Cara Melihat Foto yang di Private di HP Oppo Semua Tipe

Cara Melihat Foto yang di Private di HP Oppo

HP Oppo punya sebuah fitur yang bernama Brankas Pribadi atau Private Safe. Gunanya untuk menyembunyikan data-data, seperti foto, video, suara atau dokumen yang tidak ingin dilihat orang.

Fitur ini membantu pengguna tidak perlu unduh aplikasi tambahan, karena dia berbentuk fitur bawaan. Lebih praktis dan lebih aman melindungi data-data kita dari orang kepo.

Cara Kerja Brankas Pribadi (Private Safe)

Fitur ini tidak berbentuk aplikasi. Ia dapat diakses di menu pebgatyran. Dengan cara kerja seperti ini: saat kalian mengaktifkan fitur ini, Anda diminta membuat kata sandi untuk nantinya dapat dipakai buat mengakses foto-foto tersembunyi.

Mereka yang tidak tahu kata sandi tersebut, tidak akan bisa membuka foto/video tersembunyi. Lantas pilih foto, video, suara atau dokumen yang ingin disembunyikan.

Otomatis berkas-berkas yang dulu tampil di galeri atau pustaka musik tersembunyi dan hanya bisa dilihat di brankas pribadi tersebut.

Namun masalahnya, kadang pengguna yang masih awam kebingungan, karena tidak tahu cara melihat foto/video tersembunyi. Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah caranya.

Baca juga: Cara Menghapus Tema di Oppo Agar Hp Jadi Lebih Ringan

Cara Melihat Foto yang di-private di HP Oppo

Setelah menyimpan file-file secara rahasia, kemanakah mereka pergi? Tempat mana yang harus saya kunjungi untuk melihat file-file tersembunyi itu?

Berikut adalah cara melihat foto yang di-private di HP Oppo dari pemanfaatan fitur Private Safe atau Brankas Pribadi:

  1. Buka menu ‘Pengaturan’ di HP Oppo
  2. Lalu scroll ke bawah, cari menu bernama ‘Privasi’
  3. Lalu buka ‘Brankas Pribadi’
  4. Masukkan kata sandi brankas tersebut
  5. Pilih foldernya, apakah foto, video, lagu atau dokumen
  6. Nantinya akan muncul foto, video, lagu atau dokumen yang Anda sembunyikan

Foto, video, suara atau dokumen macam apa yang Anda sembunyikan? Semoga bukan yang aneh-aneh.

Agar aksesnya lebih mudah, Anda dapat membuat pintasan di layar. Berguna agar bisa mengakses brankas pribadi lebih cepat dan tidak perlu buka menu pengaturan. Bagaimana caranya?

  1. Masuk ke menu ‘Settings’ di pojok kanan
  2. Kemudian aktifkan ‘Home Screen Shortcuts’

Nanti pada tampilan home screen, menampilkan aplikasi bernama Brankas Pribadi, yang mana jika ingin dibuka, dibutuhkan kata sandi. Jangan beritahu orang-orang kata sandi tersebut, agar kerahasiaan terjaga.

Bagaimana Jika Saya Melupakan Kata Sandi Brankas Pribadi

Yang jelas, Brankas Pribadi Anda tidak akan bisa dibuka lagi. Maka dari itu, ingat betul-betul kata sandi tersebut. Lantas bagaimana jika benar-benar lupa? Apakah ada caranya?

Saya kurang tahu. Tapi untuk aplikasi-aplikasi brankas pribadi, contohnya Files by Google untuk mengembalikan file tersembunyi karena lupa kata sandi, bisa dilakukan dengan mencopot pemasangan.

Tapi masalahnya Brankas Pribadi milik Oppo bukanlah aplikasi. Apakah bisa dicopot? Atau barangkali bisa diberhentikan fiturnya?

Saya tidak yakin bisa dilakukan. Karena menghentikan fitur ini, juga butuh kata sandi. Jadi ingat dengan baik kata sandi brangkas Anda.

Baca juga: Cara Update Emoji iPhone di Keyboard Oppo dengan Mudah

Brankas Pribadi HP di Setiap Merk HP Android

Kenyataannya fitur ini bukan dimiliki Oppo saja. Hampir semua jenis HP punya brankas pribadi masing-masing. Tapi nama fiturnya berbeda.

1. Samsung

Nama fiturnya adalah ‘Folder Aman’. Untuk mengaksesnya cukup membuka pengaturan lalu masuk ke menu ‘Keamanan dan Biometrik’, aktifkan Folder Aman dan pilih file-file yang ingin disembunyikan.

2. Huawei

Nama fiturnya adalah Aman atau Safe. Untuk mengaksesnya dibuka dari menu ‘Files’ lalu pilih ‘Kategori’, pilih ‘Aman’ dan klik ‘Aktifkan’.

3. Vivo

Nama fiturnya adalah ‘Kotak Aman’ yang bisa diakses di menu ‘Biometrik’. Nantinya setia akan mengakses file, pengguna dapat memakai sidik jari untuk menjaga kerahasiaan file-file tersembunyi.

4. Realme

Realme juga punya, hampir mirip dengan Oppo. Nama fiturnya adalah ‘Private Safe’. Caranya dengan buka menu ‘Pengaturan’, pilih ‘Privasi’ lalu pilih ‘Private Safe’.

Itulah cara melihat foto privat di HP Oppo. Letaknya ada di menu pengaturan. Atau bisa juga dibuka lewat shortcut dalam bentuk aplikasi Brankas Pribadi yang sebelum itu harus diaktifkan dahulu lewat pengaturan, 

You May Also Like

One Comment to “Cara Melihat Foto yang di Private di HP Oppo Semua Tipe”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.