Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru Xiaomi

Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru Xiaomi

Zaman terus berkembang, teknologi makin canggih, dan di sisi lain HP harus diupgrade untuk beradaptasi pada aplikasi-aplikasi zaman sekarang yang semakin berat. 

Saat mengupgrade HP baru, kebanyakan orang akan meninggalkan HP lama. Saat bertahan dengan HP lama, tidak mungkin cuma bertahan 1 atau 2 hari, bisa jadi 6 bulan atau 2 tahun. 

Dalam waktu itu, pasti ada banyak data yang tersimpan. Sayang rasanya kalau dibuang begitu saja. Kita harus menyimpannya dan kita perlu memindahkannya ke HP lama agar kenangannya terjaga. Bagaimana cara memindahkan data dari HP lama ke HP baru Xiaomi? Berikut jawabannya.

Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru Xiaomi

Ada sekurang-kurangnya dua cara memindahkan data HP lama ke HP baru untuk pengguna HP Xiaomi. Yaitu lewat Sync akun Google, atau menggunakan Mi Mover. 

Jika lewat Sync Google, kita bisa mentransfer data-data seperti kalender, Google Keep, kontak, foto, video dan hal-hal yang ada kaitannya dengan akun Google.

Tapi syaratnya sebelum dipindahkan, kita sudah mencadangkan file-file yang ingin dipindahkan ke HP baru. Sementara Mi Mover lebih banyak jenis data yang bisa ditransfer, seperti: data game, musik, video, foto, dan lain-lain.

Menurut saya, lebih baik menggunakan Mi Mover. Ini fitur langsung dari HP, jadi tidak perlu ribet mencadangkan data. Proses transfernya juga mirip seperti membagikan file lewat Bluetooth. 

Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru Xiaomi dengan Mi Mover

Sebelum memindahkan data, pastikan baterai Anda masih banyak dikarenakan prosesnya agak lama. Usahakan baterai di atas 50%.

Selain itu HP harus dalam jarak dekat, dan berikut adalah caranya:

  1. Buka menu ‘Pengaturan’ di HP Xiaomi lama Anda
  2. Pilih menu ‘Setelah Tambahan’
  3. Lalu pilih ‘Mi Mover’
  4. Kemudian pilih sebagai ‘Pengirim’. HP lama bertugas sebagai pengirim, semebtara HP baru sebagai penerima
  5. Di HP Xiaomi yang baru juga silakan buka Mi Mover, lalu pilih sebagai ‘Penerima’
  6. Setelah itu akan muncul metode scan kode QR di HP lama
  7. Scan ke layar HP baru, lalu tunggu hingga proses hingga muncul pilihan transfer
  8. Jika sudah, nanti tampil pilihan dokumen di HP lama. Hal ini meliputi: sistem, aplikasi, gambar, audio dan video. Anda dapat memilih data mana yang ingin dipindahkan
  9. Setelah memilih data mana yang ingin dipindah, berikutnya proses pemindaian akan segera dimulai
  10. Tunggu beberapa menit sampai prosesnya selesai

Setelah itu, HP baru telah terasa seperti HP lama. Kenangan Anda, file-file yang tersimpan rapi, data aplikasi ataupun game, telah tersimpan di HP baru dengan rapi.

Baca juga:

Cara Memindahkan Data dari HP Lama ke HP Baru Xiaomi dengan Sync Akun Google

Cara kerjanya begini… kita harus mencadangkan dahulu data-data yang ingin dipindah. Barulah setelah itu saat mensinkronisasi akun Gmail, data-data yang telah kita cadangkan dapat ikut tersimpan di HP baru. 

Jadi kita harus mencadangkannya dahulu guna mentransfer data-data dalam jumlah lebih besar. Jika tidak melakukan pencadangan, data yang dipindahkan nanti paling cuma data kontak, kalender Google Keep dan hal-hal yang ada kaitannya dengan Google. 

Untuk melakukan pencadangan, Abda bisa masuk ke menu ‘Pengaturan’, lalu masuk ke bagian sistem dan cari meju pencadangan atau back up.

Untuk mencadangkan foto, Anda dapat melakukannya lewat Google Foto atau Google Drive. Transfer filenya ke sana, terus login akun Google tersebut ke HP baru. Dengan begitu data-data yang telah dipindah, akan muncul di HP baru.

Jika sudah selesai, berikut cara login atau akun Gmail lama ke HP baru untuk proses transfer data:

  1. Buka menu ‘Pengaturan’ di HP Xiaomi baru Anda
  1. Cari menu ‘Google Account’
  2. Masukkan alamat email lama Anda
  3. Setelah berhasil login, klik akun Gmail tersebut. Proses sinkronisasi akan segera dimulai
  4. Lalu centang data yang ingin dipindahkan
  5. Selanjutnya klik titik dua atau menu option dan klik ‘Sinkronisasi Sekarang’
  6. Tunggu prosesnya hingga selesai

Setelah selesai, data-data itu akan berpindah ke HP baru Anda. Caranya lebih ribet. Sebaiknya memakai Mi Mover saja.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.