Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung

cara menampilkan persentase baterai samsung

Siapa nih user Samsung yang sudah tidak asing dengan masalah kehabisan baterai? Untuk masalah tersebut, apakah anda sudah tahu cara menampilkan persentase baterai Samsung, belum? Jika belum yuk simak tulisan mimin kali ini.

Menampilkan persentase baterai HP Samsung memang tidak bisa mengatasi masalah baterai yang cepat drop ya gais. Tapi, setidaknya sebagai pemilik ponsel kita tahu kapan seharusnya mulai melakukan charging. Karena jika sudah mencapai 30% sudah layak untuk kita cas ya!

Masalahnya kadang tampilan baterai ponsel hanya berbentuk bar saja bukan? Padahal, dari bar saja kita sulit memperkirakan persentasenya. Untuk itu, mari pelajari yuk cara melihat persentase baterai ponsel Samsung ini.

Cara Menampilkan Persentase Baterai Samsung

Sebenarnya, ada 2 cara menampilkan persentase baterai Samsung. Baik dengan cara melalui layanan setting di HP anda atau dengan menggunakan aplikasi tambahan lainnya. Nah, kedua cara tersebut juga akan kita bahas di postingan kali ini kok, jadi tenang saja.

Anda bisa gunakan setting ponsel jika ingin menggunakan cara yang memang sudah difasilitasi oleh Samsung. Atau, anda juga bisa gunakan aplikasi pihak ketiga. Ada plus dan minusnya loh.

Jika anda ingin menggunakan setting yang sudah ada di ponsel anda. Maka, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu Setting di ponsel Samsung milik anda.
  2. Kemudian, cari pilihan Notification pada pilihan menu di Setting ini.
  3. Kemudian pilih Status Bar.
  4. Akan ada pilihan Show Battery Percentage dan aktifkan layanan tersebut.
  5. Jika sudah anda aktifkan maka bagian kanan untuk tampilan baterai akan dilengkapi dengan persentasenya.

Dengan mengaktifkan fitur ini maka anda bisa dengan mudah melihat seberapa banyak persentase baterai. Atau, jika anda tidak ingin mengaktifkan nya bisa mematikan layanan tersebut kembali. Anda bisa lihat secara manual dari menu Setting juga kok.

Caranya tinggal masuk ke Setting > About Phone > Battery Information. Akan muncul informasi tentang seberapa banyak persentase baterai yang anda miliki di ponsel tersebut. Juga akan ada informasi perkiraan penggunaan HP nantinya.

Baca juga:

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Setting bawaan dari ponsel Samsung sebenarnya ada banyak apk yang bisa membantu dalam masalah ini.

Hadirnya apk pihak ketiga terkait baterai ponsel juga ada banyak manfaatnya. Misalnya mengingatkan kita untuk segera mengisi baterai ponsel. 

Atau mengingatkan juga untuk mengakhiri pengisian baterai agar baterai ponsel tetap awet. Salah satunya adalah AccuBattery. Cara menggunakannya adalah:

  1. Masuk ke Play Store dan ketikkan AccuBattery.
  2. Kemudian, instal aplikasi ini dan tunggu hingga proses pemasangan berhasil.
  3. Jika sudah terpasang maka buka aplikasi tersebut.
  4. Berikan akses izin aplikasi jika diperlukan.
  5. Jika anda menggunakannya maka akan muncul persentase baterai di bagian ikon baterai pojok kanan atas.
  6. Aktifkan fitur Battery Health.
  7. Jika aktif maka apk ini akan mengingatkan anda untuk tidak melakukan pengisian baterai secara berlebihan agar baterai awet. Jika mencapai 80% akan secara otomatis berbunyi dan anda bisa berhenti ngecas.
  8. Selesai.

Namun ingat, aplikasi untuk masalah menampilkan persentase baterai ini ada banyak ya gais. Dan juga, anda harus tahu untuk menambahkan aplikasi bawaan maka anda butuh storage free. Atau mengosongkan sedikit untuk instalasi file Apk tersebut.

Tapi karena fiturnya juga banyak maka tidak jarang orang-orang juga menggunakan. Jadi, ya itu terserah anda ya gais. Menggunakan layanan bawaan bisa, gunakan cek manual di About Phone bisa atau gunakan Aplikasi tambahan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.