5 Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

WhatsApp adalah salah satu aplikasi sosial media yang sangat penting di jaman sekarang. Dengan WhatsApp, Anda bisa berkirim pesan kepada satu orang maupun lebih melalui grup.

Bagaimana bila Anda tidak nyaman berada dalam sebuah grup dan ingin keluar diam-diam? Ini dia 5 cara yang bisa Anda coba.

Ganti Nomor WhatsApp

Cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk keluar dari grup WhatsApp dengan mudah adalah mengganti nomor WhatsApp. Untuk bisa menggunakan cara ini, Anda harus memastikan bahwa nomor pengganti adalah nomor yang aktif.

  1. Pertama, buka aplikasi WhatsApp.
  2. Setelah itu, tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Settings.
  3. Klik menu Account lalu pilih Change Number.
  4. Klik tombol Next di pojok kanan atas lalu masukkan nomor lama dan nomor baru yang akan Anda gunakan.
  5. Bila sudah, klik tombol done di pojok kanan atas.

Clear Data WhatsApp

Bila Anda tidak ingin mengganti nomor tetapi ingin keluar grup WhatsApp diam-diam, maka Anda bisa menggunakan cara kedua yakni clear data WhatsApp. Berikut ini cara melakukannya:

  1. Buka aplikasi pengaturan atau settings.
  2. Klik opsi Apps lalu cari aplikasi WhatsApp.
  3. Klik tombol Clear Data.
  4. Tunggu 30 hingga 45 menit sebelum Anda login dengan nomor lama Anda.

Ketika Anda login kembali, Anda akan melihat opsi Restore. Pilih opsi Yes dan tunggu hingga ponsel merestore atau mengembalikan beberapa chat yang bisa diselamatkan. Ketika proses restore sudah selesai, Anda bisa keluar dari grup WhatsApp tanpa terlihat.

Baca juga: WhatsApp Tidak Tersedia Sementara Waktu

Alternatif Tidak Melihat Grup Tanpa Leave

Anda mungkin masih merasa malu untuk leave dari grup. Tidak masalah, sebab ada beberapa alternatif pilihan yang bisa membuat Anda tidak melihat isi grup tanpa harus leave dari grup tersebut. Ini dia pilihan alternatifnya.

Aktifkan Mute Grup

Pihak WhatsApp sudah sejak lama memiliki fitur Mute chat, sehingga Anda bisa menggunakannya. Mute ini berfungsi untuk membisukan notifikasi dari chat tertentu. Berikut ini cara mengaktifkan fitur mute grup:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih mana grup yang akan Anda mute notifikasinya lalu tekan yang lama hingga muncul opsi tambahan.
  3. Pilih tombol dengan simbol speaker dicoret.
  4. Pilih jangka waktu mute yang Anda inginkan. Jika Anda tidak ingin menyalakan notifikasi dari grup tersebut, jangan centang kotak ‘Show Notification’.
  5. Klik OK bila sudah.

Anda tidak akan lagi menerima notifikasi maupun perlu membaca isi chat dalam grup tersebut.

Hapus Obrolan

Anda harus membuka grup untuk bisa menghapus obrolan. Fungsi dari hapus obrolan adalah menghapus semua chat baik yang belum maupun sudah Anda baca.

Untuk melakukannya, pertama buka aplikasi WhatsApp lalu pilih mana grup yang ingin dihapus obrolannya. Klik tanda titik tiga dipojok kanan atas dan pilih opsi hapus obrolan. Sesuaikan pilihan yang ada dengan keinginan Anda.

Arsipkan Grup

Alternatif terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengarsipkan grup. Pertama, buka aplikasi WhatsApp dan tekan lama pada grup yang ingin diarsipkan.

Klik tombol dengan simbol panah kebawah hingga muncul pop up ‘diarsipkan’ atau ‘archived’. Anda tidak akan lagi menerima informasi berupa notifikasi maupun bisa membaca chat dalam grup tersebut. Meski demikian, Anda tetap akan berada dalam grup dan menerima chat.

Baca juga: Fitur Reaksi WhatsApp Tidak Muncul? Ini Cara Mengatasinya

Itu dia penjelasan tentang cara keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam dan alternatif cara lain yang bisa Anda lakukan bisa cara sebelumnya tidak berhasil. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.