17 Arti Keterangan di Buku Tabungan BRI Terlengkap

Arti Keterangan di Buku Tabungan BRI

Di era perkembangan jaman yang semakin maju, semua aspek dalam kehidupan tentu semakin maju pula. Salah satu hal yang bisa Anda lihat perkembangannya adalah dari sisi perbankan.

Ada banyak bank yang beroperasi di Indonesia, salah satunya adalah Bank BRI. Ketika Anda menjadi salah satu nasabah dari Bank BRI, Anda akan diberikan buku rekening.

Buku rekening berfungsi untuk mengetahui mutasi debit maupun kredit pada rekening Bank BRI tersebut. Meskipun kini buku rekening sudah bisa diakses melalui online, ternyata masih ada beberapa nasabah Bank BRI yang tidak mengetahui arti dari kode-kode yang digunakan pada buku Rekening. Kali ini, Anda akan diajak untuk mengetahui kode-kode yang digunakan pada buku rekening Bank BRI. Check this out.

Arti Singkatan Pada Rekening Bank BRI

Ada beberapa singkatan yang kerap digunakan dalam buku rekening Bank BRI, yakni:

AFT

AFT adalah singkatan dari Automatic Fund Transfer. AFT berfungsi untuk menunjukkan layanan transfer dana otomatis dari satu rekening Bank BRI ke rekening Bank BRI lainnya. Nasabah atau pemilik rekening bisa menentukan sendiri berapa jumlah dana yang akan ditransfer setiap bulannya.

FAS

FAS adalah singkatan dari Fasilitas Account Sweep. FAS memiliki fungsi yang berkebalikan dengan layanan AFT. Fungsi dari FAS ini adalah untuk mentransfer dana secara otomatis hingga batasan saldo minimal yang sudah ditetapkan oleh pemilik nasabah Bank BRI.

CHG

CHG adalah kode khusus yang digunakan untuk menunjukkan potongan biaya administrasi bulanan di buku tabungan Bank BRI.

Pastinya Anda memiliki potongan biaya setiap bulannya bukan? Kode ini akan muncul apabila mencapai akhir bulan atau awal bulan tergantung pada kebijakan yang dipilih.

AGF

AGF merupakan singkatan dari Auto Grand Found. Fungsi dari Auto Grand Found ini adalah layanan pembayaran otomatis yang dilakukan pada angsuran pinjaman yang didebit langsung oleh pemilik akun atau Bank BRI sendiri.

Transaksi jenis ini biasa dilakukan pada tanggal yang sama di setiap bulannya. Jangka waktu transaksi dilakukannya transaksi akan ditentukan oleh kesepakatan antara pihak Bank BRI dan nasabah.

CWD

CWD adalah kode untuk penarikan tunai melalui bank BRI. Ketika Anda mengambil uang tunai di ATM, maka di buku rekening akan tertera kode CWD.

OVB

OVB adalah kode transaksi pemindahbukuan yang dilakukan oleh nasabah. Kode ini berfungsi untuk pemindahbukuan transfer melalui ATM atau melalui teller.

LIC

LIC merupakan kode yang digunakan untuk menunjukkan penarikan sistem dalam rekening pinjaman.

CSD

Kode CSD adalah keterangan saat Anda melakukan setoran tunai.

MDB

Adalah kode pemotongan tabungan otomatis terhadap biaya notifikasi yang dikirimkan oleh Bank via SMS Banking.

CCM

Ini merupakan kode nominal akumulasi bunga yang diberikan kepada nasabah dalam jangka waktu tertentu.

Kini Anda sudah tahu arti dari beberapa kode yang digunakan pada Bank BRI. Anda tidak perlu lagi kebingungan mengetahui apa arti dari kode transaksi tersebut. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.