Cara Menonaktifkan Developer Option di Xiaomi Semua Tipe

Cara Menonaktifkan Developer Option di Xiaomi

Opsi pengembang atau developer option tidak berbahaya untuk HP, tapi sebagian orang yang telah terlanjur mengaktifkannya ingin menonanktifkan developer option di perangkat mereka, khususnya Xiaomi, yang disebabkan oleh beberapa alasan. 

Opsi pengembang memiliki banyak manfaat untuk orang yang dari sananya paham soal HP, karena opsi ini dikhususkan untuk orang yang suka ‘mengopek’.

Kalian yang tidak paham, tidak disarankan mengaktifkannya karena takutnya Anda salah melakukan setting, dan berakhir ponsel Anda mengalami error karena ketidaktahuan Anda. 

Apabila Anda terlanjur mengaktifkan opsi pengembang dengan menekan tombol 7 kali (seperti tutorial cara mengaktifkan opsi pengembang), kalian tenang saja karena ada cara menonaktifkan developer option di Xiaomi maupun perangkat lain. Namun kali ini, kita hanya fokus pada perangkat Xiaomi.

Cara Menonaktifkan Developer Option di Xiaomi Semua Seri

Anggap saja semua versi Xiaomi yang terjual di pasaran memiliki tampilan dan menu setting yang sama. Maka tutorial mematikan opsi pengembang bisa Anda ikuti dengan langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Setelan/Setting 
  2. Kemudian scroll layar ke bawah dan cari menu ‘Setelan Tambahan’
  3. Scroll layar ke bawah lagi, dan cari menu ‘Opsi Pengembang’
  4. Seharusnya setelah ini Anda dibawa ke menu opsi pengembang, dimana kalian dapat melakukan beberapa setting seperti : 1) Mematikan atau menghidupkan opsi pengembang, 2) Mengatur sandi cadangan desktop, 3) Mengatur Log Bluetooth HCI snoop, 4) Membuka kunci OEM, 5) Mengatur layar agar terus menyala, 6) Mengupdate sistem otomatis dan fitur-fitur lain yang dapat Anda rasakan bila opsi pengembang diaktifkan
  5. Di sini kalian fokus pada toggle opsi pengembang atau setting hidup atau matikan opsi pengembang. Klik atau matikan opsi tersebut
  6. Saat toggle dalam keadaan mati, itu tandanya developer option atau opsi pengembang telah mati

Langkah-langkah mematikan opsi pengembang di Xiaomi telah selesai. Anda tak akan melihat menu ini lagi, serta tidak bisa merasakan fitur-fitur tambahan mereka.

Jika kalian ingin mengaktifkannya lagi, Anda cukup masuk ke menu ‘Pengaturan’ > cari menu ‘Tentang Ponsel’ > kemudian klik 7 kali menu ‘Versi MUI’ atau sampai muncul tulisan “Sekarang Anda adalah seorang pengembang”.

Baca juga: 3 Cara Hapus Akun Google di HP Xiaomi MIUI 10, 11 dan 12

Alternatif Cara Menonaktifkan Developer Option di Xiaomi

Apabila cara menonaktifkan developer option Xiaomi di atas tidak bekerja karena ketiadaan fitur mematikan dan menghidupkan opsi pengembang, Anda bisa menggunakan alternatif cara berikut:

  1. Masuk ke Pengaturan atau Setting di Xiaomi Anda
  2. Cari menu ‘Aplikasi Terinstall’
  3. Di halaman itu, silakan manfaatkan menu pencarian, kemudian ketik kata kunci “Setelan”
  4. Nantinya akan muncul aplikasi ‘Setelan’, pilih yang paling atas, lalu buka
  5. Lalu fokus pada bagian bawah, ada pilihan ‘Paksa Berhenti’ dan ‘Hapus Data’, klik yang ‘Hapus Data’
  6. Maka opsi pengembang akan terhapus karena Anda menghapus penyimpanan-penyimpanan yang telah tersimpan di pengaturan HP

Dampaknya, pengaturan HP Xiaomi kembali ke pengaturan semula. Bukan ke pengaturan pabrik sebenarnya, tapi setting-setting khusus yang Anda atur sebelumnya mungkin akan hilang. Tak terkecuali pengaturan ‘Opsi Pengembang’ yang pernah Anda aktifkan tersebut.

Baca juga: Daftar HP Xiaomi yang Dapat Update MIUI 13 dan Cara Upgrade

Dampak Menonaktifkan Opsi Pengembang atau Developer Option

Berbicara soal dampaknya, sebenarnya tidak ada manfaat atau kerugian yang kita dapatkan. Mematikan opsi pengembang hanya dilakukan oleh mereka yang terlalu takut salah ngoprek HP, agar mereka tidak salah setting yang nantinya bisa menyebabkan error. Hanya kekhawatiran berlebih saja.

Jika Anda merasa tidak pernah dan tidak akan melakukan setting yang aneh-aneh, opsi developer yang tetap dibiarkan hidup tidak akan membahayakan ponsel.

Pada dasarnya dia cuma pengaturan tambahan, ia memiliki banyak fitur salah satunya membuat layar HP terus menyala. Bayangkan, jika orang awam tidak tahu masalah ini, lalu mengaktifkan opsi developer dan mensetting agar layar terus menyala.

Karena tidak bisa dimatikan, mereka menganggap HP rusak, lalu error. Contoh seperti ini lah yang dimaksud dari bahasa opsi developer bagi orang awam. Paham?

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.