Jenis Kerusakan dan Cara Klaim Garansi Xiaomi Perbaikan Gratis

Cara Klaim Garansi Xiaomi

Xiaomi adalah salah satu jenis brand asal China yang sangat populer di Indonesia. Bila ponsel atau aksesoris Anda bermerk Xiaomi, maka penting untuk tahu beberapa hal tentang klaim garansi Xiaomi.

Mengetahui tentang klaim garansi bisa berguna apabila perangkat Anda mengalami kerusakan yang perlu ditanggung oleh brand Xiaomi.

Bagaimana cara melakukan klaim garansi Xiaomi dan jenis kerusakan apa saja yang bisa diklaim dengan garansi? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Klaim Garansi Xiaomi

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengklaim garansi Xiaomi. Berikut ini caranya:

  1. Lakukan pengecekan garansi perangkai menggunakan IMEI. Pastikan bahwa perangkat Anda didistribusikan secara resmi dan masih memiliki masa garansi.
  2. Cek lokasi Mi Authorized Service Center.
  3. Siapkan dokumen bukti ketika Anda melakukan pembelian barang, dapat berupa kotak penjualan maupun bukti pembelian.
  4. Bawa perangkat dan dokumen pendukung yang sudah disiapkan ke Mi Authorized Service Center.
  5. Sampaikan keluhan yang dialami dan beri waktu pihak Xiaomi untuk mengecek kelayakan garansi.

Bila perangkat Anda layak mendapatkan garansi, maka perbaikan akan dilakukan sesuai dengan ketersediaan komponen dan tingkat kerusakan perangkat.

Jenis Garansi Yang Diberikan Oleh Xiaomi

Anda tidak perlu mengalami kerusakan pada ponsel Xiaomi terlebih dahulu untuk bisa mengklaim garansi Xiaomi. Hal ini dikarenakan Xiaomi tidak hanya memberikan garansi kepada perangkat saja, melainkan juga kepada aksesori tambahan yang Anda dapatkan seperti kabel data atau adaptor. Meski demikian, Anda harus mengecek masa garansi Xiaomi setiap aksesorinya karena lama garansinya berbeda-beda.

Jangka Waktu Garansi Xiaomi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap jenis aksesori dan perangkat yang diluncurkan oleh Xiaomi memiliki waktu garansi yang berbeda-beda.

Agar Anda tidak bingung mencari dan mengecek satu per satu jangka waktu garansi, berikut ini adalah daftar tipe produk dan masa garansinya:

  • Handphone memiliki waktu garansi 15 bulan
  • Tablet, Mi Band dan Powerbank memiliki waktu garansi 12 bulan
  • Charger, aksesori bawaaan, earphone, baterai, kabel data dan USB charger mobile memiliki waktu garansi 6 bulan.
  • Strap Mi Band memiliki waktu garansi 7 hari.

Perlu Anda ingat bahwa masa garansi diatas didasarkan pada produk yang memiliki jenis baterai lepas pasang dan secara umum saja. Bila ponsel atau perangkat Anda memiliki baterai tanam, maka ketentuannya mungkin berbeda.

Jenis Kerusakan Yang Dapat Diklaim Garansi Xiaomi

Anda bisa melakukan klaim garansi hampir untuk semua kerusakan yang Anda alami yang tidak terjadi karena kelalaian pribadi. Beberapa jenis kerusakan yang dapat diklaim garansi oleh Xiaomi adalah:

Layar mati, Tampilan gambar tidak normal, Perangkat tidak mau menyala, tidak dapat melakukann panggilan telepon, tidak dapat bergetar atau berdering, sering mati secara tidak normal, tidak bisa bersuara, tombol rusak, tidak dapat melihat kartu SIM, retak material, tidak dapat mengisi daya dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Apakah Semua Kerusakan Bisa Klaim Garansi Xiaomi?

Jawabannya adalah tidak semua. Ada beberapa kerusakan yang diakibatkan karena kelalaian penggunaan pribadi, sehingga hal ini tidak ada sangkut pautnya dengan garansi Xiaomi.

Karena itulah perlu dilakukan pengecekan kelayakan garansi sebelum Anda diberikan garansi Xiaomi. Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir sebab Anda bisa melakukan perbaikan dengan biaya sendiri di tempat klaim garansi Xiaomi.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang klaim garansi Xiaomi. Hal ini penting untuk Anda ketahui sebelum mengklaim garansi. Selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.