Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi

Xiaomi punya satu fitur yang dapat membantu kita mengembalikan foto yang terhapus permanen. Yaitu dengan menggunakan fitur bernama Mi Cloud, yaitu fitur penyimpanan awan yang dapat digunakan menyimpan video, foto, dokumen, nomor kontak, catatan, panggilan dan lain-lain.

Kita punya akses sebanyak 5GB di penyimpanan awan ini. Selagi ruangannya masih tersedia, kita bisa menyimpan apa saja. Untuk mengaksesnya, kita hanya cukup terhubung ke internet. Teknologi ini mirip seperti Google Drive, atau jenis penyimpanan awan yang lain.

Jadi kesimpulannya, dengan Mi Cloud, Anda memiliki kemungkinan mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP. Tapi dengan satu syarat, yaitu Anda telah membackup file ke Mi Cloud.

Cara Mengemblikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi

Cara kerja Mi Cloud seperti penyimpanan awan kebanyakan. Kita butuh akun yang terdaftar di Xiaomi dan jaringan internet. Soal akun Xiaomi, setiap pengguna HP Xiaomi pasti sudah punya karena saat awal membeli HP pasti sudah disuruh daftar.

Jadi selanjutnya cukup login saja dengan akun tersebut, kemudian akses Mi Cloud. Login ke dalam Mi Cloud ini menjadi awal langkah mengaktifkan fitur penyimpanan awan itu agar bekerja di HP kita. Alias cara membackup filenya begini lho caranya.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi
  1. Pertama, masuk ke pengaturan ponsel Xiaomi.
  2. Klik ‘Account’, lalu pilih ‘Find Mi Account’.
  3. Buka ‘Menu’.
  4. Lalu pilih layanan ‘Cloud’.
  5. Aktifkan beberapa pilihan ini atau semuanya, yaitu: Backup, Find Device, Sync dan opsi terhapus pada dashboard. Pilih yang Anda butuhkan, semuanya pun tidak masalah.

Caranya masih belum selesai. Kita harus membackup MI cloud pada aplikasi galeri kita. Sehingga jika ada foto terhapus permanen, dapat dipulihkan kembali dengan Mi Cloud. 

  1. Buka aplikasi ‘Galeri’.
  2. Pilih ikon titik tiga di pojok, kemudian pilih ‘Menu Lainnya’.
  3. Klik ‘Settings’.
  4. Lalu hidupkan ‘Backup Automatically’.
  5. Sinkronisasi akan segera dihidupkan. Pilih ‘Turn On’.
  6. Pilih ‘Auto Sync-Data’.
  7. Nonaktifkan opsi ‘Only Show Local Album’, guannya agar semua foto dan video di galeri dapat dibackup secara otomatis.
  8. Dengan begini, Anda telah selesai dengan urusan back up file galeri ke Mi Cloud.

Di atas kita disibukkan dengan rentetan cara mengaktifkan backup file pada Xiaomi. Lalu bagaimana cara mengembalikan foto/video yang terhapus permanen di Xiaomi dengan Mi Cloud?

Catatan: Kita hanya bisa mengembalikan foto yang terhapus permanen di Xiaomi jika sudah mengaktifkan back up file galeri HP ke Mi Cloud. Jika sebelumnya Anda belum mengaktifkannya, maka cara berikut ini tidak bisa dilakukan.

Jika Anda telah melakukan back up file, dan kebetulan ada foto kesayangan Anda yang terhapus permanen, cara mengembalikannya adalah dengan cara ini:

  1. Masuk ke galeri Xiaomi Anda
  2. Lalu di pojok kanan pilih ‘Menu Lainnya’
  3. Klik ‘Trash Bin’
  4. Lalu masukkan akun Mi Cloud Anda dengan akun yang Anda daftarkan dahulu
  5. Setelah itu akan muncul video, foto, atau file-file di dalam Trash Bin tersebut
  6. Cari foto kesayangan Anda yang terhapus tersebut, lalu klik ‘Recover’ untuk mengembalikannya ke galeri
  7. Otomatis foto yang terhapus permanen di Xiaomi telah kembali

Baca juga:

Bagaimana jika sebelum foto-foto itu hilang, kita belum membackup file ke Mi Cloud? Anda dapat mencoba cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP Xiaomi yang lain, misalnya dengan menggunakan bantuan software Android Data Recovery, menggunakan aplikasi Deleted Photos Recovery, menggunakan fitur Undeleter Recover File and Data, atau menggunakan aplikasi Restore Image.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.