Apa Itu OVO U Card? Limit, Kegunaan, Cara Daftar, Kekurangan dan Kelebihan

OVO U Card

Seringnya muncul iklan OVO U Card, membuat sebagian orang bertanya-tanya apa itu OVO U Card, kegunaannya, dan untuk apa OVO memiliki kartu seperti ini padahal segala jenis transaksinya bisa dioperasikan lewat ponsel. 

Apa Itu OVO U Card?

OVO U Card adalah kartu kredit, atau kartu utang, seperti kartu kredit pada umumnya. Jika butuh apa-apa, tinggal gesek saja meskipun Anda tidak memiliki saldo di OVO. Tapi nantinya saldo yang Anda keluarkan akan menjadi tagihan di tiap waktu pembayaran yang telah ditentukan. 

Uniknya kartu OVO U Card bukan milik OVO sepenuhnya, karena kartu ini merupakan kartu kredit co-branding yang diterbitkan oleh BRI. Mereka berdua bekerja sama membuat kartu kredit OVO yang mana kartu ini juga didukung oleh jaringan mastercard.

Kegunaan Kartu OVO U Card

Sama seperti kartu kredit lainnya, OVO U Card dapat dipakai transaksi di toko-toko yang memiliki logo mastercard yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. 

Jadi bukan cuma pada toko yang menyediakan pembayaran OVO saja, tapi semuanya. Selagi ada logo mastercard-nya, maka menggunakan OVO U Card sebagai metode pembayaran pun sangat bisa.

Pemakaiannya tidak terbatas mengingat ada banyak toko berlogo mastercard. Sehingga pengguna bisa hutang di banyak tempat sesuka hati selagi limitnya masih ada.

Sayangnya OVO U Card tidak bisa dipakai untuk belanja di warung atau penjual kaki lima. 

Berapa Limit OVO U Card?

Setiap kartu kredit punya limit pinjaman. Gunanya supaya pengguna mampu hutang dan membayarnya sesuai kesanggupan. Di OVO, limit diberikan pada nominal Rp 3.000.000 hingga Rp 999.999.999. 

Limit ini bisa naik seiring waktu tergantung apakah penghasilan Anda dan skor kredit bagus atau tidak. Jika ingin menaikkan limit, Anda perlu bayar Rp 75.000. Sementara jika over limit, Anda dikenai biaya Rp 50.000.

Limitnya terbilang besar, dan karena ini syarat pengajuan OVO U Card pun cukup ribet. Minimalnya pengguna memiliki minimal gaji per bulan Rp 3.000.000 agar bisa daftar OVO U Card. 

Cara Mengajukan OVO U Card Lewat Aplikasi

Perlu dipikirkan matang-matang, OVO U Card adalah kartu kredit, saldo yang Anda miliki di dalamnya bukan milik Anda. Tapi hutang, alias milik orang lain.

Pastikan Anda memiliki penghasilan yang mumpuni untuk memakai kartu kredit, agar kedepannya tidak terbebani dengan hutang-hutang tersebut.

Cara daftar OVO U Card:

  1. Buka aplikasi OVO Anda
  2. Pada halaman utama, pilih fitur ‘OVO U Card’
  3. Klik ‘Lanjutkan Pengajuan’
  4. Isi data-data di sana, seperti nomor KTP, NPWP, tanggal lahir, status kewarganegaraan, nomor HP, dan nama ibu kandung
  5. Klik ‘Lanjut’
  6. Kemudian ‘Konfirmasi’
  7. Tekan tombol ‘Ajukan Kartu Kredit’

Selanjutnya kita menunggu pengajuan ini. Apakah disetujui atau tidak. Klik tombol ‘Lihat Status’ untuk melihat status verifikasi pengajuan kartu kredit OVO.

Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan OVO U Card

Keuntungan OVO U Card:

  • Bagi pengguna baru bisa dapat 50.000 poin OVO
  • Mendapatkan OVO points setiap transaksi
  • Limit besar mulai dari 3 juta sampai 1 milyar
  • Menggunakan jenis kartu mastercard
  • Kartunya menggunakan chip
  • Bebas mengubah transaksi ke cicilan
  • Dapat diakses lewat aplikasi OVO
  • Banyak promo-promo menarik dari BRI dan OVO

Kekurangan OVO U Card:

  • Syarat pengajuan cukup ribet
  • Wajib mempunyai NPWP
  • Suku bunga cukup tinggi
  • Tidak semua orang bisa menggunakan OVO U Card

Untuk kekurangan OVO U Card yang mana tidak semua bisa menggunakan OVO U Card, ini hal yang normal, karena setiap pemberi hutang melihat kondisi penghutang apakah mampu menggunakan kartu kredit atau tidak.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.