Cara Cepat Mengembangkan Channel Youtube

Gilang Gilang

Cara Cepat Mengembangkan Channel Youtube

Mengembangkan channel Youtube tidak sederhana seperti beberapa tahun lalu. Algoritma Youtube terus mengalami perkembangan dan iterasi, sehingga perlu dipahami secara optimal. Kira-kira bagaimana cara cepat mengembangkan channel Youtube? Bisa belajar dari Youtuber populer Indonesia.

Sebut saja Youtuber ternama Jesno Limit, Atta Halilintar, Tasya Farasha, dan Ricis Official. Mereka telah berhasil meraih kesuksesan menjadi seorang Youtuber. Tentunya tidak semudah kelihatannya, Youtuber pasti sudah melakukan kerja keras, konsistensi tinggi, dan dedikasi penuh untuk mencapai kesuksesan.

Bagaimana Cara Cepat Mengembangkan Channel Youtube?

Jika belajar dari pengalaman para Youtuber ternama Indonesia, ada beberapa poin penting yang perlu ditingkatkan untuk membuat channel Youtube makin berkembang. Jika berhasil konsisten membangun channel Youtube, setiap orang bisa mendapatkan keuntungan hingga milyaran rupiah per bulannya.

1. Tingkatkan Profil Saluran Youtube

Jika ingin channel Youtube dikenal lebih banyak orang, pengguna perlu promosi dulu dengan meningkatkan profil saluran. Kini sudah ada jasa SEO yang bisa bantu meningkatkan traffic sambil memberikan pemahaman pengguna lain tentang keuntungan berlangganan Youtube tersebut.

Meningkatkan profil saluran bisa dilakukan dengan cara menambahkan detail kontak, nilai apa yang bisa diberikan dari channel, bangun kredibilitas sosial, dan ajak untuk berlangganan. Jangan lupa beritahu audiens jadwal penayangan konten kembali guna menarik perhatian kedepannya.

2. Amati Konten Serupa Youtube

Cara mengembangkan saluran Youtube memang tidak mudah, namun masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkannya. Salah satu cara mengoptimalkannya dengan mengamati konten serupa yang sudah berhasil mendapatkan peringkat dari analisis keyword.

Mengamati konten milik Youtuber lain bisa mengidentifikasi kekurangan, membuat catatan untuk mengoptimalkan konten, dan mendapatkan informasi penting dari komentar audiens mereka. Dari sini banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat channel Youtube lebih menarik lagi.

3. Riset Keyword (Kata Kunci)

Sedikit disinggung sebelumnya, Youtuber harus memahami tentang analisis keyword. Kata kunci merupakan aspek yang bisa membantu mengoptimalkan konten, judul, dan deskripsi video. Cara riset keyword bisa dilakukan dengan memulai pencarian Youtube, kemudian ketikkan topik.

Pilihlah kata kunci terpopuler atau kata kunci ekor panjang guna meningkatkan peringkat konten dalam laman pencarian. Beberapa tools yang bisa digunakan untuk melakukan analisis keyword seperti keywordtool.io, Google Trends, SEMrush, Ubersuggest, Google Search, dan lainnya.

4. Membuat Konten dengan Mengoptimalkan Retensi

Bagaimana cara cepat mengembangkan channel Youtube? Selanjutnya buat konten menarik dengan memperhatikan retensi. Retensi tergolong metrik yang akan dianalisis oleh algoritme, oleh sebab itu bisa memberi keputusan untuk menampilkan video ke pemirsa baru.

Sebelum pembuatan konten, perhatikan ide dan konten yang dibuat sudah solid atau belum. Cara terbaiknya dengan membuat skrip video, sehingga menghemat waktu perekaman atau editing. Jika ingin konten terlihat menarik, pertimbangkan dengan baik masalah audio serta pencahayaan.

Youtuber profesional selalu membawa klip yang sudah selesai diproduksi kepada editor. Mereka mampu mengedit video dengan memperhatikan retensi, keterlibatan, dan kejelasan. Setiap elemen dalam konten video perlu diperhatikan sedetail mungkin, sehingga tayangannya sempurna.

4. Buat Judul Ringkas, Tetapi Terlihat Menarik

Cara meningkatkan RPM Youtube atau lainnya sebenarnya akan sangat mudah dengan bentuk kerjasama solid antara Youtuber dengan editor. Selain memperhatikan elemen dalam konten, buat judul ringkas yang membuat audiens merasa penasaran dengan isi konten tersebut.

Dalam pembuatan judul konten, gunakan bahasa sederhana dan kata-kata kuat untuk membangun emosional serta permasalahan penonton. Misalnya “Cara membuat Chroisant, kriuk di luar, lembut di dalam”, kalimat seperti itu akan membuat audiens tertarik untuk meng-klik dan menontonnya.

5. Membuat Thumbnail

Kumpulan gambar mini dalam channel Youtube ternyata bisa mempengaruhi audiens tertarik untuk mengklik video dan menontonnya. Pihak Youtube juga memberitahukan bahwasannya gambar mini bisa menjadi faktor penting banyak sedikitnya rasio klik tayangan yang akan terjadi.

Dalam membuat thumbnail, usahakan menggunakan warna cerah dan teks tebal untuk membuat audiens merasa penasaran. Untuk membuat tampilan thumbnail lebih menarik lagi, gunakan wajah atau elemen manusia yang berkaitan dengan judul konten tersebut.

6. Gunakan Deskripsi Video

Cara cepat mengembangkan channel Youtube dengan menggunakan SEO agar lebih mudah melakukan peningkatan frekuensi melalui deskripsi video. Youtuber bisa coba mendeskripsikan fenomena dalam video, menambah keyword, dan ajakan untuk klik tautan.

Dalam deskripsi video, Youtuber juga bisa menawarkan CTA meminta pemirsa ikut berlangganan otomatis dengan sekalik klik. Audiens hanya diminta untuk konfirmasi berlangganan, kemudian tidak perlu dialihkan. Cukup mudah membuat deskripsi video menarik, bukan?

7. Menggunakan Bab Video

Bab video maksudnya membagi konten video menjadi beberapa bagian, sehingga terlihat rapi dan menarik perhatian audiens. Biasanya audiens akan menemukan bab video dibagian menu putar, lalu disampingnya tersedia pilihan video dengan durasi lebih panjang lagi.

Mungkin belum banyak yang mengetahui, membuat bab video bisa mempengaruhi retensi para penonton untuk meng-klik tayangan. Tidak hanya itu, bab video juga bisa membantu konten video menduduki peringkat teratas dalam mesin pencarian Google maupun Youtube.

8. Membuat Serial Video

Bagaimana cara menjaga retensi penonton tetap tinggi? Selain membuat bab video, Youtuber juga bisa membuat serial video berdurasi panjang. Pada umumnya banyak audiens yang menonton konten Youtube untuk mendapatkan informasi, sehingga akan menonton ala kadarnya.

Daripada membuat video berdurasi panjang bertele-tele, Youtuber bisa siapkan video pendek yang berisi poin-poin penting. Gabungkan antara video satu dengan bagian lainnya, sehingga membuat audiens merasa penasaran dan ingin mengetahui versi lengkapnya melalui channel Youtube.

Baca juga:

Bagaimana cara cepat mengembangkan channel Youtube? Tentu banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari memperhatikan elemen video, judul konten, analisis keyword, dan lainnya. Konsistensi dan usaha keras bisa menjadi kunci untuk menjadi seorang Youtuber sukses kedepannya.

Baca juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer