Cara Menampilkan Preview Gambar (Thumbnail) di Windows 7

Cara Menampilkan Preview Gambar (Thumbnail) di Windows 7

Bingung karena thumbnail foto tidak tampil saat membuka file explorer? Tenang saja, begini cara menampilkan preview gambar Windows 7 yang tidak muncul.

Tentunya dalam memilih gambar yang terdapat di sebuah folder akan lebih mudah jika terdapat preview atau thumbnailnya. Dengan adanya preview gambar, Anda tidak perlu membuka satu per satu foto yang ingin di lihat secara full screen.

Cara menampilkan preview gambar Windows 7 pun cukup mudah dan Anda tidak perlu waktu yang banyak untuk mengaturnya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menampilkan preview gambar di Windows 7.

Cara Menampilkan Preview Gambar di Windows 7

Cara menampilkan preview gambar di Windows 7 ini dilakukan dengan menggunakan Windows Explorer. Windows Explorer sendiri adalah sebuah file manager dari Windows yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan segala jenis file, baik file operasi, aplikasi, hingga file pribadi seperti foto atau video.

Di dalam Windows Explorer sendiri terdapat fitur untuk pengaturan preview gambar, jadi Anda memang diberikan pilihan ingin menampilkan atau menyembunyikan preview gambar. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa langkah untuk menampilkan preview gambar di Windows 7.

  1. Langkah pertama yaitu membuka Windwos Explorer di perangkat Anda dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + E.
  2. Jika halaman Windows Explorer sudah terbuka, pilih menu Organize di bagian pojok kanan atas lalu pilih opsi “Folder and search options”.
  3. Setelah itu akan muncul kotak pop up “Folder Options”, Anda dapat memilih menu View lalu menghilangkan tanda centang di opsi “Always show icons, never thumbnails”.
  4. Jika sudah menghilangkan tanda centang, maka langkah selanjutnya klik tombol Apply lalu OK.
  5. Selesai, Anda sudah berhasil menampilkan preview atau thumbnail pada perangkat Windows 7 yang digunakan.

Cara Mengatasi Preview/Thumbnail Gambar yang Tidak Muncul di Windows 7

Jika Anda sudah menggunakan cara di atas namun masih belum bisa menampilkan preview gambar, maka dapat mengatur Performance Options pada perangkat yang digunakan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengubah Performance Options agar dapat menampilkan preview gambar Windows 7.

  1. Langkah pertama yaitu klik tombol Windows.
  2. Pada opsi Computer, klik kanan lalu pilih opsi Properties.
  3. Setelah itu akan muncul pop up jendela, Anda dapat klik menu Advanced system settings pada bagian kanan atas layar.
  4. Langkah selanjutnya yaitu pilih tab Advanced dan klik tombol Settings di bagian Performance.
  5. Langkah terakhir yaitu mencentang opsi “Show thumbnails instead of icons” lalu klik tombol Apply dan OK.

Penyebab Preview/Thumbnail Gambar Tidak Muncul di Windows 7

Terdapat beberapa penyebab mengapa preview gambar di Windows 7 tidak muncul, salah satunya adalah karena pada pengaturan Windows Explorer yang memang diatur untuk menyembunyikan preview gambar. Biasanya terdapat beberapa pengguna yang tidak ingin dilihat secara langsung isi dari file tersebut.

Pengaturan pada System Advance juga bisa menjadi penyebab preview gambar di Windows 7 tidak muncul. Biasanya pengguna yang mengatur untuk menyembunyikan preview pada System Advanced memiliki tujuan agar perangkat yang digunakan dapat bekerja secara optimal.

System Advance sendiri memiliki beberapa bagian yang dapat membuat perangkat menjadi lebih berat untuk dijalankan, oleh karena itu sering kali di beberapa bagian System Advance sering di non aktifkan fiturnya agar dapat mempercepat kinerja Windows.

Baca juga:

Cara menampilkan preview gambar Windows 7 tentunya dapat Anda lakukan dengan mudah tanpa bantuan ahli komputer sekalipun. Dengan menggunakan cara ini, tentunya Anda tidak perlu membuka satu per satu foto jika ingin melihatnya.

You May Also Like

error: Content is protected !!