apakah hp infinix cepat rusak

Apakah HP Infinix Cepat Rusak? Ini Pengalaman Pengguna

Memiliki sebuah ponsel adalah hal yang sangat penting di jaman sekarang. Tanpa adanya ponsel, Anda akan mengalami kesulitan untuk menghubungi orang lain yang berkaitan dengan keluarga maupun pekerjaan. Membeli sebuah ponsel juga bukan hal yang mudah sebab ada banyak sekali tipe ponsel yang bisa Anda pilih.

Salah satu pilihan merk yang bisa Anda pilih adalah ponsel Infinix. Sayangnya, ponsel Infinix ini banyak mengalami review negatif karena disebut-sebut sering mengalami kerusakan. Benarkah demikian? Simak penjelasan dan kebenaran terkait ponsel Infinix yang mudah rusak berikut ini.

Mengenal Tentang Ponsel Infinix

Infinix merupakan sebuah merk ponsel yang berasal dari Hongkong. Merk ini sudah didirikan sejak tahun 2013 yang lalu. Tujuan utama didirikannya merk Infinix adalah untuk menghadirkan perangkat dengan teknologi terbaik dan dapat dijangkau oleh semua golongan.

Hal inilah yang membuat ponsel Infinix memiliki harga jual yang relatif lebih murah dibandingkan ponsel jenis lainnya. Meskipun harganya lebih terjangkau, kualitas ponsel Infinix ini tentunya tidak kalah dibandingkan ponsel merk lainnya.

Pasar Indonesia sendiri baru mengenal ponsel Infinix pada tahun 2015, ketika mereka mengenalkan produk baru mereka bernama Hot Note.

Nama ponsel Infinix yang masih belum sepopuler merk ponsel lain membuat banyak orang meragukan kualitasnya, padahal ponsel Infinix juga tidak kalah keren dan canggih dari ponsel lain.

Apakah Ponsel Infinix Mudah Rusak?

Jawaban dari pertanyaan ini tentu sangat bergantung pada siapa orang yang menggunakannya. Daya tahan semua perangkat elektronik tentu tergantung pada pemakaiannya. Tidak peduli merk ponsel apapun yang Anda gunakan, bila Anda menggunakannya dengan asal-asalan dan tanpa perawatan, maka ponsel tersebut bisa mudah rusak. Ponsel Infinix sendiri memiliki rata-rata masa pakai yang tergolong normal, kurang lebih sekitar 3 hingga 5 tahunan tergantung pada pemakaian.

Penyebab Ponsel Infinix Mudah Rusak

Tidak semua ponsel Infinix mudah mengalami kerusakan, tetapi akan lebih baik bagi Anda apabila Anda memiliki bayangan terkait apa saja yang menyebabkan ponsel Infinix mudah mengalami kerusakan. Berikut ini adalah beberapa penyebab ponsel Infinix mudah mengalami kerusakan:

Tidak Memperbarui Sistem Keamanan

Hal pertama yang bisa membuat ponsel Infinix Anda mengalami kerusakan adalah dengan tidak memperbarui sistem keamanan. Perlu Anda ketahui bahwa setiap developer ponsel biasanya memberikan pembaharuan sistem keamanan kepada setiap unit yang diproduksi.

Hal ini dilakukan agar perangkat Anda bisa tetap bertahan dengan adanya berbagai serangan dari internet. Bila Anda tidak memperbarui sistem keamanan di ponsel Anda, maka wajar saja bila ponsel Infinix Anda mengalami kerusakan. Akibat dari tidak memperbarui sistem keamanan ini adalah ponsel yang mudah terserah virus.

Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Apakah Anda sering mengisi daya ponsel Infinix Anda menggunakan kepala dan kabel charger dari merek lain? Jika iya, maka sebaiknya Anda harus berpikir untuk mengurangi penggunaan charger tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa setiap ponsel memiliki arus daya yang berbeda-beda sehingga penting untuk menggunakan charger alami yang sudah diberikan ketika Anda membeli ponsel.

Awalnya, ketika Anda mengisi baterai dengan arus yang lebih tinggi dibanding seharusnya, maka Anda akan merasa senang sebab pengisian daya dapat dilakukan dengan lebih cepat. Meski demikian, perlu Anda ingat bahwa jika hal ini dilakukan terus menerus, maka baterai ponsel Anda akan melemah dan komponen di dalamnya mengalami kepanasan.

Menggunakan Ponsel Hingga Baterai Habis

Penyebab lain yang bisa membuat ponsel Infinix Anda menjadi cepat rusak adalah menggunakan ponsel hingga baterai habis. Jika Anda melakukan hal ini terus menerus dalam jangka panjang, maka baterai ponsel Anda akan lebih cepat rusak.

Walaupun teknologi baterai sudah berkembang dari lithium-ion (Li-ion) menjadi lithium-polymer (Li-Po), tetapi kedua jenis baterai ini masih menggunakan konsep dimana semakin tinggi daya yang diisi maka semakin cepat rusak sebuah ponsel.

Menggunakan Handphone Ketika Overheat

Pernahkah Anda merasakan ponsel Anda menjadi terlalu panas? Hal ini disebabkan karena ponsel tersebut mengalami overheat. Beberapa dari Anda mungkin masih sering menggunakan ponsel meski berada dalam suhu panas.

Berubahnya suhu di sebuah ponsel bisa berasal karena ada di bawah terik matahari, dekat dengan sumber panas, atau main game yang terlalu berat.

Anda disarankan untuk segera menghindari kegiatan seperti ini sebab menggunakan ponsel ketika suhu panas bisa menjadi alasan sebuah ponsel cepat rusak.

Anda bisa menghindari melakukan hal-hal diatas agar ponsel Infinix yang Anda miliki tidak mudah mengalami kerusakan.

Simak juga:

Cara Menjaga Agar Ponsel Infinix Tetap Awet

Apabila Anda takut memiliki ponsel Infinix yang cepat rusak, maka Anda perlu tahu bagaimana cara yang tepat untuk menjaga agar ponsel Infinix Anda lebih awet. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan:

Memperhatikan Kesehatan Baterai

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kesehatan baterai. Baterai adalah komponen yang bisa membuat ponsel Anda tetap menyala dalam waktu yang lama. Menjaga kesehatan baterai sebuah ponsel sebenarnya tidak sulit, Anda hanya perlu menyambungkan charger di saat yang tepat lalu mencabut charger di saat yang tepat juga.

Hindari untuk menggunakan ponsel Infinix ketika baterai sedang di charge. Memang awalnya tidak akan terjadi apa-apa, tetapi hal ini cukup buruk untuk jangka panjang.

Anda juga disarankan untuk menghindari melakukan pengisian daya ketika baterai belum menunjukkan notifikasi baterai lemah. Anda bisa melakukan pengisian daya ketika baterai sudah menunjukkan angka 20%.

Memasangkan Anti Gores dan Phone Case

Tips kedua yang bisa Anda lakukan untuk menjaga ponsel Infinix Anda tidak mengalami kerusakan adalah memasang anti gores dan phone case.

Anti gores dapat menjadi pelindung layar Anda dari debu dan goresan yang dapat membahayakan ponsel Anda, sementara phone case atau casing bisa membuat ponsel aman ketika terjatuh.

Sudah ada banyak sekali kasus ponsel Infinix yang mengalami kerusakan karena terjatuh dari ketinggian, sehingga memasang phone case dan anti gores sudah menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Gunakan Charger Original

Tahukah Anda bahwa menggunakan charger yang tidak sesuai dengan tipe ponsel Anda bisa membuat ponsel Infinix Anda mengalami kerusakan?

Hal ini dikarenakan daya yang dialirkan tidak sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh pabrik Infinix sehingga dapat memicu terjadinya error.

Anda bisa mengatasi hal ini dengan selalu menggunakan charger original dari ponsel Infinix Anda. Bila Anda mengalami kerusakan charger, Anda bisa membeli charger original yang baru di konter resmi Infinix terdekat.

Itu dia penjelasan terkait apakah ponsel Infinix mudah mengalami kerusakan atau tidak. Anda tidak bisa terpaku pada testimoni pengguna ponsel Infinix lain yang mengatakan bahwa ponsel merk ini mudah rusak. Anda bisa menerapkan tips menjaga keawetan ponsel Infinix yang sudah disebutkan sebelumnya. Selamat mencoba.

Check Also

apakah hp 4g bisa upgrade ke 5g

Apakah HP 4G Bisa Upgrade ke 5G? Ini Penjelasan Lengkapnya

Dengan berkembangnya Dunia Teknologi, saat ini pengguna Smartphone bisa menikmati layanan internet yang semakin canggih, …