Cara Membuka File db.crypt12 di PC Tanpa Key

Cara Membuka File db.crypt12 di PC Tanpa Key

File db.crypt12 merupakan data chat WhatsApp yang tersimpan di Android. Apakah data ini bisa dibuka di PC atau Laptop? Tentu saja bisa, simak caranya di artikel ini.

Jika Anda pernah melihat file yang disimpan WhatsApp memiliki percakapan yang terenkripsi. Pada enkripsi ini aplikasi WhatsApp menggunakan format file dengan bentuk db.crypt12.

Tentunya untuk membuka file ini dibutuhkan beberapa elemen pendukung.

Adanya file pendukung ini membuat Anda bisa mengetahui bagaimana cara membuka file db.crypt12 di PC tanpa key untuk melihat isinya.

Hal ini tentunya sangat membantu bagi Anda yang tidak memiliki akses fisik ke HP melalui akun WhastApp.

Selain itu, Anda juga perlu bijak dalam menggunakan cara ini agar tidak merugikan orang lain terkait dengan isi file yang adi dalam db.crypt12.

Di bawah ini langkah – langkah dalam membuka file db.crypt12 di PC tanpa key.

Baca juga: GB WhatsApp

Cara Membuka File db.crypt12 di PC Tanpa Key

1. Menggunakan Aplikasi WhatsApp Key DB Extractor

Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah melalui aplikasi WhatsApp Key DB Extractor. Aplikasi ini memiliki fungsi utama sebagai penerjemah kode yang Anda di isi konten File db.crypt12. Selain itu, aplikasi ini juga sangat mudah untuk Anda gunakan.

Di bawah ini langkah – langkah dalam menggunakan aplikasi WhatsApp Key DB Extractor.

  1. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka Data Base aplikasi WhatsApp melalui komputer. Cara ini memerlukan penghubungan antara komputer dengan perangkat HP Android. Anda dapat memilih penyimpanan internal perangkat, kemudian pilih folder WhatsApp dan masuk ke Databases.
  2. Setelah itu akan tampil berbagai file dengan format crypt12. Pilih file yang ingin Anda buka dan lakukan copy paste ke Hardisk komputer.
  3. Selanjutnya, Anda dapat melakukan unduhan pada WhatsApp Key DB Extractor untuk Windows.
  4. Kemudian lakukan proses ekstrak pada aplikasi tersebut untuk menjalankan program.
  5. Pada program ini memerlukan bantuan HP Android yang sebelumnya sudah Anda aktifkan fitur debugging USB-nya.
  6. Pada langkah berikutnya, Anda dapat membuka aplikasi WhatsApp Key DB Extractor dan tekan enter untuk melanjutkan proses.
  7. Di kolom ini Anda dapat memasukkan file konten crypt12 yang sebelumnya juga sudah Anda ekstrak.
  8. Kemudian, Anda hanya perlu menunggu untuk melihat hasil dari file tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Crypt Omni

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan dalam membuka file db.crypt12 tanpa kunci adalah aplikasi Crypt Omni. Aplikasi ini hanya bisa Anda jalankan melalui platform komputer.

Adanya aplikasi ini dapat membantu pengguna dalam mendeskripsikan file crypt yang memiliki keamanan berupa kode.

Di bawah ini cara – cara dalam menggunakan aplikasi Crypt Omni untuk membuka file Crypt12.

  1. Langkah pertama Anda dapat menyalin terlebih dahulu file dari database aplikasi WhatsApp dengan cara membuka folder Whatsapp / Databases / msgstore.db.crypt pada penyimpanan internal.
  2. Setelah itu Anda dapat melakukan unduhan pada aplikasi Crypt Omni pada perangkat Windows dan lakukan pemasangan.
  3. Jika sudah, maka Anda bisa membuka aplikasi dan mendeskripsikan isi file.
  4. Perlu di catat bahwa file crypt yang berada dibawah versi 6 tidak memerlukan akses root perangkat untuk mendapatkan kuncinya. Namun, jika berada di atas, maka Anda perlu melakukan root terlebih dahulu agar enkripsi bisa dibuka.
  5. Jika sudah mendapatkan kuncinya, maka Anda dapat mengunggah file tersebut pada aplikasi Crypt Omni dengan cara Open File yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu lakukan ekstrak agar file berubah bentuk menjadi zip.
  6. Langkah terakhir, Anda dapat melakukan ekstrak kembali pada file berformat Zip sesuai dengan keinginan Anda agar lebih mudah dibaca.

Adanya cara membuka file db.crypt12 di PC tanpa key dapat membantu Anda dalam melihat isi konten file WhatsApp secara mudah. Selain itu, aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis melalui internet.

Baca juga: Cara Melihat Backup WhatsApp di Google Drive

Tentunya cara ini perlu Anda lakukan dengan bijak agar tidak merugikan orang lain mengenai isi konten yang di tampilkan pada setiap pesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *