Pinjam Uang di Akulaku Apakah Aman? Ini Penjelasan Selengkapnya

Gilang Gilang

Pinjam Uang di Akulaku Apakah Aman

Akulaku tergolong salah satu aplikasi fintech (Financial Technology) yang menawarkan layanan finansial meliputi belanja, bayar cicilan, dan pinjaman uang tunai secara fleksibel. Namun, pinjam uang di Akulaku apakah aman? Pinjam uang melalui aplikasi Akulaku sebenarnya cukup aman dan praktis.

Apalagi aplikasi AkuLaku tidak memberikan syarat sulit bagi para penggunanya yang ingin mengajukan pinjaman dana. Cukup siapkan NPWP, KTP, dan slip gaji untuk membuat dana segera cair ke rekening masing-masing. Bagaimana, apakah tertarik mengajukan pinjaman ke aplikasi Akulaku?

Pinjam Uang di Akulaku Apakah Aman?

Kemunculan banyaknya aplikasi pinjol ilegal memang membuat masyarakat resah, bahkan takut untuk mencoba menggunakan layanan. Kebanyakan aplikasi pinjol ilegal menawarkan keuntungan menarik bagi masyarakat, namun lama kelamaan bunga pinjaman makin besar dan menimbulkan kerugian.

Lalu bagaimana dengan aplikasi Akulaku? Aplikasi Akulaku sudah terdaftar resmi sebagai fintech yang dikembangkan oleh perusahaan bernama PT Pintar Inovasi Digital. Kemunculan aplikasi Akulaku juga sudah mengantongi izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) nomor S-1110/NB.213/2018.

Tidak hanya itu, aplikasi Akulaku juga dikembangkan oleh PT Akulaku Finance Indonesia dengan nomor izin KEP-436/NB.11/2018. Berdasarkan pernyataan sebelumnya, kinerja Akulaku sudah diawasi oleh lembaga OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga mencegah terjadinya bentuk kecurangan keuangan.

Apakah Akulaku berlaku OJK? Tentu saja iya, apabila ketahuan melakukan pelanggaran hukum akan mendapatkan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. Meskipun begitu, para pengguna Akulaku perlu menyesuaikan kemampuan finansial dengan kebutuhan guna terhindar dari masalah telat bayar.

Kinerja Akulaku sama dengan aplikasi pinjaman online lainnya, apabila ada pengguna yang sering telat melakukan pembayaran akan mendapatkan sanksi denda. Akulaku biasanya akan memberikan sanksi denda peningkatan bunga, penagihan melalui nomor telepon, dan bentuk peringatan lainnya.

Syarat Pinjam Uang di Aplikasi Akulaku

Bagi masyarakat yang berminat melakukan pinjaman dana melalui aplikasi Akulaku, bisa mempersiapkan seluruh persyaratannya lebih dulu. Jika persyaratannya tidak dipenuhi, pengguna tidak bisa mengajukan pinjaman sesuai keinginan. Apa saja syarat pinjam dana melalui aplikasi Akulaku?

  • Memiliki dokumen e-KTP
  • Pihak yang akan mengajukan pinjaman minimal berusia 23 tahun
  • Pihak peminjam menyiapkan dokumen slip gaji sebagai bukti memiliki penghasilan tetap
  • Pihak yang akan mengajukan pinjaman berdomisili di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jabodetabek.
  • Bagi karyawan swasta yang ingin mengajukan pinjaman, bisa menyiapkan NPWP

Karyawan perusahaan swasta yang tidak memiliki dokumen NPWP, bisa menggantinya dengan rekening koran tabungan yang berasal dari lembaga keuangan resmi. Semua persyaratan yang diminta oleh aplikasi Akulaku tidak lain demi menjaga proses transaksi pinjaman dana berjalan lancar dan aman.

Bagaimana Cara Tepat Pinjam Uang di Akulaku?

Perlu diketahui, aplikasi Akulaku akan memberikan 2 macam pinjaman tunai bernama KTA Asetku dan DANA Cicil. KTA Asetku menawarkan kecepatan dalam pencairan pinjaman, sedangkan DANA Cicil bisa menawarkan nominal pinjaman jauh lebih besar. Bagaimana langkah-langkahnya?

