4 Cara Membersihkan Sampah di Hp Xiaomi

Cara Membersihkan Sampah di Hp Xiaomi

Membersihkan ponsel dari file sampah adalah salah satu hal yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik ponsel secara berkala.

Hal ini bisa membuat ponsel Anda tidak mengalami lag dan mudah untuk diinstall aplikasi baru. Bila Anda belum tahu bagaimana cara membersihkan sampah atau file cache di ponsel Xiaomi, ini dia cara selengkapnya.

4 Cara Membersihkan Sampah di Ponsel Xiaomi

Ada setidaknya tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan sampah di ponsel Xiaomi, yakni menggunakan aplikasi bawaan, menggunakan aplikasi tambahan, melalui menu setting dan menghapus file media.

Berikut ini adalah penjelasan tentang masing-masing caranya.

Menggunakan Aplikasi Bawaan Xiaomi

Di semua tipe ponsel Xiaomi, pihak perusahaan sudah memberikan aplikasi bawaan yang bisa Anda gunakan untuk menghapus sampah di ponsel.

Aplikasi tersebut bisa membantu Anda melakukan scan dan penghapusan sampah secara instan. Berikut ini adalah cara membersihkan sampah melalui aplikasi bawaan Xiaomi:

  1. Buka aplikasi keamanan di ponsel Anda lalu cari menu pembersih.
  2. Buka menu pembersih lalu tunggu hingga aplikasi selesai melakukan scan menyeluruh.
  3. Klik tombol clean up untuk membersihkan semua sampah yang berhasil di scan.
  4. Ponsel akan mengaktifkan mode hapus otomatis.

Cara ini dinilai menjadi cara yang paling mudah untuk membersihkan sampah. Anda juga tidak perlu khawatir file-file penting terhapus sebab sistem hanya akan menghapus file cache saja.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara kedua yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak sekali aplikasi penghapus file sampah yang tersedia di Google Play Store maupun App Store, sehingga Anda bisa memilih salah satu dan menginstallnya di ponsel Anda.

Kebanyakan aplikasi penghapus sampah akan meminta perizinan untuk mengakses file di ponsel Anda sehingga Anda harus klik tombol Allow apabila muncul notifikasi baru.

Untuk menggunakan aplikasi tambahan penghapus file sangatlah mudah, pertama silahkan buka aplikasi yang sudah Anda unduh.

Setelah itu, Anda akan melihat berbagai pilihan penghapus file. Anda bisa pilih scan terlebih dahulu untuk melihat berapa banyak file sampah yang Anda miliki.

Beberapa aplikasi juga menyediakan deep scan atau pemeriksaan mendalam untuk mengecek aplikasi dengan ukuran besar.

Menggunakan Setting Ponsel Xiaomi

Apabila kedua cara diatas masih kurang sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda bisa menggunakan cara ketiga yakni melalui setting ponsel.

Cara ini memang manual, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu dibandingkan kedua cara sebelumnya.

Berikut ini adalah cara membersihkan file sampah melalui setting ponsel:

  1. Buka menu pengaturan di ponsel Xiaomi Anda.
  2. Klik menu manajemen aplikasi.
  3. Klik satu per satu aplikasi yang ada di ponsel Anda.
  4. Pilih opsi clear cache atau bersihkan cache. Anda juga bisa menghapus data apabila dirasa sudah melakukan back up.

Lakukan hal ini secara berulang pada semua aplikasi hingga Anda berhasil mengosongkan sebagian ruang penyimpanan.

Baca juga:

Menghapus File Media

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan adalah menghapus file media. File yang Anda hasilkan dari kamera seperti foto atau video biasanya memiliki ukuran yang cukup besar.

Anda bisa memindai file Anda satu per satu lalu menghapusnya. Cara ini biasanya lebih efektif untuk mengosongkan ruang dibandingkan hanya menghapus cache aplikasi.

Itu dia 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus file sampah yang ada di ponsel Xiaomi Anda. Anda bisa mencoba salah satu atau semua cara diatas. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.