Cara Daftar dan Mengaktifkan OVO PayLater Tokopedia

Cara Daftar dan Mengaktifkan OVO PayLater Tokopedia

Pernah gak sih kamu pengen banget sama suatau barang di Tokopedia, tapi belum kesampaian karena budget yang tidak cukup? Dengan OVO PayLater, kamu bisa mendapatkannya loh, cukup dengan memahami beberapa persyaratan dan aturan yang berlaku. Dengan ovo paylater kamu bisa membeli barang terlebih dahulu dan bayarnya belakangan, layanan ini sangat meringankan bagi orang yang memang sangat butuh pada suatu barang namun belum ada uang untuk membayarnya.

Apa itu OVO PayLater?

OVO PayLater adalah aplikasi keuangan dalam bentuk digital yang menawarkan sistem pembayaran dengan cara beli dulu bayar belakangan. Menggunakan sistem cicilan pada penggunanya walau tanpa kartu kredit. Dengan limit pinjaman yang berlaku dan dapat digunakan untuk berbelanja di Tokopedia, Merchants dan beberapa gerai yang sudah bekerjasama dengan OVO.

Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin membeli barang namun belum ada uang cash untuk saat ini, jadi bisa membeli menggunakan OVO PayLater dulu baru nanti bayar jika sudah ada uang atau gajian.

Jika Anda tertarik dengan layanan ini, Anda bisa menggunakannya untuk membeli barang apa saja, dan biasanya itu dapat dilakukan di Tokopedia dan berbagai merchant yang bekerja sama dengan ovo. Namun untuk melakukan hal ini tentu saja ada beberapa syarat dan proses aktivasi yang harus dilalui.

Syarat Mendaftar OVO PayLater

Sebelum mengaktifkan OVO PayLater, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu guna pengajuan aktivitas OVO PayLater agar cepat disetujui. Berikut syarat-syaratnya:

  • Foto diri Anda.
  • KTP asli yang masih aktif.
  • Umur akun Tokopedia minimal 6 bulan.
  • Saat ini pengguna OVO PayLater hanya tersedia untuk yang berdomisili di kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi, Surabaya, Tangerang, Bandung, Pekanbaru, Palembang, Semarang, Medan, Malang, Makasar, Surakarta.

Cara Daftar OVO PayLater

Pertama-tama silahkan Anda upgrade akun OVO ke Premier, dan berikut cara daftarnya:

  1. Jika sudah di upgrade, silahkan foto KTP yang diambil langsung dengan kamera ponsel dan usahakan jelas.
  2. Lakukan konfirmasi data diri dengan KTP.
  3. Ambil foto selfie dengan memegang KTP.

Cara Mengaktifkan OVO PayLater

Jika proses upgrade ke OVO Premier sudah berhasil, sekarang kita tinggal mengaktifkan OVO Paylater, berikut caranya:

  1. Buka aplikasi OVO, lalu pilih menu “Aktifkan OVO PayLater”.
  2. Pilih menu “Aktifkan Sekarang”.
  3. Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima kode OTP yang sudah dikirimkan ke nomor hp yang telah terdaftar dengan OVO.
  4. Masukkan kode verifikasi tersebut.
  5. Sekarang upload foto selfie dengan memegang KTP.
  6. Langkah selanjutnya, isi data diri Anda secara lengkap.
  7. Baca syarat dan ketentuan, jika telah membaca silahkan centang setuju pada persyaratan tersebut.
  8. Langkah selanjutnya kita tinggal menunggu dalam waktu 1×24 jam untuk OVO PayLater bisa digunakan.

NB: Pastikan foto terlihat jelas dan tidak buram, terutama pada saat memegang KTP, pastikan nama di ktp dan nomor NIK terlihat jelas saat di zoom, hal ini agar dapat mempercepat proses verifikasi oleh sistem ovo.

Dalam hal aktivasi OVO PayLater bisa dikatakan cukup mudah, hanya saja pada proses pengajuan memang kadang sulit. Namun jika sudah semua syarat terpenuhi, dan yang paling penting foto data diri kita terikirim dengan jelas agar mereka dapat melakukan verifikasi data secara cepat.

