Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di Android

7 Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di Android

WiFi adalah salah satu cara mendapatkan koneksi internet yang mudah dan stabil di jaman sekarang. Karena itulah, tidak mengherankan bila banyak orang lebih suka menggunakan WiFi dibanding menggunakan paket data.

Anda mungkin sudah sering berpindah lokasi dan tersambung dengan banyak pilihan WiFi sehingga bingung apa password WiFi yang bisa digunakan untuk jaringan tertentu.

Bila Anda ingin melihat password WiFi yang sebelumnya sudah pernah terhubung dengan ponsel Anda, simak penjelasan terkait cara melakukannya berikut ini.

Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di Android

Anda bisa melihat password WiFi yang sudah terhubung di Android dengan beberapa cara tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan. Untuk itu, ini dia cara melihat password WiFi untuk ponsel Android dengan berbagai sistem operasi:

Sistem Operasi Android 10 Keatas

Cara pertama untuk cek password WiFi di Android adalah pada ponsel dengan sistem operasi Android 10 keatas. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

  1. Buka menu pengaturan di ponsel Anda lalu pilih opsi Jaringan dan Internet.
  2. Pilih sub menu WiFi lalu klik bagian Jaringan Tersimpan.
  3. Pada menu tersebut, Anda akan melihat semua daftar jaringan WiFi yang sudah pernah Anda sambungkan dengan ponsel sebelumnya. Anda bisa memilih salah satu jaringan yang ingin diketahui passwordnya.
  4. Klik jaringan yang diinginkan lalu pilih opsi bagikan di bagian atas layar.
  5. Lakukan pemindaian sidik jari atau wajah lalu masukkan pin di ponsel Anda.

Anda akan melihat password WiFi dari jaringan tersebut dalam bentuk Kode QR. Bila Anda ingin menyambungkan perangkat lain pada jaringan tersebut, Anda bisa langsung melakukan scanning.

Sistem Operasi Android 9 Kebawah

Anda tidak perlu bingung apabila ponsel Anda bukan tipe ponsel dengan sistem operasi Android 10 keatas, sebab Anda bisa menggunakan cara lain yang cocok untuk ponsel Anda.

Untuk bisa mengetahui password dari WiFi yang sudah tersambung sebelumnya di ponsel, Anda perlu mengunduh aplikasi tambahan bernama WiFi Password Viewer. Setelah memiliki aplikasinya di ponsel Anda, berikut ini adalah langkah-langkah selanjutnya:

  1. Buka aplikasi WiFi Password Viewer lalu izinkan semua perizinan melalui pop up notifikasi yang muncul.
  2. Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang sudah pernah terhubung di ponsel Anda sebelumnya.
  3. Anda bisa mengetahui password WiFi yang diinginkan di bagian bawah nama WiFi.
  4. Apabila Anda ingin mencari nama jaringan secara spesifik, maka Anda bisa menggunakan tombol pencarian di pojok kanan atas.
  5. Untuk menyalin password ke papan klik, klik opsi Salin Kata Sandi.

Selesai, Anda kini bisa membiarkan ponsel lain masuk ke jaringan WiFi tersebut dengan password yang sudah Anda ketahui.

Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di iPhone

Anda tidak perlu khawatir apabila Anda menggunakan jenis perangkat iPhone, sebab Anda bisa mengetahui password WiFi yang sudah pernah terhubung di ponsel tersebut dengan mudah. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu pengaturan di ponsel Anda. Bila sudah, tekan menu profil di bagian atas lalu pilih opsi iCloud.

Pada menu iCloud, Anda akan menemukan opsi Password and Keychain, silahkan aktifkan menu tersebut dengan geser toggle ke bagian kanan. Kembalilah ke menu pengaturan lalu nyalakan menu Personal Hotspot. Sambungkan Mac Anda ke hotspot pribadi di ponsel lalu bukalah spotlight dengan cara menekan CMD dan Space secara bersamaan. Ketik menu Keychain Access. Anda bisa langsung mencari jaringan WiFi yang ingin diketahui rincian kata sandinya lalu klik menu Show Passwords.

Aplikasi Untuk Cek Password WiFi

Apakah Anda sudah mencoba cara-cara diatas dan tidak berhasil? Tidak masalah, Anda tidak perlu khawatir sebab masih ada cara lain yang bisa Anda coba lakukan. Anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi cek password WiFi. Apa saja aplikasi yang bisa digunakan? Ini dia rekomendasinya:

AndroDumper

AndroDumper merupakan sebuah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa berapa banyak perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi di rumah Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melihat kata sandi dari WiFi yang berada dalam jangkauan terdekat.

Aplikasi AndroDumper ini memiliki banyak sekali fungsi, mulai dari untuk cek password WiFi hingga memeriksa kerentanan WiFi Protected Setup atau WPS. AndroDumper bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda gunakan cek password WiFi Anda.

WiFi WPS Connect

Pilihan aplikasi berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah WiFi WPS Connect. Aplikasi WiFi WPS Connect ini direkomendasikan untuk Anda coba sebab bisa digunakan untuk perangkat yang sudah pernah di root atau belum. WiFi WPS Connect bisa digunakan untuk hampir semua perangkat sebab ukurannya yang kecil dan mudah untuk digunakan.

Untuk bisa menggunakan aplikasi WiFi WPS Connect, Anda hanya perlu melihat WiFi mana yang masuk ke jangkauan ponsel Anda lalu masukkan PIN sesuai dengan arahan yang diberikan. Setelah itu, Anda hanya perlu membiarkan aplikasi bekerja dan masuk ke dalam jaringan WiFi yang diinginkan.

WiFi Warden

WiFi Warden adalah pilihan aplikasi ketiga yang bisa Anda gunakan. WiFi Warden adalah sebuah aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk menemukan hotspot atau kata sandi WiFi di sekitar Anda pada saat itu juga. Ada banyak sekali fitur unggulan yang dimiliki oleh WiFi Warden, mulai dari mengecek password WiFi terdekat, menguji kecepatan koneksi internet hingga melihat siapa saja yang terhubung di WiFi tersebut. Sayangnya, aplikasi WiFi Warden hanya bisa digunakan oleh perangkat yang sudah pernah melakukan rooting saja.

WPSApp

Masih kurang cocok dengan rekomendasi aplikasi yang disarankan sebelumnya? Tenang saja, Anda bisa mencoba aplikasi berikutnya yakni WPSApp. Aplikasi WPSApp ini memungkinkan Anda untuk terhubung ke dalam sebuah jaringan WiFi dengan nomor pin 8 digit.

Aplikasi WPSApp bisa mendeteksi pin untuk tes koneksi dan kerentanan jaringan. Perlu Anda ketahui terlebih dahulu bahwa aplikasi WPSApp hanya bisa digunakan pada perangkat yang sudah pernah di root. Banyak orang yang mengatakan bahwa WPSApp adalah pilihan aplikasi terbaik yang bisa Anda coba.

NetStumbler

NetStumbler adalah aplikasi pembobol WiFi yang cocok untuk digunakan pada PC atau laptop. Penggunaan aplikasi ini cukup kompleks, sehingga aplikasi NetStumbler lebih disarankan untuk digunakan oleh orang yang mengerti soal jaringan. Meski demikian, aplikasi ini lebih pro dibandingkan dengan lainnya, karena itulah aplikasi ini dapat menjadi andalan untuk digunakan di mana saja dan pada jaringan wifi apa saja.

Aplikasi NetStumbler memiliki banyak kelebihan seperti fitur aplikasi bisa digunakan pada semua jaringan WiFi, bisa melihat password dari semua jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat yang bersangkutan hingga mengarahkan antena untuk tautan WLAN jarak jauh.

Simak juga:

Itu dia cara mengetahui password dari jaringan WiFi yang sudah pernah tersambung di ponsel Android sebelumnya. Anda bisa menggunakan cara manapun yang sekiranya mudah untuk Anda. Selamat mencoba.