Cara Melihat History yang Sudah Dihapus di Android

Cara Melihat History yang Sudah Dihapus di Android

Ada banyak jenis history di Android. Pemakaian istilah ini merujuk pada sejarah, riwayat atau jejak-jejak yang Anda tinggalkan. Tergantung konteksnya mengarah kemana.

Jika history chat, maka arahnya ke riwayat chat Anda. Jika history browser, berarti sejarah penelusuran dan penggunaan internet. Ia menampilkan daftar link web yang pernah Anda kunjungi. History pencarian, berarti riwayat pencarian Anda selama ini mencari kata kunci apa saja yang pernah Anda ketik.

Cara Melihat History yang Sudah Dihapus di Android

Karena terlalu banyak macam history, mari kita kupas satu per satu. Jika Anda di sini memiliki masalah yang sama, yaitu tidak sengaja menghapus history dan ingin mengembalikannya, berikut adalah caranya:

1. Cara Melihat History Penelusuran Google Chrome yang Sudah dihapus

Anda dapat memanfaatkan fitur pengaturan akun Google yang tertaut pada browser Chrome. Mereka punya 3 fitur melihat history yang di bagian aplikasinya sudah Anda hapus. Anda bisa lihat history web, history lokasi dan history YouTube. Ini adalah cara melihat history Chrome.

  1. Buka situs ini: https://myactivity.google.com/myactivity?pli=1
  2. Anda dibawa masuk ke akun Google Anda
  3. Kemudian pilih ‘Aktivitas Web dan Aplikasi’
  4. Scroll ke bawah, dan pilih ‘Kelola Semua Aktivitas Web dan Aplikasi’

Di halaman berikutnya, akan tayang daftar situs yang pernah Anda kunjungi. History yang ada di sana bisa kalian atur terhapus otomatis setelah rentan waktu tertentu.

Kalau milik saya, tidak saya hapus. Jadi dari sejak ponsel ini baru, history sejak saat itu sampai sekarang, tersimpan rapi di sana. Jika ingin menjelajahi history lebih mudah, pengguna dapat memasukkan tanggal, bulan dan tahun untuk mempersempit pencarian.

2. Cara Melihat History YouTube yang Sudah dihapus

Cara melihat history YouTube sama dengan melihat history web yang sudah terhapus. Semua video yang pernah Anda tonton, tercatat otomatis pada halaman ‘Aktivitas Saya’ yang disediakan Google.

  1. Buka situs ini: https://myactivity.google.com/myactivity?pli=1
  2. Pilih ‘Aktivitas YouTube’
  3. Scroll ke bawah, pilih ‘Kelola Histori’
  4. Lalu pilih tanggal atau waktu Anda ingin melihat history saat itu, apa yang Anda tonton

Fitur ini hanya akan bekerja kalau dari awal Anda mengaktifkan ‘Aktivitas Saya’. Jika dari awal tidak diaktifkan, maka history yang sudah dihapus, tidak bisa dilihat lagi.

Simak juga:

3. Cara Melihat History Chat yang Sudah dihapus

Kalian bisa memanfaatkan fitur notification log yang tersedia untuk beberapa jenis HP. Fitur ini merekam semua notifikasi masuk, menyimpannya dengan rapi. Banyak dimanfaatkan untuk melihat pesan WA yang sudah dihapus pengirimnya padahal belum kita baca.

Jadi intinya, meskipun di WhatsApp kita sudah menghapus history chat, di notification log dia akan tetap tersimpan sebagai notif pesan yang pernah masuk ke ponsel. Untuk melihatnya, Anda harus mengaktifkan fiturnya dulu, Anda bisa mengikuti langkah ini:

  1. Masuk ke menu ‘Widget’ di layar HP Anda
  2. Pilih fitur ‘Notification Log’
  3. Tempatkan widget di homescreen
  4. Jika sudah dalam keadaan aktif, selanjutnya dia akan merekam semua notif yang masuk

Jika di ponsel tidak ada fitur ini, berarti di HP kalian belum tersedia. Pada intinya, fitur ini harus lebih dulu aktif sebelum melakukan cara melihat history chat yang sudah dihapus. Kalau dari awal belum aktif, lalu bagaimana cara melihat history pesan yang sudah hilang?

Demikian cara melihat history yang sudah dihapus di Android. Adakah history lain yang Anda maksudkan kecuali 3 riwayat di atas? 

Check Also

Cara Mengganti Background Zoom di HP Oppo

Cara Mengganti Background Zoom di HP Oppo

Cara Mengganti Background Zoom di HP Oppo – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Zoom …