Cara Agar Kamera Laptop Tidak Mirror

Cara Agar Kamera Laptop Tidak Mirror di Zoom, Google Meet dan MS Teams

Saat meeting kamera laptop atau gadget kita terbalik? Tenang saja, berikut ini cara agar kamera laptop tidak mirror di aplikai Zoom, Google Meet dan Microsoft Teams / MS Teams.

Memiliki sebuah laptop adalah hal yang penting di jaman sekarang. Dengan adanya sebuah laptop, Anda bisa melakukan banyak hal termasuk melakukan konferensi secara online. Sejak pandemi, kegiatan konferensi online melalui aplikasi seperti zoom mulai sering dilakukan.

Sayangnya, beberapa orang mengalami kendala berupa tampilan video zoom yang terlihat mirror atau terbalik. Bagaimana cara mengatasi hal ini? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Agar Kamera Laptop Tidak Mirror

Bila Anda mengalami kendala berupa kamera zoom yang mirror ketika dibuka di laptop, Anda tidak perlu khawatir. Ada sebuah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini.

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah mengunduh aplikasi Zoom di laptop Anda. Pastikan juga bahwa aplikasi zoom yang Anda install sudah dalam versi terbaru.

Anda bisa membuka aplikasi zoom di laptop Anda lalu silahkan login ke akun zoom yang Anda miliki. Setelah itu, klik menu settings di pojok kanan atas.

Pada bagian jendela settings, pilih menu video lalu pilih bagian my video. Anda akan melihat tulisan mirror my video dan kotak centang pada layar Anda. Hapus ceklist pada bagian mirror my video. Selesai, kini hasil video Anda di zoom tidak akan memiliki tampilan mirror lagi.

Jika Anda tidak menemukan opsi mirror my video di zoom Anda, Anda bisa melakukan uninstall lalu re-install aplikasi zoom yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga bisa restart laptop terlebih dahulu untuk membuat performa laptop menjadi lebih baik.

Cara Mengatasi Kamera Zoom Mirror di Android

Tidak hanya di laptop, Anda juga bisa menggunakan aplikasi zoom di Android. Permasalahan kamera yang mirror juga bisa diatasi pada perangkat Android. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Buka aplikasi zoom di ponsel Anda.
  2. Pada halaman beranda, Anda akan melihat tulisan Meet and Chat.
  3. Pilih menu settings lalu klik opsi meeting.
  4. Matikan fitur mirror my video dengan cara menggeser toggle hingga berubah warna menjadi abu-abu.

Anda bisa melakukan percobaan dan melihat apakah video Anda masih mirror atau tidak. Percobaan dapat dilakukan dengan membuat meeting instan atau dengan mengecek pengaturan secara manual.

Cara Mengatur Kamera Laptop

Anda bisa melakukan pengaturan kamera laptop terlebih dahulu sebelum Anda melakukan konferensi yang mengharuskan Anda menyalakan kamera. Ini dia langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengatur kamera di laptop Anda:

  1. Banyak laptop dengan sistem operasi Windows yang secara otomatis menonaktifkan webcam di semua aplikasi konferensi. Untuk bisa mengatasi hal ini, buka menu settings lalu pilih bagian privasi.
  2. Buka bagian camera lalu lihat di bagian atas jendela laptop, apakah ada tulisan ‘camera access for this device is on’. Apabila tulisannya tidak on atau off, maka Anda bisa klik tombol Change lalu ubah ke on.
  3. Pastikan juga bahwa menu ‘Allow apps to access your camera’ juga sudah menyala.

Dengan mengatur pengaturan ini, Anda tidak akan kesulitan untuk menyalakan kamera ketika dibutuhkan. Perlu diingat bahwa langkah-langkah diatas mungkin berbeda antara satu laptop dengan laptop lainnya, sehingga Anda dapat menyesuaikannya sesuai laptop yang digunakan.

Tips Menjernihkan Kualitas Kamera Laptop

Alasan mengapa sebagian orang tidak suka ketika melihat video mereka di mirror adalah karena kualitas atau hasilnya yang lebih buruk.