1. Pinjam Uang Melalui KTA Asetku

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, Akulaku menawarkan layanan pinjam dana melalui KTA Asetku. Pinjaman dana kali ini prosesnya berlangsung sangat cepat, sehingga peminjam tidak butuh waktu lama proses pencairan. Ingin menggunakan KTA Asetku?

  1. Silahkan buka aplikasi “Akulaku” yang ada di perangkat, kemudian pilih “KTA Asetku“. Tentukan “Nominal Pinjam Dana” dan pilih “Tempo Pinjaman” yang dibutuhkan.
  2. Segera input “Nomor Rekening Bank” dan “Data Pribadi” yang dibutuhkan oleh aplikasi. Tunggu “Proses Verifikasi Selesai” dan otomatis bisa dicairkan ke rekening.

Pinjam uang di Akulaku apakah aman? Tentu aman dilakukan, karena transaksinya diawasi oleh lembaga OJK. Bisa pakai layanan KTA Asetku untuk mendapatkan dana cepat cair 24 jam, sehingga tidak perlu menunggu waktu lama menggunakannya sesuai kebutuhan.

2. Menggunakan Program DANA Cicil

Selain menggunakan KTA Asetku, para pengguna aplikasi Akulaku juga bisa memilih program DANA Cicil untuk mendapatkan pinjaman dana dengan cepat. Selain proses pencairannya cepat, DANA Cicil juga menawarkan limit pinjaman lebih besar dibandingkan program KTA Asetku.

  1. Silahkan buka aplikasi “Akulaku“, kemudian pilih menu “Service” untuk melihat berbagai layanan yang ditawarkan. Pilih opsi “DANA Cicil” untuk menentukan jumlah pinjaman yang diinginkan.
  2. Selanjutnya, tentukan “Tenor Pinjaman” yang diinginkan. Klik opsi “Lanjutkan” dan input “Nomor Rekening Bank” aktif untuk melakukan sinkronisasi.
  3. Tambahkan “Data Diri” secara lengkap, lalu tunggu sampai proses verifikasi selesai. Uang secara otomatis akan dicairkan pada rekening yang sudah dimasukkan.

Pinjam uang di Akulaku melalui DANA Cicil memang dirasa cukup menguntungkan. Pengguna bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp10.000.000-20.000.000,- sekali cair. Meskipun begitu, para pengguna harus mempertimbangkan kemampuan finansial agar patuh melakukan pembayaran.

Baca juga:

Bisakah Pinjam Uang di Akulaku Lewat DANA?

Sebagai aplikasi pinjaman online yang aman dan cepat cair, Akulaku memberikan opsi lain bagi para penggunanya untuk mengajukan pinjaman melalui e-wallet DANA. Sebelum mengajukan pinjaman, install aplikasi DANA ke perangkat masing-masing, lalu ikuti langkah selengkapnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi “Akulaku” dan pilih opsi “Keuangan“. Pengguna bisa menentukan jenis pinjaman yang diinginkan, lalu tentukan nominal dan tenor pinjaman.
  2. Pilih penerima “Bank Artos“, kemudian “Ajukan Pinjaman“. Pengguna bisa memasukkan “Kode OTP” yang dikirim melalui SMS.
  3. Tunggu verifikasi selesai dilakukan, lalu tambahkan “Rekening Bank Jago“. Pengguna bisa pilih “Kirim” dan lakukan “Pembayaran“.
  4. Tentukan opsi “E-Wallet” dan pilih “DANA” untuk memasukkan “Nomor HP” yang sudah terhubung ke DANA. Tentukan “Nominal Transferan” lalu segera lakukan “Top Up Sekarang“.
  5. Tinggal masukkan “Kata Sandi” aplikasi Bank Jago, lakukan “Pengecekan Saldo” dan selesai dilakukan dengan mudah.

Pinjam uang di Akulaku apakah aman? Segala jenis transaksi dalam aplikasi Akulaku sudah diawasi oleh lembaga OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selama pengguna menaati aturan yang berlaku, aplikasi Akulaku tidak akan menimbulkan kerugian, terutama dalam hal pengelolaan keuangan.

Baca juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer