Cara Bayar Shopee PayLater Sebelum Jatuh Tempo

Cara Bayar Shopee PayLater Sebelum Jatuh Tempo

Shopee adalah salah satu e-commerce yang paling populer di Indonesia. Banyak orang menggunakan aplikasi Shopee karena berbagai jenis fitur yang ditawarkan di dalamnya. Salah satu fitur yang bisa Anda gunakan adalah Shopee Pay Later.

Shopee Pay Later adalah sebuah fitur yang menyediakan pinjaman untuk Anda ketika Anda ingin membeli sebuah barang. Ketika Anda menggunakan Shopee Pay Later, Anda tentu harus membayar tagihan. Bagaimana cara membayar tagihan Shopee Pay Later di Shopee? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apakah Tagihan Shopee PayLater Bisa Dibayar Sebelum Jatuh Tempo?

Apabila Anda memiliki tagihan Shopee Pay Later, maka tentu saja Anda harus membayarnya dengan tepat waktu. Banyak orang yang mengira bahwa Anda harus membayar tagihan Shopee Pay Later tepat pada hari jatuh tempo, padahal ini adalah hal yang salah.

Memang benar bahwa tanggal jatuh tempo adalah hari terakhir Anda untuk melunasi tagihan Shopee Pay Later, tetapi Anda juga bisa membayarnya sebelum jatuh tempo. Itu artinya, kapan saja Anda memiliki uang untuk membayar tagihan Shopee Pay Later Anda, maka Anda bisa langsung membayarnya.

Pilihan Tenor Dalam Shopee Pay Later

Shopee Pay Later memiliki 4 kali pilihan bayar, yakni 1 kali, 3 kali, 6 kali, dan 12 kali. Anda mungkin bingung dengan pilihan tenor ini, tidak masalah. Mudahnya, apabila Anda memilih opsi satu kali bayar di Shopee Pay Later, maka Anda harus membayarnya di bulan depan secara penuh.

Jika Anda memilih 3 kali bayar, maka tagihan akan dibagi tiga plus bunga yang ditetapkan dan seterusnya. Semakin banyak cicilan yang Anda ambil, maka uang yang harus Anda keluarkan akan menjadi semakin ringan karena memang artinya dibagi dengan jumlah cicilan yang pilih. Di sisi lain, semakin banyak jumlah cicilan yang Anda ambil, maka semakin banyak juga bunga yang harus Anda bayarkan.

Cara Membayar Tagihan Shopee Pay Later Sebelum Jatuh Tempo

Agar Anda bisa membayar tagihan Shopee Pay Later sebelum jatuh tempo, maka Anda perlu tahu bagaimana caranya.

Berikut ini adalah langkah-langkah membayar tagihan Shopee Pay Later sebelum jatuh tempo:

  1. Buka aplikasi Shopee di ponsel Anda.
  2. Pilih menu Saya lalu klik menu Shopee Pay Later.
  3. Klik opsi Bayar Sekarang.
  4. Pilih bagian Tagihan Bulan Ini. Pada menu tersebut, Anda akan melihat tagihan Shopee Pay Later yang harus Anda bayarkan.
  5. Klik bayar sekarang.
  6. Pilih metode pembayaran. Tersedia banyak opsi metode pembayaran yang bisa Anda gunakan, mulai dari ShopeePay, transfer bank, hingga melalui indomaret.
  7. Lakukan pembayaran sesuai dengan arahan metode yang Anda pilih sebelumnya.

Setelah pembayaran Anda untuk tagihan Shopee Pay Later berhasil di verifikasi, Anda akan mendapatkan notifikasi lebih lanjut.

Bisakah Melunasi Tagihan Shopee Pay Later Sekaligus?

Jawabannya adalah bisa. Anda bisa melakukan pelunasan tagihan Shopee Pay Later dalam satu waktu. Banyak pengguna yang sudah melakukan hal ini agar mereka bisa segera melunasi cicilan mereka.

Melunasi tagihan Shopee Pay Later secara langsung juga bisa membuat Anda tidak perlu khawatir tentang tanggal jatuh tempo pembayaran.

Cara Membayar Tagihan Shopee Pay Later Sekaligus

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membayar tagihan Shopee Pay Later adalah buka aplikasi Shopee di ponsel Anda. Setelah aplikasinya terbuka, klik menu saya lalu pilih opsi Shopee Pay Later.