Padahal, tahukah Anda bahwa Anda bisa menjernihkan kualitas kamera laptop Anda agar meskipun dalam posisi mirror, hasil video Anda tetap bagus. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjernikah kualitas kamera laptop Anda:

Rutin Membersihkan Lensa Kamera Laptop

Bisa dikatakan bahwa rutin membersihkan lensa kamera laptop adalah hal paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjernihkan kualitas kamera.

Kamera laptop biasanya terletak di bagian atas, dimana bagian tersebut sering terkena sidik jari Anda ketika membuka laptop. Kamera yang jarang dibersihkan tentu akan tertutup debu dan membuat tampilan video Anda menjadi lebih buruk.

Anda bisa membersihkan kamera laptop dengan kain untuk kacamata dan cairan pembersih lensa. Hindari menggunakan tisu sebab bisa membuat lensa menjadi tergores.

Memilih Pencahayaan Yang Terang

Tips kedua yang bisa Anda terapkan adalah memilih pencahayaan video yang terang. Apabila Anda berada di tempat yang terang, maka video yang dihasilkan bisa lebih baik.

Jika di ruangan Anda tidak ada tempat dengan pencahayaan yang baik, maka Anda bisa menggunakan tambahan pencahayan dari eksternal seperti ring light atau led light.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Sudah ada banyak sekali aplikasi tambahan yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki kualitas video di laptop. Anda bisa menggunakan salah satu aplikasi tambahan ini untuk memperbaiki kualitas video Anda.

Setiap aplikasi menawarkan pilihan yang berbeda, mulai dari bisa membuat kualitas gambar menjadi lebih tajam, menambahkan efek, menambah cahaya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Rekomendasi Aplikasi Kamera Tambahan di Laptop

Bila Anda sudah mencoba menerapkan langkah-langkah diatas dan video Anda masih berbentuk mirror, maka mungkin Anda perlu menggunakan aplikasi tambahan. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi kamera tambahan yang bisa Anda gunakan di laptop.

YouCam

Rekomendasi aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah YouCam. Aplikasi YouCam biasanya digunakan pada laptop dengan sistem operasi Windows sebab sangat mudah diinstall dan digunakan. Di dalam aplikasi YouCam, Anda akan menemukan setidaknya 200 efek siap digunakan.

Anda bisa memilih mana efek yang akan Anda gunakan untuk endapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda. Tidak hanya menyediakan banyak filter, aplikasi YouCam juga sudah dilengkapi dengan berbagai jenis fitur yang bisa memudahkan Anda untuk menggunakannya.

Anda bisa mengubah video Anda menjadi tidak mirror dengan aplikasi yang satu ini. Bila Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi YouCam, disarankan Anda menggunakannya pada laptop dengan spesifikasi Intel Core i5 atau yang setara, menggunakan 4 GB RAM, dan juga Windows 8 ke atas.

Simak juga: RTX Adalah

Windows Camera

Opsi aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan adalah Windows Camera. Sesuai namanya, aplikasi ini disarankan digunakan oleh para pengguna Windows.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft sebagai tambahan di laptop Windows. Dengan bantuan aplikasi yang satu ini, Anda bisa mengambil video dengan lebih jelas.

Anda juga bisa mengubah pengaturan mirror my video pada aplikasi ini. Tampilan user interface yang digunakan dalam aplikasi Windows Camera ini sangatlah sederhana sehingga Anda bisa dengan mudah memahami bagaimana cara menggunakan aplikasinya.

Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan aplikasi Windows Camera, tetapi pastikan Anda menggunakan laptop dengan spesifikasi Windows 10.

Itu dia penjelasan tentang cara mengubah video di laptop dengan tampilan mirror. Anda bisa menggunakan tips dan langkah-langkah diatas untuk mengatasi hal tersebut. Selamat mencoba.

Check Also

baterai laptop plugged in charging tapi tidak mengisi

Baterai Laptop Plugged in Charging Tapi Tidak Mengisi? Ini Cara Mengatasinya

Memelihara kondisi perangkat elektronik seperti laptop memang tidak mudah, apalagi untuk orang awam seperti kita. …