2 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Xiaomi adalah salah satu merk ponsel yang cukup populer di Indonesia. Xiaomi memang menawarkan produk dengan kualitas dan spesifikasi tinggi tetapi dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau sehingga banyak orang tertarik untuk mencobanya.

Sayangnya, beberapa pengguna lama Xiaomi mengeluhkan tidak adanya opsi menghapus aplikasi bawaan dari Xiaomi. Padahal, ada setidaknya 2 cara yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah cara menghapus aplikasi bawaan dari Xiaomi di ponsel Anda, check this out.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Cara yang bisa Anda gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan dari Xiaomi adalah melalui pengaturan.

Berikut ini adalah cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dengan mudah:

  1. Pertama, buka aplikasi Setting dan cari menu Apps.
  2. Setelah itu, pilih opsi manage apps.
  3. Cari mana aplikasi yang ingin Anda hapus.
  4. Klik tombol uninstall yang berlogo tong sampah.
  5. Terakhir, lakukan konfirmasi dengan klik tombol OK.

Bila sudah, tunggu beberapa detik hingga aplikasi benar-benar terhapus dari sistem ponsel Anda. bersamaan dengan dihapusnya aplikasi tersebut, semua data lokal akan ikut terhapus.

Aplikasi Bawaan Xiaomi Yang Bisa Dihapus

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi bawaan Xiaomi dapat Anda hapus dengan mudah. Anda harus mengecek satu persatu mana aplikasi yang bisa dihapus dan mana yang tidak bisa dihapus. Contoh aplikasi yang bisa dihapus adalah Mi Remote dan Mi Browser.

Alasan Aplikasi Bawaan Xiaomi Tidak Bisa Dihapus

Ada beberapa alasan mengapa beberapa aplikasi bawaan Xiaomi tidak bisa dihapus. Pertama, bisa saja karena aplikasi tersebut sangat penting untuk berjalannya sistem ponsel.

Tanpa aplikasi tersebut, sistem di ponsel Anda bisa saja terganggu sehingga Xiaomi tidak membiarkan hal itu terjadi. Anda harus menggunakan cara selain metode diatas bila ingin menghapus aplikasi bawaan secara paksa.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Mode Debugging

Selain rooting, ada sebuah cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak bisa dihapus dengan cara biasa.

Cara ini disebut dengan mode debugging. Mode debugging adalah sebuah metode yang biasanya digunakan oleh developer dalam tahapan uji coba.

Untuk bisa menggunakan mode ini, Anda harus memasang ADB Driver di komputer. Fungsi ADB Driver adalah untuk menghubungkan ponsel dengan komputer.

Setelah itu, Anda perlu mengaktifkan USB Debugging pada mode developer. Anda tidak disarankan untuk menggunakan mode ini sebab memang sangat sulit dan kemungkinan gagalnya cukup besar.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Developer Option di Xiaomi Semua Tipe

Alternatif Hapus Aplikasi Bawaan di Ponsel Xiaomi

Bila Anda tidak ingin atau tidak bisa menghapus aplikasi bawaan yang ada di ponsel Anda, maka ada beberapa pilihan alternatif lain yang bisa Anda coba. Berikut ini beberapa pilihan alternatifnya:

Gunakan Fitur Hidden Apps

Alternatif pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan fitur hidden apps. Fungsi dari hidden apps ini hanya untuk merapikan atau menyembunyikan aplikasi saja. Itu artinya, aplikasi akan tetap ada dan bisa dipakai bila dibutuhkan, serta data akan tetap tersimpan sebagaimana mestinya.

Uninstall Update

Untuk mengurangi ruang penyimpanan yang ada di ponsel Anda, Anda bisa menggunakan opsi uninstall update. Dengan opsi ini, aplikasi bawaan tidak akan melakukan auto update sehingga data dan ruang penyimpanan yang dibutuhkan tidak bertambah.

Itu dia 2 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan di ponsel Xiaomi Anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.