WhatsApp Tidak Tersedia Sementara Waktu, Ini Cara Mengatasinya

WhastApp Tidak Tersedia Sementara Waktu

Siapa sih yang tidak kenal dan tidak menggunakan WhatsApp? Rata-rata orang sudah banyak mulai menggunakan apk ini tidak hanya untuk berkomunikasi saja atau sekedar bertukar kabar namun untuk kerjaan juga. Lantas, bagaimana jika ada error seperti Whatsapp tidak tersedia sementara muncul saat anda akses apk ini?

Sebagai pengguna harian pastinya notifikasi ini sangat mengganggu pekerjaan anda, bukan? Apalagi, jika banyak data penting yang ada dan tersimpan pada chat WA anda. Jika tidak bisa terakses tentu anda akan kesulitan nantinya.

Masalahnya, error pada WA ini bukan yang kali pertama bisa anda temukan. Layanan WA seringkali mengalami masalah atau error dan anda butuh cara agar bisa mengatasi hal tersebut. Untuk itu, mari simak pembahasannya berikut ini.

Penyebab Layanan WhatsApp Tidak Tersedia Sementara Waktu

Sebelum anda mencari tahu bagaimana cara atau solusi layanan Whatsapp tidak tersedia maka mari bahas tentang penyebab masalah ini.

Kita ketahui jika masalah ini pasti disebabkan oleh beberapa faktor, bukan? Namun, yang sering terjadi adalah:

  • Versi Lama : Penyebab yang paling sering menyebabkan masalah ini adalah update versi yang dimatikan. Jika anda terlambat melakukan update versi, maka anda bisa mengalami masalah serupa. Dimana nantinya ada error atau bug yang terjadi. 
  • Koneksi Bermasalah : Tidak jarang juga error ini terjadi karena koneksi anda tidak stabil alias bermasalah.
  • Server WA Terganggu : Bahkan, tidak jarang juga dikarenakan server internal pihak WA bermasalah. Sehingga sama sekali tidak bisa digunakan layanan WA tersebut.
  • Memori Internal Penuh : Penyebab selanjutnya yang bisa menyebabkan masalah ini. Jika hal ini terjadi maka semua pengguna tidak akan bisa menggunakan layanan tersebut.

Baca juga: Fitur Reaksi WhatsApp Tidak Muncul? Ini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Masalah Layanan WhatsApp Tidak Tersedia Sementara

Lantas, bagaimana cara anda mengatasi masalah ini jika terjadi pada perangkat anda? Jika masalah ini muncul, maka anda harus tahu terlebih dahulu apa kemungkinan penyebab dari error tersebut. Namun, berikut solusi yang bisa anda coba, yaitu:

  • Koneksi Internet : Coba cek koneksi internet anda, apakah mengalami gangguan atau tidak? Caranya mudah, coba buka apk lain yang menggunakan layanan internet. Jika mengalami masalah juga, maka coba layanan internet lainnya, misalnya pindah menggunakan Wifi atau koneksi jaringan HP.
  • Update Versi : Anda harus cek apakah versi WA yang anda gunakan sudah versi terbaru atau tidak. Caranya dengan membuka Play Store dan cari apk WA. Jika terdapat tombol update, maka versi yang anda gunakan adalah versi lama. Jika hal ini terjadi maka anda harusnya update versi terlebih dahulu.
  • Hapus File Sampah : Jika setelah anda buka setting HP dan cek memori internal hasilnya sudah hampir penuh. Maka, anda disarankan menghapus file cache atau file sampah. Kemudian, anda juga bisa membuka file manager dan cari file-file tidak penting untuk mengosongkan memori anda.
  • Mode Pesawat dan Restart HP : Terkadang anda harus melakukan restart HP atau gunakan mode Pesawat. Untuk apa? Agar settingan HP anda disegarkan kembali dan adanya error tersebut bisa teratasi.
  • Pemberitahuan Dari Pihak Whatsapp : Jika semua cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah Whatsapp tidak tersedia sementara ini. Maka, kemungkinan masalahnya ada pada jaringan server internal pihak Whatsapp. Jika hal ini terjadi maka yang bisa anda lakukan sebagai salah satu pengguna hanyalah menunggu update dari pihak WA.

Baca juga: Cara Memberikan Reaksi Pesan (React) WhatsApp dengan Emoji

Demikianlah informasi tentang masalah Whatsapp tidak berfungsi sementara. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.