4 Cara Main Game Android di PC / Laptop dengan Mudah

Cara Main Game Android di PC

Bermain game seringkali digunakan sebagai hiburan atau sekedar mengisi waktu luang, dimana saat ini terdapat banyak sekali game Android yang sedang populer. Bagi Anda yang juga suka bermain game di Android, maka bisa mencoba cara main game Android di PC untuk menambah keseruan.

Dengan menggunakan sebuah PC, maka pengalaman bermain akan semakin menyenangkan. Apalagi bila Anda bermain game Android yang seru, seperti PUBG, Mobile Legend, ataupun game bergenre MMORPG.

Cara Main Game Android di PC

Bagi Anda yang tertarik untuk bisa bermain game Android di PC, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Berikut 4 cara bermain game Android melalui PC yang bisa Anda lakukan:

1. Main Game Android di PC tanpa Aplikasi

Sebenarnya terdapat fitur bawaan smartphone yang dapat menghubungkan perangkat Android dengan PC. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menonton video, melihat foto, membuka dokumen, ataupun bermain game Android di PC.

Untuk mengaktifkan fitur ini Anda harus masuk terlebih dahulu ke menu pengaturan ponsel, kemudian cari opsi mirroring atau pencerminan. Klik mirroring tersebut dan Anda akan disuruh mengaktifkan wifi.

Di sisi lain aktifkan juga PC Anda dan masuklah ke menu setting, lalu pilih display dan aktifkan Connect to wireless display. Setelah itu, hubungkan smartphone dan PC dengan menekan nama perangkat yang muncul di menu pencarian.

Tunggu beberapa saat hingga proses menghubungkan Android dengan PC berhasil. Apabila sudah berhasil, maka Anda siap untuk bermain game Android dengan layar yang lebih luas menggunakan PC Anda tersebut.

2. Menggunakan Samsung Dex

Samsung Dex
Sumber: YouTube (Thao Huynh)

Perangkat Samsung bahkan menyediakan cara khusus untuk menghubungkan perangkatnya dengan PC, caranya adalah dengan menggunakan Samsung Dex. Fitur ini sendiri terdapat di beberapa seri Samsung, sehingga Anda bisa cek terlebih dahulu bahwa perangkat ponsel adalah dari merk yang sama.

Bila ponsel Samsung mendukung fitur ini, maka Anda bisa langsung memulainya. Caranya hubungkan Samsung dengan PC menggunakan kabel wireless, biasanya kabel ini sudah ada di paket penjualan handphone Samsung yang mendukung mode Dex.

Umumnya smartphone Samsung yang mendukung mode Dex adalah Samsung S Series dan Note Series. Setelah itu, akan muncul notifikasi di smartphone Anda, ikuti langkahnya serta baca juga petunjuk penggunaan keyboard dan mouse sebagai kontrol Anda bermain game.

Bila smartphone, PC, keyboard, dan mouse sudah terhubung, maka Anda sudah bisa melakukan permainan game ala PC dengan game-game Android.

3. Menggunakan Emulator

Bila smartphone Anda tidak mendukung mirroring dan tidak punya Samsung Dex, menggunakan emulator adalah pilihan yang bisa dilakukan.

Download Emulator Android Terbaik

Emulator ini memungkinkan Anda bisa membuat PC berjalan di atas sistem Android, dimana terdapat beberapa emulator terbaik yang bisa Anda gunakan yaitu Bluestack dan Memu Emulator.

Bluestack

  1. Instal terlebih dahulu Bluestack di PC Anda, software ini sendiri bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet.
  2. Selanjutnya jalankan di PC Anda hingga terlihat antarmuka dari Bluestack.
  3. Di sini masuklah ke dalam aplikasi Playstore yang tersedia di Bluestack tersebut.
  4. Setelah itu, Anda akan disuruh untuk melakukan log-in menggunakan email Anda.
  5. Bila sudah berhasil masuk menggunakan email, maka Anda bisa mulai mencari game Android yang disukai.
  6. Install lalu mainkan game Android tersebut melalui PC Anda.

Memu

Ada juga software emulator yang tak kalah terkenalnya yaitu Memu Emulator. Untuk menggunakannya pertama-tama carilah software emulator di internet dan unduh software tersebut. Setelah itu lakukan cara berikut:

  1. Install Memu di PC Anda dan jalankan software ini, lalu akan muncul notifikasi berupa Memu start warning.
  2. Di sini centanglah No more remind dan klik Continue to use.
  3. Selanjutnya akan muncul antarmuka atau dashboard dari Memu, di sini Anda akan menemui banyak aplikasi Android.
  4. Carilah aplikasi Playstore untuk mendapatkan berbagai macam game Android kesukaan Anda.
  5. Install game tersebut lalu mainkan dengan pengalaman yang lebih menyenangkan menggunakan PC.

4. Menggunakan Aplikasi Mirroring

Aplikasi Mirroring

Selain menggunakan emulator, Anda juga dapat bermain game Android di PC menggunakan aplikasi mirroring. Aplikasi ini sangat banyak ditemui di Play Store, namun pilihlah aplikasi mirroring yang bagus seperti Screen Stream Mirroring dan AirDroid.

Screen Stream Mirroring

Untuk dapat menggunakannya terlebih dahulu install aplikasi ini di smartphone Anda, kemudian aktifkan tethering wifi pada handphone Anda dan hubungkan internet PC melalui tethering tersebut. Selanjutnya, ikutilah langkah-langkah berikut:

  1. Bukalah browser PC Anda lalu cari website Screen Stream Mirroring.
  2. Di sini Anda akan mendapatkan sebuah barcode.
  3. Di sisi lain bukalah aplikasi mirroring di smartphone Anda.
  4. Hubungkan smartphone dengan PC menggunakan barcode tadi, setelah itu otomatis Anda sudah dapat menggunakan sistem mirroring tersebut.
  5. Download game kesukaan Anda
  6. Setelah itu, Anda bisa memainkan dengan layar yang lebih luas menggunakan sebuah PC.

AirDroid

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, Anda terlebih dahulu harus menginstal AirDroid di smartphone Anda. Setelah itu, bukalah aplikasi dan aktifkan tethering wifi di ponsel Anda, hubungkan PC Anda melalui tethering tersebut. Nah, berikutnya lakukan cara berikut:

  1. Bukalah situs web AirDroid di PC Anda, lakukan log-in dan dapatkan barcode Anda.
  2. Di sisi lain klik hubungkan Android ke PC yang ada di aplikasi AirDroid smartphone Anda.
  3. Arahkan kamera ke barcode dan tunggu hingga proses penghubungan selesai.
  4. Setelah selesai Anda bisa membuat dokumen, menonton video, hingga bermain game dengan layar PC yang lebih luas.

Baca juga: 5 Kursi Gaming Murah Terbaik yang Nyaman Dipakai untuk Nge-Game

Setiap cara main game Android di PC tersebut mempunyai kelebihan masing-masing, tentunya bisa Anda sesuaikan dengan kenyamanan Anda. Ada baiknya mencoba setiap cara agar tahu mana cara paling mudah dan bagus menurut Anda sendiri.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!