Cara Install Printer Epson L120 Ke Laptop dengan CD

Cara Install Printer Epson L120

Printer menjadi alat tambah komputer yang berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk gambar atau teks. Ada banyak merk printer di pasaran, salah satu yang paling populer adalah Epson L120. Cara install printer Epson L120 ke komputer lumayan mudah. Namun tidak sedikit yang kesulitan, biasanya para pengguna pemula.

Cara install printer ke komputer sangat penting agar printer dan komputer bisa terhubung. Jadi, jika nanti ingin cetak dokumen, printer bisa bekerja optimal. Bagaimana cara install printer yang benar? Bagi yang penasaran, Anda cukup mengikuti ulasan berikut.

Cara Install Printer Epson L120 Ke Laptop

Cara utama untuk menghubungkan printer ke komputer adalah dengan menghubungkan kabel dari printer ke komputer. Secara otomatis, Windows akan mendeteksi hardware baru dan memulai proses instalasi setelah kabel dicolokkan ke komputer.

Namun karena masih printer baru, tentu harus diinstall terlebih dahulu. Bagi yang belum mengerti, Anda cukup mengikuti tutorialnya berikut:

1. Lepaskan solasi pada permukaan printer

Pertama, lepaskan dulu semua solasi yang terikat pada printer. Biasanya ada beberapa bagian printer yang tersolasi karena bawaan dari pabrik. Anda bisa mengelupasnya dengan pisau atau gunting.

2. Masukkan tinta

Masukkan tinta ke wadah printer yang telah disediakan pada printer. Caranya dengan menyobek plastik pada tinta. Ambil tinta warna apa saja sesuai keinginan. Putar tutupnya ke arah kiri dan lepas bagian alumunium foilnya. Tutup hingga rapat supaya tidak bocor.

Patahkan botol tinta bagian ujung dan nanti akan terlihat ada lubang untuk menuang tinta ke printer. Buka dulu penutup tangki ataupun wadah tinta sesuai warna dari tinta yang dimaksud.

Tuangkan tinta ke printer hingga habis. Tutup kembali tinta di printer. Lakukan hingga semua wadah tinta penuh dengan cairan tinta.

3. Sambungkan kabel power

Untuk langkah berikutnya, Anda bisa menyambungkan kabel power printer ke stop kontak listrik. Pastikan kabel tidak tertekuk atau putus agar printer bisa terhubung dengan komputer dengan baik.

4. Nyalakan printer

Setelah menyambungkan printer ke stop kontak, Anda bisa menyalakan printer. Caranya dengan menekan tombol power dan tunggu sampai lampu pada printer berhenti berkedip. Biasanya tidak berlangsung lama.

5. Isi tinta printer

Berikutnya, Anda harus mengisi tinta power dengan menekan tombol tanda panah ke arah bawah kira-kira selama 3 detik. Tunggu hingga prosesnya selesai. Biasanya perlu menunggu 20 menitan. Tanda jika pengisiannya selesai adalah jika lampu power menyala tanpa ada kedip dan printer tidak mengeluarkan bunyi lagi.

6. Install software printer Epson L120

Berikutnya, Anda harus menginstall software printer Epson 120 sebelum menggunakannya. Caranya sebagai berikut:

  1. Masukkan CD dan selanjutnya klik driver.
  2. Nanti akan ada halaman baru yang muncul, Anda cukup klik InstallNavi dan klik Next untuk melanjutkan.
  3. Tunggu sampai proses instalasi printer Epson L120 selesai

Di tengah proses instalasi driver, pengguna diminta untuk menyambungkan kabel USB printer ke komputer. Anda cukup menyambungkan USB dan pilih Next. Tunggu saja hingga prosesnya selesai.

Bagi yang CD untuk instalasi printer rusak ataupun hilang, Anda juga bisa menginstall printer tanpa menggunakan CD. Jika instalasi berjalan dengan benar, di pojok kanan bawah muncul tulisan driver printer epson yang statusnya sudah ready atau online. Berikutnya, Anda bisa langsung mencetak dokumen dengan menggunakan printer.

Baca juga: Cara Masuk Bios Laptop untuk Semua Jenis dan Merek

Cara install printer Epson L120 sangatlah mudah dan tidak memakan banyak waktu. Bagi pemula, biasanya juga ada buku panduan yang bisa digunakan. Jadi tidak usah terlalu khawatir untuk menginstall perangkat printer ke komputer.

You May Also Like

error: Content is protected !!