Cara Bayar Akulaku Lewat DANA dengan Mudah dan Cepat

Fauziyah Fitri

Cara Bayar Akulaku Lewat DANA

Beberapa orang biasanya sudah familiar dengan berbagai metode pembayaran digital yang memudahkan transaksi sehari-hari. Salah satu metode yang sering digunakan adalah pembayaran melalui aplikasi Dana. Namun, bagaimana cara bayar Akulaku lewat Dana?

Proses ini mungkin terdengar rumit, tapi sebenarnya cukup sederhana. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara bayar Akulaku pakai Dana. Informasi ini sangat berguna bagi kamu yang sering menggunakan layanan Akulaku dan ingin kemudahan dalam pembayaran.

Mari kita pelajari langkah-langkahnya agar kamu bisa melakukan pembayaran dengan cepat dan mudah. Dengan begitu, berbagai pembayaran bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Bahkan, bisa dilakukan selama 24 jam.

Cara Bayar Akulaku Lewat Dana

Pembayaran Akulaku kini semakin mudah dengan opsi melalui Dana. Prosesnya cepat dan praktis, cocok untuk kamu yang mengutamakan kenyamanan dan kecepatan transaksi.

1. Cara Bayar Cicilan Akulaku Lewat Dana

Membayar cicilan Akulaku melalui Dana adalah proses yang mudah dan praktis, memberikan kemudahan bagi pengguna Akulaku di Indonesia untuk memenuhi kewajiban mereka.

Cara ini menawarkan berbagai keunggulan, termasuk kemudahan penggunaan, kecepatan proses, keamanan tinggi, penghematan biaya, promo menarik, dan pencatatan transaksi yang lengkap. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk membayar cicilan Akulaku melalui Dana:

  1. Pastikan kamu memiliki akun Dana Premium.
  2. Cek saldo Dana-mu, dan lakukan top up jika saldo belum mencukupi.
  3. Siapkan nomor virtual account Akulaku.
  4. Buka aplikasi Akulaku, pilih menu ‘Paylater’.
  5. Di menu ‘Paylater’, pilih ‘Tagihanku’ untuk melihat tagihan cicilanmu.
  6. Klik ‘Bayar Sekarang‘ pada tagihan yang ingin dibayar.
  7. Pilih metode pembayaran menggunakan Dana.
  8. Salin nomor virtual account Akulaku yang muncul.
  9. Buka aplikasi Dana, pilih menu ‘Kirim’, dan transfer ke nomor VA Akulaku.
  10. Masukkan jumlah transfer sesuai tagihan, lalu konfirmasi pembayaran.
  11. Masukkan PIN Dana untuk verifikasi transfer.
  12. Setelah transfer selesai, cek status pembayaran di aplikasi Akulaku.

Cara bayar Akulaku lewat Dana ini memberikan kepraktisan karena kamu hanya memerlukan smartphone yang terhubung internet, proses yang cepat hanya dalam beberapa menit, keamanan yang terjamin dengan sistem enkripsi data, hemat biaya karena tidak dikenakan biaya transfer.

2. Cara Bayar Paylater Akulaku Lewat Dana

Untuk melunasi tagihan Paylater Akulaku melalui Dana, kamu perlu mengikuti beberapa langkah mudah. Berikut ini cara bayar Akulaku lewat Dana tersebut:

Pembuatan Kode VA di Akulaku:

  1. Buka aplikasi Akulaku di HP-mu.
  2. Pilih menu ‘Kredit / BILL‘.
  3. Lanjutkan dengan memilih ‘Tagihanku’.
  4. Pilih ‘Lunasi Sekarang‘.
  5. Masukkan jumlah yang ingin dibayar, kemudian pilih ‘Bayar Sekarang‘.
  6. Pilih bank BNI dan salin kode VA (Virtual Account) yang muncul.

