Apakah TV Digital Perlu Set Top Box? Baca Ini Sebelum Beli

Apakah TV Digital Perlu Set Top Box

Jika ditanya apa perbedaan antara TV Digital dan TV Analog, bisakah anda menjawabnya dengan mudah? Jika belum tentu saja anda membutuhkan informasi mengenai apakah TV Digital perlu Set Top Box yang akan kita bahas kali ini.

Sebab, jika anda bahkan tidak bisa membedakan kedua jenis TV tersebut maka anda akan mudah terpengaruh beli ini beli itu, kan?

Sebelum bahas lebih lanjut, kita akan mengupas tuntas perbedaan kedua jenis TV di atas. Dimana ada istilah TV Analog dan belakangan juga ada istilah TV Digital, apa saja yang membedakan jenis TV ini? Nah, mari simak penjelasannya di bawah ini ya.

Perbedaan TV Analog dan Digital

Perkembangan zaman yang pesat telah mengubah banyak alat elektronik termasuk TV yang kita gunakan untuk menonton.

Sebelumnya, TV Analog adalah jenis TV yang biasa digunakan banyak orang. Atau, boleh dibilang TV Analog ini adalah jenis TV jadul ya guys.

Lantas, apakah TV Analog tidak bisa digunakan lagi karena sudah jadul dan ketinggalan jaman? Ternyata jawabannya tidak kok! Jika masih berfungsi dengan baik tentu saja anda bisa menggunakannya walaupun tergolong jenis TV jadul.

Hanya saja, anda harus menggunakan peralatan tambahan bernama Set Top Box atau yang disingkat dengan STB. Perangkat ini nantinya akan membantu jenis TV Analog anda agar tetap bisa mendapatkan sinyal TV Digital. Karena, sekarang sinyal TV yang digunakan sudah diganti menjadi TV Digital.

Anda juga harus tahu jika TV Analog sangat bergantung pada posisi antena dengan pemancar siaran TV. Maka, siaran akan semakin melemah jika posisinya sangat jauh. Begitu juga sebaliknya.

Jadi, jenis TV Analog ini pastinya sudah tidak efisien lagi, kan? Inah mengapa banyak yang menggunakan TV Digital. Dimana jenis TV ini lebih modern dan lebih praktis untuk digunakan.

Anda tidak akan lagi merasakan adanya bintik-bintik semut yang mengganggu. Sebab, jenis TV Digital ini menyajikan suara lebih jernih dan gambar lebih jelas. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas tentang STB juga yok!

Simak juga: 5 Cara Cek Apakah TV Anda Sudah Digital atau Analog

Kegunaan Alat STB

Kemudian, bagaimana kegunaan dan fungsi dari alat STB ini? STB merupakan alat dan komponen penting bagi TV Analog untuk menerima sinyal TV Digital dengan baik. Jadi, ketika anda hanya punya TV Analog maka anda hanya perlu beli alat STB saja.

Tentunya akan sedikit lebih hemat jika hanya membeli alat STB dibandingkan harus membeli langsung satu unit TV Digital, bukan?

STB ini nantinya bekerja mengolah sinyal UHF dan mengubahnya menjadi suara dan gambar di TV Analog anda. Dan ada banyak jenis STB yang bisa anda temukan seperti:

  • STB DVB-C (kabel)
  • DVB-S (satelit)
  • DVB-IPTV (internet protokol TV

Apakah TV Digital Perlu STB?

Nah, ada dua jawaban berbeda untuk pertanyaan ini. Sebab, ada dua jenis TV Digital yang tidak sama. Jika jenis yang anda miliki tidak mendukung siaran Digital maka memang harus menggunakan STB.

Nah, jika TV anda sudah canggih dna mendukung siaran Digital maka sebenarnya tidak lagi memerlukan bantuan receiver atau alat STB ini.

Anda bisa mengecek TV anda secara manual atau meminta bantuan dari teknisi. Jika anda kesulitan maka anda bisa saja membeli STB dengan jenis DVB-T2.

Nah, bagaimana? Apakah penjelasan mimin di postingan kali ini mampu menjawab pertanyaan anda tersebut? Jika masih belum jelas silahkan bertanya di kolom komentar, ya.

You May Also Like

2 Comments to “Apakah TV Digital Perlu Set Top Box? Baca Ini Sebelum Beli”

  1. Penjelasannya nggak menjawab . Untuk TV Android apakah perlu STB nggak ada jawabannya

    1. Untuk android tv rata-rata sekarang memang sudah tidak usah untuk membeli stb terpisah, karena sudah terpasang di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.