Anda akan melihat menu ‘Lunasi Cicilan Sekarang’, klik menu tersebut. Anda bisa melihat berapa total tagihan yang harus Anda lunasi secara keseluruhan. Bila sudah yakin, pilih metode pembayaran yang akan digunakan. Klik konfirmasi lalu lakukan pembayaran sesuai metode yang Anda pilih sebelumnya.

Akibat Terlambat Melunasi Tagihan Shopee Pay Later

Beberapa pengguna Shopee seringkali masih bingung terkait sanksi yang akan dikenakan kepada mereka apabila Anda terlambat membayar tagihan. Tagihan Shopee Pay Later wajib dibayar tepat waktu, sebab bila tidak maka pengguna akan dikenakan denda.

Besaran denda yang harus Anda bayarkan adalah 5% dari total tagihan. Jika dihitung, 5% tentu jumlah yang cukup besar sehingga Anda sangat disarankan untuk menghindari pembayaran setelah jatuh tempo.

Tidak hanya harus membayar denda, tagihan yang terlambat dibayar juga akan mempengaruhi nilai kredit Anda di SLIK OJK. Peringkat nilai kredit ini berpengaruh apabila Anda berencana untuk mengambil pinjaman atau melakukan cicilan melalui bank. Tentunya Anda tidak ingin memiliki nilai yang buruk pada SLIK OJK, bukan?

Cara Menaikkan Limit Shopee Pay Later

Setiap akun Shopee memiliki limit atau batas maksimal untuk menggunakan aplikasi Shopee Pay Later. Bila Anda adalah pengguna Shopee Pay Later yang merasa bahwa limit Anda kurang tinggi atau kurang besar, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini untuk menaikkannya. Ini dia langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk menaikkan limit Shopee Pay Later:

  1. Buka aplikasi Shopee Anda lalu pilih menu Shopee Pay Later.
  2. Klik opsi Upgrade Sekarang.
  3. Selesaikan misi yang ada pada tampilan layar.
  4. Klik menu aktifkan sekarang.
  5. Lakukan proses verifikasi.

Apabila pihak Shopee Pay Later menerima pengajuan Anda, maka Anda bisa mendapatkan limit yang lebih tinggi. Lakukan langkah ini secara berulang kali untuk meningkatkan limit Anda hingga maksimal.

Alternatif Cara Meningkatkan Limit Shopee Pay Later

Apabila cara diatas tidak berhasil, maka Anda bisa menggunakan dua alternatif lain yakni dengan menggunakan limit Shopee Pay Later dengan maksimal dan selalu menggunakan metode pembayaran Shopee Pay Later.

Dengan selalu menggunakan metode pembayaran Shopee Pay Later, maka Anda akan dianggap sebagai konsumen aktif dengan penggunaan yang besar oleh Shopee.

Meski demikian, penting untuk diingat bahwa penggunaan SPayLater secara maksimal juga harus dibarengi dengan pembayaran yang tepat waktu. Penggunaan rutin SPayLater disertai pembayaran tepat waktu tentu memberikan peluang agar limit SPayLater bertambah.

Syarat Menaikkan Limit Shopee Pay Later

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah diatas, akan lebih baik apabila Anda sudah memenuhi syarat menaikkan limit Shopee Pay Later terlebih dahulu.

Berikut ini adalah daftar persyaratan yang harus dipenuhi untuk menaikkan limit Shopee Pay Later:

  • Foto selfie bersama KTP
  • Foto E-KTP
  • Cantumkan nomor HP darurat beserta nama kontak.
  • Tulis nama ibu kandung
  • Isi informasi pekerjaan atau bisnis/usaha yang dijalani
  • Isi informasi pendapatan per bulan
  • Isi informasi status pernikahan
  • Isi alamat tempat tinggal sekarang
  • Isi informasi pendidikan terakhir

Nah, itu dia cara membayar tagihan Shopee Pay Later sebelum jatuh tempo. Anda sangat disarankan untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo agar tidak mengalami kendala apabila ingin melakukan pinjaman di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Mencairkan Shopee PayLater ke Rekening

Cara Mencairkan Shopee PayLater ke Rekening Apa Saja

Saat ini tengah populer tentang kegiatan cicilan barang menggunakan sistem online atau hutang di muka, …