Proses Pembayaran Melalui Aplikasi Dana:

  1. Buka aplikasi Dana dan pilih menu ‘Kirim’.
  2. Pilih ‘Akun Bank‘ dan kemudian ‘Kirim ke rekening Bank’.
  3. Isi nama bank dengan BNI.
  4. Masukkan nomor BNI VA yang didapat dari aplikasi Akulaku.
  5. Isi kolom alias dengan ‘Akulaku’.
  6. Pilih ‘Tambah Bank Baru‘.
  7. Masukkan jumlah pembayaran (harus sama dengan jumlah di Akulaku).
  8. Tekan ‘Lanjut’, lalu ‘Kirim Dana’.
  9. Pilih ‘KONFIRMASI’ dan masukkan PIN Dana.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat dengan mudah dan praktis melunasi tagihan Paylater Akulaku melalui Dana. Informasi ini bermanfaat bagi mereka yang mencari cara praktis untuk melunasi tagihan secara digital tanpa harus pergi ke ATM atau minimarket​

Dampak Tidak Bisa Bayar Cicilan Akulaku

Ketidakmampuan membayar cicilan Akulaku dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, denda terlambat pembayaran dapat menjadi beban tambahan. Akulaku mengenakan biaya 10% dari jumlah yang jatuh tempo, yang dapat menambah beban keuangan pelanggan.

Selanjutnya, pembayaran yang terlambat tidak hanya mengakibatkan denda, tetapi juga berdampak pada skor kredit pelanggan. Akulaku menekankan pentingnya membayar tepat waktu, dan keterlambatan dapat mengurangi skor kredit.

Baca juga:

Tips Bayar Tagihan Akulaku

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan jika ingin membayar tagihan dari Akulaku. Manfaatkan tips di bawah ini untuk memudahkan kamu membayar dengan aman dan tidak mengalami keterlambatan.

1. Gunakan Aplikasi Akulaku Terupdate

Menggunakan aplikasi Akulaku yang terupdate merupakan langkah penting dalam memastikan proses pembayaran tagihan berjalan lancar. Pembaruan aplikasi seringkali membawa perbaikan bug dan peningkatan fitur yang dapat memudahkan transaksi.

Dengan aplikasi terbaru, interaksi dengan menu pembayaran menjadi lebih intuitif, meminimalisir kesalahan saat memasukkan informasi pembayaran. Selain itu, versi terbaru aplikasi Akulaku seringkali dilengkapi dengan keamanan data yang lebih kuat.

2. Pilih Metode Pembayaran yang Tepat

Memilih metode pembayaran yang tepat saat melunasi tagihan Akulaku adalah kunci untuk transaksi yang efisien. Akulaku menawarkan beragam metode pembayaran, mulai dari pembayaran digital seperti Gopay hingga pembayaran langsung di Alfamart atau Indomaret.

Setiap metode memiliki kelebihannya sendiri. Misalnya, pembayaran melalui Gopay menawarkan kemudahan akses dan transaksi yang cepat, sedangkan pembayaran langsung di minimarket menawarkan kenyamanan bagi yang tidak memiliki akses ke layanan perbankan online.

3. Periksa Tanggal Jatuh Tempo

Periksa tanggal jatuh tempo tagihan merupakan langkah krusial dalam mengelola pembayaran tagihan Akulaku. Tanggal jatuh tempo biasanya ditetapkan saat transaksi pertama dan dapat berubah sesuai dengan pilihan pengguna.

Akulaku menyediakan opsi untuk memilih tanggal pembayaran yang beragam, seperti tanggal 2, 10, atau 25 setiap bulannya. Memilih tanggal yang sesuai dengan siklus keuangan pribadi, seperti tanggal gajian, dapat membantu mengatur aliran kas dan menghindari keterlambatan pembayaran.

4. Manfaatkan Pembayaran Melalui E-Wallet

Manfaatkan pembayaran melalui e-wallet untuk melunasi tagihan Akulaku. Metode ini menawarkan kemudahan dan fleksibilitas dalam transaksi. Salah satu opsi e-wallet yang tersedia adalah Gopay, yang dapat digunakan langsung melalui aplikasi Akulaku.

Prosesnya mudah: pilih Gopay sebagai metode pembayaran, lalu ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi. Keuntungan menggunakan e-wallet adalah transaksi yang cepat dan praktis, memungkinkan pembayaran tagihan dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Dengan mengetahui cara bayar Akulaku lewat Dana, kamu bisa lebih mudah dan cepat dalam menyelesaikan transaksi. Semoga informasi ini membantu kamu dalam memanfaatkan layanan digital untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer