6 Cara Mendownload Aplikasi Jika Memori Penuh

Cara Mendownload Aplikasi Jika Memori Penuh

Mengunduh aplikasi di Google Play Store atau App Store tentu sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya mengunduh, terkadang kita juga butuh melakukan update aplikasi.

Sayangnya, instalasi aplikasi tidak akan mudah dilakukan bila penyimpanan di ponsel Anda penuh. Bagaimana cara mengunduh aplikasi tanpa menghapus aplikasi lain di ponsel yang penyimpanannya sudah penuh? Ini dia 6 cara yang bisa Anda lakukan.

Rutin Membersihkan Cache

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi adalah dengan membersihkan cache.

Cache atau file sampah adalah data sementara dari sebuah aplikasi yang tidak terlalu berguna dalam jangka waktu panjang.

Dengan adanya cache, Anda bisa meninggalkan aplikasi tersebut sejenak dan kembali lagi dengan posisi yang sama persis.

Untuk menghapus cache caranya mudah, pertama buka pengaturan di ponsel Anda. Setelah itu, klik menu App Manager dan pilih aplikasi yang akan dihapus cachenya.

Klik opsi storage atau penyimpanan dan klik menu hapus cache. Lakukan secara berulang hingga ponsel Anda memiliki penyimpanan yang cukup untuk mengunduh aplikasi baru.

Menghapus File Besar

Tidak hanya aplikasi dan data aplikasi saja, penyimpanan di ponsel juga kerap digunakan untuk menyimpan file dengan ukuran besar.

Contoh file dengan ukuran besar adalah file video, hingga semakin banyak video yang Anda simpan maka akan semakin banyak ruang yang terpakai.

Anda bisa menghapus file berukuran besar untuk mengosongkan lebih banyak penyimpanan.

Tidak Memasang Aplikasi Serupa

Banyak sekali aplikasi yang tersedia di Google Play Store atau App Store. Beberapa dari aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama atau mirip, sehingga mungkin hanya akan memenuhi ruang penyimpanan di ponsel Anda saja.

Anda disarankan untuk memasang aplikasi yang memang sering Anda gunakan saja, seperti WhatsApp, Twitter, Instagram atau yang lainnya.

Menghindari Install-Uninstall Aplikasi

Cara berikutnya yang bisa Anda coba untuk mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan adalah dengan menghindari install-uninstall aplikasi.

Ketika Anda melakukan instalasi aplikasi, aplikasi akan membawa data cache. Meskipun Anda sudah menghapus instalasi aplikasi, data cache bisa saja tidak terhapus secara sempurna sehingga penyimpanan Anda semakin penuh.

Anda bisa mencoba untuk merestart ponsel alih-alih install-uninstall aplikasi bila aplikasi tidak berjalan dengan semestinya.

Hapus dan Back Up Data

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan agar Anda bisa mengunduh aplikasi baru adalah melakukan hapus dan back up.

Setiap aplikasi memiliki opsi back up masing-masing. Anda bisa melakukan back up data lalu menghapus data.

Sederhananya, lakukan back up data untuk menyimpan data Anda yang saat ini sudah ada. Setelah itu, hapus data di menu pengaturan agar aplikasi tidak memakan terlalu banyak tempat.

Cara menghapus data di pengaturan sama seperti cara menghapus cache, sehingga akan mudah bagi Anda untuk melakukannya.

Baca juga:

Memindahkan Data ke MicroSD

MicroSD adalah sebuah kartu yang bisa menjadi penyimpanan eksternal untuk Anda. Anda bisa memindahkan file berukuran besar dan data aplikasi ke MicroSD alih-alih menghapusnya.

Cara memindahkan file ke MicroSD sangatlah mudah, pertama buka menu pengaturan lalu cari opsi App Manager.

Klik mana aplikasi yang ingin Anda pindahkan datanya, lalu klik move to SD card. Tunggu hingga proses selesai dan lakukan secara berulang.

Itu dia 6 cara mendownload aplikasi apabila penyimpanan ponsel Anda sudah penuh. Anda bisa mencoba cara manapun yang sekiranya berhasil untuk Anda. Semoga berhasil.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.