3 Cara Instal atau Menambahkan Font di CorelDRAW Mudah

Cara Instal atau Menambahkan Font di CorelDRAW

Corel adalah salah satu software yang banyak digunakan untuk mendesain berbagai macam karya, baik brosur, baliho, atau dan sebagainya. Untuk mempercantik tampilan design, tentunya harus menggunakan font yang bagus agar dapat menarik perhatian yang melihatnya.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara instal font di Corel agar memiliki lebih banyak variasi font yang bisa digunakan.

Walaupun memang Corel sudah memiliki banyak variasi font, namun banyak yang merasa bahwa variasi font pada sistem bawaannya kurang menarik.

Untuk menginstall font, tentunya Anda harus mendownload jenis-jenis font tersebut dari berbagai website yang tersedia.

Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menginstal font di Corel.

3 Cara Instal Font di CorelDraw

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk menginstal font Anda harus mendownload variasi font dari website yang menyediakan jenis font untuk Corel.

Banyak website yang menyediakan jenis-jenis font, seperti www.dafont.com, www.1001freefonts.com, www.fontfabric.com, atau www.urbanfonts.com.

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menginstal font di corel.

Cara Pertama

  1. Langkah pertama yaitu mendownload font dari berbagai website yang sudah disebutkan di atas. Biasanya bentuk file dalam keadaan zip/rar, jadi Anda harus meng-extract-nya terlebih dahulu jika file sudah terdownload.
  2. Langkah selanjutnya yaitu membuka folder font yang sebelumnya sudah di extract.
  3. Setelah folder terbuka, cari file font lalu klik kanan dan pilih opsi Instal.
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi berhasil. Jika berhasil, maka font akan muncul di pilihan font pada Corel.

Cara Kedua

  1. Seperti halnya cara pertama, Anda perlu mendownload file font terlebih dahulu di website yang menyediakan variasi font untuk Corel.
  2. Jika sudah berhasil terdownload dan filenya berbentuk zip/rar, extract file tersebut agar dapat diinstal.
  3. Setelah itu Anda dapat membuka folder lalu copy/cut file font yang sudah di extract tersebut.
  4. Kemudian Anda dapat masuk ke menu control panel lalu search dengan mengetikan “Fonts”, lalu klik opsi Fonts yang muncul.
  5. Langkah selanjutnya paste font di direktori Font pada perangkat Anda.
  6. Tunggu hingga proses instalasi berhasil dilakukan. Jika sudah berhasil terinstal, maka font sudah dapat digunakan di Corel.

Cara Ketiga

  1. Sebagai catatan, cara ini hanya dapat dilakukan jika Anda sudah menginstal program Bistream Font Navigator. Program ini sendiri biasanya sudah terinstal bersamaan dengan Anda menginstall program Corel di perangkat.
  2. Langkah selanjutnya yaitu membuka program Bistream Font Navigator melalui fitur search atau di tombol Start Windows.
  3. Jika halaman utama sudah muncul, langkah selanjutnya pilih menu Font Catalog lalu pilih lokasi untuk menyimpan font yang sudah di download.
  4. Setelah menemukan folder yang terdapat font yang sudah di download, Anda dapat copy font tersebut lalu memindahkannya ke kotak di sebelahnya dengan cara menahan tombol kiri pada mouse dan melepaskannya ke kotak di sebelah.

Selesai, Anda sudah berhasil menambahkan font tersebut di program Corel pada perangkat tersebut.

Dengan cara instal font di Corel tersebut, Anda dapat dengan mudah menambahkan berbagai macam font baru pada program Corel.

Bahkan font-font yang sudah di instal di perangkat tidak hanya dapat digunakan untuk program Corel saja, namun juga dapat digunakan untuk program lainnya, seperti Microsoft Word, Adobe Photoshop, dan program design lainnya.

Baca juga: Cara Mengatasi CorelDraw X7 Trial Expired

Tentu dengan adanya cara ini, Anda dapat lebih berkreasi dalam membuat sebuah desain menggunakan berbagai macam font menarik. Font-font tersebut pun dapat disesuaikan dengan tema desain yang ingin Anda buat.

You May Also Like

error: Content is protected !!