Berapa Lama Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank Cimb Niaga?

Berapa Lama Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank Cimb Niaga

Tidak diketahui kapan waktu spesifik uang transferan dari luar negeri sampai ke bank Cimb Niaga, tapi diketahui ada perkiraan waktu atau estimasinya.

Ini berlaku bukan untuk bank Cimb Niaga saja, kepada seluruh jenis bank di Indonesia, kebanyakan estimasi sampainya adalah sebagai berikut.

Berapa Lama Waktu Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank Dalam Negeri?

Waktunya berbeda-beda tergantung faktor-faktor yang mempengaruhi. Ada yang dari sananya cepat sampai, seperti transfer uang dari luar negeri ke bank BCA, yang hanya butuh waktu 1 sampai 3 jam atau lebih cepat lagi 10 menit. 

Tapi tidak semua bank bisa menerima uang secepat itu. Agak jarang kita bisa menerima uang di hari yang sama untuk transferan uang dari luar negeri. Karena estimasi sampai kebanyakan diterima setelah 3 hari kerja atau 2 minggu, bisa juga lebih lama.

Tergantung rutenya. Kalau rute yang dilalui semakin banyak, prosesnya juga banyak. Bagaimanapun juga mengubah mata uang asing menjadi rupiah lalu dikirimkan ke bank dalam negeri, adalah proses yang rumit dan melewati beberapa bank hingga akhirnya sampai di bank lokal milik kita.

Penyebab Keterlambatan Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank Dalam Negeri

Lama cepatnya proses transfer dipengaruhi oleh beberapa hal. Contoh kasusnya, Anda kirim uang dari Austria ke Bank Indonesia.

Pengirim menggunakan perantara bank di Jerman, sebelum sampai ke bank Jerman, uang yang dikirim melewati perantara bank lain. Perantaraan itu bisa memperlambat waktu pemindahan utama. 

Penyebab lainnya bisa disebabkan oleh perbedaan batas waktu kliring bank-bank tersebut. Contohnya bank di Austria yang melakukan kliring pada jam 12 siang waktu setempat setiap harinya.

Sementara bank lain bisa jadi pada jam yang berbeda, belum lagi bila waktu transfer terpotong akhir minggu biasanya akan lebih lama.

Dari contoh kasus tersebut, dapat disimpulkan bahwa beberapa penyebab kenapa transfer uang dari luar negeri mengalami keterlambatan adalah:

1. Proses Transfer Bank yang Melalui Rute Panjang dan Melibatkan Banyak Bank

Transfer antar negara melibatkan setidaknya 4 bank. Perjalanan dari uang dikirim lewat bank, lalu diperantarakan ke bank lain, melalui rute-rute transaksi dari beberapa bank berbeda. Hal ini membuat proses transfer semakin lama.

2. Waktu Kliring Bank yang Berbeda-Beda

Kliring adalah metode transfer dari rekening ke rekening, intinya aktivitas nasabah yang ingin memindahkan uang pada rekening ke rekening orang lain atau rekening pribadi yang lain.

Setiap bank memiliki jam operasional kliring, dan proses kliring tidak bisa selesai dalam beberapa jam. Normalnya 2 sampai 3 hari kerja (kebanyakan begitu), bisa juga lebih cepat.

3. Hari Minggu, Seluruh Bank di Dunia Libur

Kita tidak bisa melakukan aktivitas transfer melalui cabang bank di hari Minggu. Hanya ATM dan aktivitas transaksi umum yang bisa bekerja.

Aktivitas transfer uang dari luar negeri ke negeri orang lain akan dihentikan. Hal ini mempengaruhi waktu transfer dan memperlambat proses uang sampai di akun bank Cimb Niaga.

Apabila Anda mengalami keterlambatan transfer, coba Anda minta pengirim untuk mendapatkan dokumen MT103 dari bank pengirim.

Dokumen itu bisa dipakai untuk tracking posisi dana. Berikan dokumen itu ke bank penerima yang Anda pakai, misalnya bank Cimb Niaga.

Kalau mau proses transfer lebih cepat, nasabah dapat memakai metode transfer lewat cara lain. Seperti lewat WISE atau aplikasi transfer uang lain yang melayani kirim uang dari luar negeri kedalam negeri.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.