Botika WhatsApp – Pengertian, Fungsi Utama yang Lebih Penting

Botika WhatsApp

Fungsi WhatsApp saat ini tidak terbatas pada aplikasi untuk chat pribadi atau grup. Tak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk kegiatan berbisnis.

Salah satu contoh yang paling populer adalah pemanfaatan WhatsApp sebagai customer service. Hal ini bisa diwujudkan dengan mudah berkat Botika WhatsApp.

Kalau Anda berniat untuk membuat bisnis, jangan lupa untuk menggunakan API WhatsApp guna memudahkan komunikasi dengan konsumen. Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya pelajari apa yang dimaksud dengan Botika.

Apa itu Botika?

WhatsApp adalah aplikasi chat yang paling populer saat ini. Aplikasi dengan logo warna hijau ini bisa ditemui hampir di seluruh ponsel. Basis pengguna yang sangat besar membuat aplikasi satu ini cocok digunakan sebagai alat bisnis.

Pihak WhatsApp sendiri sudah meluncurkan fitur WhatsApp Business untuk membantu para pengguna dalam berbisnis.

Sayangnya, fitur yang disediakan oleh layanan tersebut masih sangat terbatas. Hal tersebut melatarbelakangi sekelompok pengembang dari Indonesia untuk menciptakan Botika.

Botika sendiri merupakan startup yang menyediakan layanan jasa pemasangan API WhatsApp atau Bot WhatsApp bagi pengguna WhatsApp Business.

Beberapa layanan yang ditawarkan oleh Botika antara lain:

  • Chat bot bahasa Indonesia
  • Send bulk notification
  • Membantu pemilik bisnis mendapatkan status Verified Business (tanda centang).

API tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Jadi, Botika ini sangat terbuka terhadap permintaan para klien.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Chat di WhatsApp

Fungsi Utama Botika WhatsApp

Setelah memahami apa itu Botika untuk WhatsApp, sebaiknya pahami pula fungsi utama dari Botika tersebut. Berikut ini adalah penjelasan mengenai fungsi utama yang bisa diberikan oleh Botika kepada penggunanya.

1. Terintegrasi dengan Sistem

Metode pengiriman kode verifikasi dan pemberitahuan dari satu aplikasi atau situs sekarang sudah mulai bergeser. Dahulu, hampir semua aplikasi dan situs mengirim kode verifikasi atau OTP melalui SMS. Namun saat ini caranya sudah bergeser, yaitu menggunakan WhatsApp.

WhatsApp dipilih karena pengusaha tak perlu menyediakan budget khusus untuk menyediakan pulsa dan menyewa slot di provider.

Untuk bisa mengintegrasikan antara aplikasi atau sistem dengan WhatsApp diperlukan API. Programmer dari pihak Botika akan membantu Anda untuk menghubungkan dua sistem yang sebelumnya belum pernah terintegrasi.

2. Profil Bisnis Terverifikasi

Fungsi dari Botika yang kedua adalah membantu para pebisnis mendapatkan status Verified dari WhatsApp. Dengan mendapatkan status tersebut, artinya bisnis tersebut memang ada dan seluruh layanannya bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk mendapatkan status Verified, pengusaha harus memenuhi beberapa persyaratan yang cukup berat. Dalam hal ini, Botika akan membantu para pebisnis melengkapi persyaratan tersebut, mengajukannya ke WhatsApp, sampai berhasil mendapatkan status Verified.

Mengapa status Verified sangat penting bagi pengguna WhatsApp Business? Hal ini disebabkan oleh pentingnya kepercayaan konsumen bagi suatu bisnis. Dengan mendapatkan kepercayaan dari konsumen, bisnis bisa berlanjut dan terus berjalan.

3. Gunakan Otomasi dan Akses Multi Agen

Semua konsumen tak akan suka jika mendapatkan pelayanan yang lamban dari customer care atau customer service. Membalas chat secara manual tidak akan bisa menjawab seluruh keluhan pengguna dalam waktu cepat, terlebih bagi perusahaan besar.

Oleh sebab itu, perusahaan membutuhkan layanan otomasi dan akses multi agent. Layanan ini memungkinkan Anda mengirimkan pesan secara otomatis kepada para konsumen untuk menjawab pertanyaan mendasar.

Jika hal itu masih belum cukup, konsumen akan dihubungkan dengan agent. WhatsApp Business ini bisa diakses oleh banyak agent sekaligus. Dengan begitu, pelayanan terhadap konsumen bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Baca juga: Arti Emoticon di WhatsApp

Untuk menghadapi persaingan bisnis saat ini, pengusaha sebaiknya tak lagi menggunakan cara lama seperti perang harga.

Cobalah berikan value yang lebih besar kepada konsumen untuk memenangkan persaingan. Salah satunya membuat customer care dengan bantuan Botika WhatsApp.

You May Also Like

error: Content is protected !!