3 Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Internet adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan internet, Anda bisa mencari apapun dengan mudah.

Untuk bisa mendapatkan jaringan yang cepat, maka Anda harus menggunakan jaringan 4G. Bagaimana cara mengetahui apakah kartu Anda sudah support jaringan 4G atau tidak? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Cara Mengubah Kartu 3G Menjadi 4G

Apakah kartu Anda masih berupa 3G? Bila ya, maka Anda memiliki kesempatan untuk mengubah kartu 3G menjadi 4G. Satu-satunya cara untuk mengubah kartu 3G menjadi 4G adalah dengan mendatangi graPARI Telkomsel terdekat.

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Apabila Anda sudah mengubah kartu Telkomsel Anda menjadi 4G tetapi tidak tahu apakah kartunya sudah berubah atau belum, ada beberapa cara untuk mengecek hal tersebut.

Berikut ini adalah cara mengecek apakah kartu Telkomsel yang Anda miliki sudah 4G atau belum.

Melalui Kartu

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencabut kartu SIM yang Anda miliki. Apabila kartu SIM yang Anda gunakan sudah termasuk dalam jaringan 4G, maka Anda akan melihat bahwa ada label tertentu yang menunjukkan keterangan bahwa kartu tersebut sudah tersambung dengan jaringan 4G. Anda perlu memperhatikan dengan baik apakah kartu Anda memiliki label tersebut.

Melalui USSD

Cara kedua adalah melalui USSD.

  1. Pertama, buka aplikasi panggilan yang ada di ponsel Anda.
  2. Setelah itu, ketikkan kode dial *888*47# dan pilih menu cek kartu.
  3. Ketik nomor ponsel Anda dan pilih menu Cek 4G.
  4. Klik nomor 1 dan tunggu hingga Anda mendapatkan notifikasi dari pihak Telkomsel.
  5. Anda bisa mengetahui apakah kartu 4G Anda sudah berupa 4G atau tidak.

Melalui MyTelkomsel

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah kartu Telkomsel Anda sudah 4G atau tidak adalah melalui aplikasi MyTelkomsel.

Untuk bisa menggunakan cara ini, Anda harus memiliki aplikasi MyTelkomsel terlebih dahulu. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store maupun App Store.

Langkah pertama, silahkan download dan install aplikasi MyTelkomsel di ponsel Anda terlebih dahulu. Apabila sudah, registrasikan nomor Anda dan buka aplikasi.

Di halaman utama, Anda akan langsung melihat simbol 4G Ready. Apabila ada simbol tersebut, maka semua jaringan di kartu SIM Anda sudah berupa 4G. Apabila tidak ada simbol tersebut, maka kartu Anda masih belum 4G.

Cara Mengecek Apakah Ponsel Support 4G

Akan percuma apabila Anda sudah menggunakan kartu 4G tetapi ponsel Anda masih belum support kartu 4G. Untuk itu, sangat penting mengetahui apakah ponsel Anda support 4G atau tidak. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahuinya.

Cara pertama adalah melalui informasi dari Google. Anda bisa mencari tahu melalui informasi spesifikasi apakah ponsel Anda sudah termasuk 4G atau belum.

Cara kedua adalah melalui kode dial. Silahkan buka aplikasi panggilan di ponsel Anda dan ketikkan *#*#4636#*#*.

Anda hanya perlu menunggu hingga muncul pilihan menu yang akan menunjukkan informasi telepon. Cek apakah ponsel Anda sudah mendukung 4G atau belum.

Itu dia cara mengecek apakah kartu dan ponsel Anda sudah support jaringan 4G atau tidak. Mengetahui hal ini dapat membuat Anda tahu jenis paket data apa yang bisa Anda gunakan dengan kartu Anda. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.