Apa Arti FLKS? Bahasa Gaul yang Viral di TikTok

Arti FLKS

TikTok dan Twitter adalah gudangnya bahasa gaul bermunculan. Entah siapa pencetusnya, tahu-tahu kata tersebut viral dan banyak dipakai orang.

Biasanya bahasa gaul di TikTok atau Twitter berupa akronim atau singkatan dan bahasa gaul dari luar negeri, atau bahasa slang berbahasa Inggris. Kalau FLKS sendiri adalah sebuah akronim, yang kepanjangannya adalah….

Apa Itu FLKS?

FLKS adalah kependekan dari follow, like, komen dan share. Tanpa perlu dijelaskan Anda pasti tahu maksudnya. Kita diminta untuk follow, like, komentar dan membagikan video TikTok atau salin tautan video TikTok.

Singkatan ini menjadi kalimat ajakan kepada sesama pengguna untuk melakukan hubungan yang saling menguntungkan. 

“Berikan saya like, follow saya, komentar postingan saya dan bagikan video saya. Saya akan melakukan hal yang sama di video Anda.” Kira-kira begini jika dijabarkan menjadi kalimat yang formal.

Jika ada yang komentar di video Anda dengan menyebut FLKS, itu tandanya Anda diajak untuk saling follow, like, komen dan seterusnya.

Itulah makna dari FLKS yang viral di TikTok. Tidak ada makna lebih, ia cuma singkatan kata saja. Soal iya/tidak melakukan FLKS ada di tangan Anda. Bisa menolak, bisa juga menerima. Namun sebenarnya di balik itu ada keuntungan melakukan FLKS.

Baca juga: Green Flag Quiz Test Viral TikTok, Ini Dia Cara Mengisinya

Keuntungan Melakukan FLKS dengan Pengguna TikTok

Ini bukan rahasia lagi, rahasia FYP atau video Anda banyak ditonton pengguna TikTok karena muncul di beranda mereka, ada kaitannya dengan follow, like, comment dan share. 

  • Keunggulan follow adalah menambah pengikut Anda. Orang yang follow Anda menjadi bukti ada ketertarikan dirinya dengan konten Anda. Ini membuat TikTok berpikir konten Anda menarik dan merska akan semakin merekomendasikan video Anda agar muncul di beranda orang lain.
  • Keunggulan like adalah membuktikan bahwa video tersebut banyak disukai sehingga harus disebarkan lagi ke orang lain.
  • Keunggulan komentar, sama saja dengan like. Like yang banyak bisa membuat video FYP. Sementara jumlah komentar yang banyak juga semakin membuat video masuk FYP.
  • Keunggulan bagikan atau salin link ini lah yang paling dahsyat daripada yang lain. Orang yang salin link atau membagikan video Anda ke orang-orang, menjadi penentu besar algoritma TikTok semakin menaikkan video Anda agar ditonton banyak orang.

Video yang muncul di beranda banyak orang akan mengundang banyak penonton, jumlah like dan followers. Intinya, FLKS bisa membantu Anda FYP.

Seenggaknya sedikit membantu, meski dampaknya tidak begitu besar. Ini tergantung dari seberapa banyak Anda melakukan FLKS dengan orang-orang.

Baca juga: Trend Tuan Putri TikTok Viral dan Cara Membuatnya

Istilah Lain di Dunia Media Sosial Selain FLKS

Sejak mengetahui FLKS, Anda pasti tak asing dengan istilah-istilah ini. Mereka memiliki makna yang hampir sama, berkaitan dengan hubungan timbal balik antar pengguna sosial media.

  1. Moots: adalah ajakan untuk mutual atau berteman dengan sesama pengguna akun TikTok atau Twitter. Anda diminta follow dan orang yang difollow diminta untuk follow balik
  2. FFF: dulu sangat populer di Instagram. Merupakan kepanjangan dari follow for follow. Sama dengan moots, follow saya nanti saya follow back
  3. LFL: kependekan dari like for like. Sukai postingan saya, maka saya akan menyukai balik postingan Anda
  4. LB: kependekan dari like back. Pengguna meminta untuk memberikan Anda like balik ke postingan mereka.
  5. L4L: angka 4 itu disebut four, tapi dibikin gaul jadi for. Arti l4l adalah like for like. Artinya sama dengan LFL

Itulah makna dari FLKS dan beberapa kata-kata gaul singkatan lainnya yang sering dipakai di sosial media. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.