Apa itu TerraUSD (UST)? Inilah Penjelasan Lengkapnya

TerraUSD

Tahukah Anda dengan mata uang USDT, USDC, DAI, BTC, ETH, BNB, BUSD dan lain-lain? TerraUSD atau UST menjadi salah satu bagian dalam klasifikasi mata uang itu, yang termasuk dalam Stablecoin.

Apa itu stablecoin? Yaitu salah satu jenis aset kripto yang dirancang untuk memiliki nilai setara dengan mata uang fiat. Mata uang fiat adalah mata uang sah yang kita pakai sehari-hari, seperti rupiah, dollar, yen, won dan lain-lain.

Stablecoin punya beberapa jenis aset kripto, seperti yang disebutkan di atas, dan salah satu yang cukup populer adalah TerraUSD atau UST yang akan kita bahas pengertiannya berikut ini.

Apa Itu TerraUSD (UST)? 

TerraUSD (UST) adalah stablecoin terdesentralisasi yang berjalan di Ethereum yang berusaha mempertahankan nilai US$1,00. Tidak seperti stablecoin terpusat, UST tidak didukung oleh dolar AS di rekening bank. Sebagai gantinya, untuk mencetak 1 TerraUSD, aset cadangan TerraUSD (LUNA) senilai US$1,00 harus dibakar. 

Bagaimana Cara Kerja TerraUSD (UST)?

Nilai UST dikelola oleh pencetakan/pembakaran token LUNA saat dan ketika permintaan naik/turun. Nilai UST berfluktuasi karena didorong oleh penawaran dan permintaan aset dan nilai dolar AS. 

Ketika nilai UST melebihi satu dolar, pemegang LUNA dapat menjual token untuk UST. Ketika persediaan dikurangi untuk keuntungan, token UST dapat dijual untuk Terra (LUNA). Tindakan ini mengembalikan harga UST ke level target.

Keunggulan dan Kekurangan UST atau TerraUSD

UST agak mirip dengan DAI daripada USDT. DAI sebelumnya memiliki masalah ketika didukung oleh Ether dan nilai Ether turun dengan cepat. Meskipun tidak ada kerusakan yang dilakukan, itu menandakan kemungkinan kerentanan.

Sejak saat itu, DAI telah memasukkan sejumlah USDC bersama dengan Ether sebagai jaminan. UST memiliki peningkatan dibandingkan DAI dalam hal agunan.

Keuntungan utama dari UST adalah: tidak ada perusahaan yang dapat dipaksa untuk membekukan koin UST karena didesentralisasi.

Jadi tindakan keras apa pun terhadap stablecoin kemungkinan tidak akan memengaruhi UST. Selain itu ia dinilai aman meski saat ini harganya anjlok drastis sebanyak 98%.

Sementara kekurangan dari UST: dia masih cukup baru dan dapat memiliki masalah pada perangkat lunak.

Jangkauan UST di Dunia Kripto

Apa saja yang bisa digunakan dengan uang UST, melihat negara mana yang mendukung UST, dan mata uang fiat (sah) mana yang bisa ditukarkan dengan UST.

Berikut penjelasannya:

  1. Produk yang Mendukung UST
  • Coinbase : bisa digunakan untuk jual/beli dan support untuk trading
  • Pro : bisa digunakan untuk jual/beli dan support untuk trading
  • Wallet : bisa digunakan untuk jual/beli tapi tidak support untuk trading
  1. Negara yang Support UST
  • US : support Coinbase, Pro dan Wallet
  • NY : hanya support Wallet
  • CAN : support Coinbase, Pro dan Wallet
  • EU : support Coinbase, Pro dan Wallet
  • IE : hanya support Wallet
  • UK : support Coinbase, Pro dan Wallet
  • DE : support Coinbase, Pro dan Wallet
  • SG : hanya support Wallet
  1. Uang Kripto ke Pasangan Perdagangan Fiat
  • USD : hanya berlaku di negara US
  • EUR : hanya berlaku di negara EU

Dompet Coinbase tidak mendukung transaksi bank langsung. Anda harus mentransfer crypto Anda ke Coinbase.com atau mengirimkannya ke alamat eksternal untuk menguangkan.

  1. Uang Kripto ke Pasangan Perdagangan Kripto

UST bisa digunakan untuk perdagangan mata uang kripto BTC dan USDT.

Bagi yang bertanya berapa minimal dan maksimal penarikan UST, pada salah satu jenis dompet kripto yaitu Coinbase, menerapkan penarikan minimal :0,000000000000000001 dan maksimum : 250.000.

Itulah pembahasan soal pengertian apa itu TeraaUSD (UST) yang mungkin Anda ingin ketahui. Saat ini harga uang ini anjlok 98% di pasaran. Ini disebabkan oleh beberapa masalah. Mungkin ke depannya nilainya akan normal lagi. Kita tunggu berita terbaru.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.