Setelah Anda menerima infot bahwa sudah aktif, Anda langsung bisa menggunakan OVO PayLater sebagai metode pembayaran di Tokopedia atau Merchant yang sudah bekerjasama dengan pihak OVO. Anda bisa membeli smartphone, perabot rumah tangga, alat, mesin dan lainnya asalkan tidak melebihi limit yang sudah ditentukan oleh OVO PayLater.

Manfaat Meggunakan OVO PayLater

  • Bisa belanja kapan saja dan bayar pada akhir bulan.
  • Sistem belanja cicilan tanpa kartu kredit.
  • Memiliki limit hingga Rp 1.000.000.
  • OVO PayLater bisa dibayar lewat berbagai macam metode pembayar seperti ATM, Indomaret, mini market, virtual account dan internet banking.

Tanggal Penting OVO PayLater

  • Misal kita melakukan pembelian di Tokopedia pada tanggal 1 Agustus 2020 dengan metode pembayaran OVO PayLater.
  • Pada tanggal 27 Agustus 2020 setiap pengguna OVO PayLater bisa mengecek transaksinya melalui halaman OVO PayLater atau di Email.
  • Tanggal 1 September 2020 kredit limit OVO PayLater bisa dibayar lunas. Jika mau di angsur juga bisa dengan catatan harus bayar 50% dulu, dan hal ini harus dilakukan sebelum jatuh tempo, yakni pada tanggal 27 Agustus 2020.

Produk Apa Saja yang Bisa Dibeli dengan OVO PayLater?

OVO PayLater bisa digunakan untuk membeli semua produk di Tokopedia kecuali untuk produk-produk sebagai berikut ini: Tagihan kartu kredit, angsuran kredit, gift card, donasi, e-money, reksadana, zakat dan emas.

Perhitungan Bunga Cicilan OVO PayLater

Penggunaan kredit limit OVO PayLater akan ditagih setiap bulan per tanggal 27. Jika pada tanggal tersebut pengguna tidak bisa membayarnya, maka harus di angsur sebelum tanggal 1 bulan depan saat jatuh tempo.

Namun jika angsuran telat dibayar, maka akan dikenakan bunga sebesar 0,1% setiap harinya. Hal ini akan berjalan terus menerus setiap harinya sampai cicilan Anda lunas.

Biaya Penggunaan OVO PayLater

Karena OVO adalah perusahaan fintech, tentu saja jasa yang mereka berikan tidaklah gratis. Setiap transaksi akan dikenakan biaya layanan maksimal 5% dari nilai transaksi. Biaya ini juga bisa berbah, tergantung dengan performa pengguna OVO PayLater dalam membayar tagihan mereka.

Berbeda dengan penggunaan kartu kredit yang dikenaka biaya pertahun, untung saja OVO PayLter tidak memiliki biaya bulanan ataupun tahunan. Akan tetapi tetap saja OVO memberikan denda bunga bagi pengguna yang belum membayar tagihan sampai lunas dimana denda ini bernilai 0.1% dari sisa tagihan setiap harinya akan dimasukan ke tagihan bulan berikutnya.

Contoh kasus,

Anda memiliki tagihan sebesar Rp. 50.000, dan tagihan tersebut tidak terbayar sampai batas jatuh tempo yang terhitung pada setiap tanggal 1. Selamat tagihan belum terbayar atau lunas, maka Anda akan mendapatkan bunga yakni 0.1% per hari. Jadi jika tagihanny adalah Rp. 50.000, maka bunganya adalah Rp. 50 setiap harinya.

Jika pinjaman Anda kecil mungkin bunganya tidak akan begitu terasa, namun jika jumlah tagihannya pencapai jutaan rupiah, tentu saja bunga yang juga harus dibayar semakin besar seiring pertambahan bunga yang juga terus berjalan. Maka dari itu jika sudah jatuh tempo, silahkan bayar tagihan Anda sampai lunas.

Tips Menggunakan OVO PayLater

Kami sarankan pengguna OVO PayLater hanya digunakan pada saat kepepet saja, misal uang bulanan habis dan butuh untuk membeli barang kebutuhan wajib seperti beras dan lain-lain, itu bisa dilakukan.

Namun jika hanya digunakan untuk membeli barang yang kurang berguna seperti gadget dan peralatan lain, sebaiknya hindari penggunaan ovo paylater ini. Apalagi bagi Anda yang tidak memiliki penghasilan tetap atau bulanan, karena banyak sekarang yang terjerat dengan hutang fintech.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!