Cara Masuk Bios Laptop untuk Semua Jenis dan Merek

Cara Masuk Bios Laptop

Di artikel ini kita akan membahas cara masuk bios Laptop Lenovo, Asus, Toshiba, Acer, Dell dan semua jenis serta merek Laptop yang beredar di Indonesia.

Saat laptop bermasalah dan membutuhkan install ulang, hal pertama yang harus dipahami caranya adalah masuk ke BIOS. Biasanya masing-masing laptop memiliki setting tersendiri. Untuk itu, pahami cara masuk BIOS laptop agar proses install ulang berjalan dengan baik.

Kalau Anda menggunakan Windows 10 sebenarnya ada satu cara tersendiri yang bisa dipakai ke banyak merek laptop. Namun, akan lebih baik lagi kalau bisa memahami semuanya. Pada artikel ini Anda akan belajar cara masuk BIOS pada laptop Lenovo, Toshiba, Asus, Acer, dan Dell.

Baca juga: 10 Emulator Android Ringan untuk PC

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo

Lenovo

Lenovo adalah salah satu jenis laptop yang digunakan karena memiliki ketahanan yang baik. Kalau Anda ingin membuka BIOS dari Lenovo dan melakukan install ulang atau memasang Windows yang lebih baru.

  1. Lakukan restart atau reboot pada PC dengan menekan Start > Power > Restart.
  2. Saat laptop sedang proses booting ulang, tekan tombol tertentu yang sesuai dengan jenis laptop yang digunakan.
  3. Tekan tombol F1 untuk laptop IdeaPad, Fn dan F2 kalau menggunakan laptop Lenovo G405 atau G series. Selanjutnya kalau menggunakan laptop Lenovo ThinkPad bisa menggunakan kombinasi Fn dan F1 serta logo ThinkPad saat laptop.
  4. Tekan tombol di atas saat laptop sedang proses booting, jangan sampai sudah muncul menu utama agar menu BIOS bisa muncul dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.
  5. Kalau terlanjur masuk ke menu utama, lakukan restart kembali dan ulangi langkah di atas sampai benar.

Cara Masuk BIOS Laptop Asus

Asus

Laptop Asus lebih mudah diakses BIOS-nya karena hampir semua series menggunakan cara yang sama. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  1. Pastikan laptop dalam kondisi mati sempurna atau kalau sedang menyala bisa tekan Restart. Cara melakukan booting ulang ini bisa dilakukan dengan menekan Start > Power > Restart.
  2. Saat proses booting sedang berjalan, jangan lupa untuk menekan tombol F2 dan Power.
  3. Secara otomatis BIOS akan muncul dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Saat BIOS muncul biasanya beberapa jenis tombol pada keyboard bisa digunakan seperti up and down. Jangan sampai salah tekan dan melakukan eksekusi proses agar tidak terjadi masalah.

Cara Masuk BIOS Laptop Toshiba

Toshiba

Laptop Toshiba memiliki setting BIOS yang berbeda dengan laptop lain. Apa saja yang ditekan juga sedikit unik per seriesnya. Untuk bisa membuka BIOS dengan baik, lakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

  1. Bisa dimulai dari laptop yang sedang mati atau saat menyala tapi di-restart ulang. Anda bisa memilih sendiri mana yang lebih mudah. Untuk restart, lakukan di menu Power yang ada di Start Menu.
  2. Saat proses booting ulang sedang berjalan, jangan lupa untuk langsung menekan beberapa tombol seperti ESC dan F1 atau F2 dan Power. Coba salah satu dari kombinasi ini agar bisa membuka BIOS.
  3. Bios akan muncul dalam beberapa detik untuk segera digunakan. Kalau Anda ingin melanjutkan untuk melakukan booting, bisa tekan Exit.

Cara Masuk BIOS Laptop Acer

Acer

Laptop Acer juga memiliki cara sendiri untuk bisa diakses BIOS-nya. Lakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

  1. Pastikan laptop dalam kondisi mati terlebih dahulu agar aman. Kalau terpasang dilakukan saat menyala, lakukan restart terlebih dahulu dan segera menekan beberapa tombol.
  2. Berbeda dengan laptop lain yang menggunakan kombinasi tombol atau ditekan cukup lama, Acer harus ditekan beberapa kali untuk membuka BIOS. Tombol yang ditekan berkali-kali adalah F2.
  3. Tunggu selama beberapa saat sampai BIOS muncul dan bisa digunakan.

Baca juga: Cara Main Game Android di PC / Laptop dengan Mudah

Cara Masuk BIOS Laptop Dell

Dell

Dell memiliki kombinasi tombol juga untuk membuka BIOS dengan baik. Ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Laptop wajib dalam kondisi mati untuk semua jenis merek Dell.
  2. Selanjutnya, tekan tombol power diikuti dengan tombol F2 berkali-kali. Kalau cara ini tidak berhasil, bisa tekan tombol F2 dahulu baru menekan tombol start.

Cara Masuk BIOS Laptop Semua Jenis Laptop

Kalau beberapa cara mengakses BIOS banyak dilakukan saat laptop belum menyala dengan sempurna, pada langkah ini laptop harus sudah menyala dengan sempurna. Selanjutnya, ikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini:

  1. Tekan tombol start atau Windows pada keyboard. Selanjutnya, pilih Setting yang berlokasi di kanan bawah.
  2. Setelah keluar banyak menu, Anda bisa memilih Update & Security.
  3. Begitu masuk ke jendela baru, pilih Recovery di sidebar sebelah kiri.
  4. Laptop akan mulai melakukan restart dengan sendirinya. Anda akan diminta memilih beberapa jenis menu seperti Continue, Use a Device, Troubleshoot, dan Turn off your PC. Anda harus memilih Troubleshoot.
  5. Pada jendela Troubleshoot muncul lagi tiga menu yang terdiri dari Refresh Your PC, Reset Your PC, dan Advanced options. Pilih Advance options.
  6. Muncul lagi beberapa menu seperti System Restore sampai Startup Setting. Pilih UEFI Firmware Settings.
  7. Proses restart akan berjalan dan masuk ke BIOS.

Baca juga: 7 Aplikasi Perekam Suara untuk PC yang Jernih Terbaik

Cara ini cocok digunakan kalau Anda tidak tahu cara masuk ke BIOS, apalagi tidak menggunakan salah satu dari laptop di atas. Daripada salah menekan dan menyebabkan gangguan pada PC, ada baiknya mempraktikan semua langkah di atas.

Biasanya menu BIOS yang dimiliki oleh laptop akan berbeda-beda satu dengan lainnya. Namun, proses kerjanya kurang lebih sama sehingga cara di atas bisa dimanfaatkan dengan baik dan bila perlu diingat agar tidak salah.

Dengan cara masuk BIOS Laptop di atas, Anda bisa melakukan install ulang atau proses lain yang berhubungan dengan sistem. Saat melakukan perubahan pada PC, ada baiknya hati-hati dan jangan sampai salah melakukan eksekusi agar tidak menyebabkan gangguan.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7, 8 dan 10

Kalau Anda memang sudah ahli dalam melakukan install ulang, urusan BIOS mungkin tidak akan jadi masalah. Namun, kalau belum terbiasa jangan asal pencet karena PC bisa tidak menyala dan butuh perbaikan pada sistemnya. Sekali lagi, hati-hati dalam mengotak-atik BIOS, ya!

You May Also Like

error: Content is protected !!