atur sesuai dengan latar yang sudah ditentukan sebelumnya.

Ukuran Thumbnail YouTube

Setelah kalian atur dan sudah pas, sekarang kita simpan gambar tersebut dengan cara menekan File > Save for Web & Devices…

Ukuran Thumbnail YouTube

Mengapa kita memilih opsi tersebut? Agar ukurannya tidak terlau besar dan juga agar hasilnya maksimal untuk website, karena yang akan kita upload adalah gambar yang khusus untuk website (Youtube).

Ukuran Thumbnail YouTube

Langkah terakhir kita pilih Save.

Dan untuk hasilnya, kalian bisa lihat pada thumbnail artikel yang kami publikasikan ini.

Jadi sekarang anda sudah tau bukan Ukuran Thumbnail YouTube dan cara membuatnya? Nah, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke sosmed biar semua konten kreator tau ya.