Cara Mengaktifkan Fitur Jual Beli di Facebook (FB MP)

facebook marketplace

Begini cara memunculkan fitur Marketplace FB, atau juga bisa dibilang cara mengaktifkan fitur jual beli di Facebook. Layanan tersebut wajib dimanfaatkan dengan baik bagi pelaku usaha baik UKM ataupun pebisnis rumahan.

Salah satu kelebihan Facebook tidak hanya sebagai media sosial populer saja. Pengguna juga bisa menjual aneka produk yang mereka miliki di fitur marketplace. Tapi, bagaimana ya cara mengaktifkan fitur jual beli di Facebook?

Lebih dari 800 juta pengguna Facebook marketplace setiap bulannya bertransaksi melalui fitur ini.

Namun tidak sedikit yang merasa kebingungan saat ingin menjual produknya di Facebook marketplace. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan jawabannya melalui ulasan berikut ini.

Baca juga: Cara Kembali ke Tampilan Facebook Lama (Mode Classic) di Desktop

Mengapa Ikon Marketplace Facebook Tidak Ditemukan?

Jika Anda menjadi salah satu yang mengeluhkan fitur marketplace tidak muncul, bisa jadi beberapa alasan di bawah ini adalah penyebabnya. Mengingat ada beberapa potensi yang mungkin menyebabkan pihak Facebook tidak menampilkan fitur marketplace ini. Apa sajakah itu?

  • Usia

Sayangnya bagi pengguna di bawah 18 tahun tidak bisa menikmati fitur ini. Facebook hanya menyediakan fitur marketplace untuk pengguna yang sudah di atas 18 tahun.

  • Wilayah

Jika fitur marketplace di Facebook tidak muncul, mungkin wilayah asal Anda tidak didukung. Pihak Facebook membuat aturan bahwa fitur marketplace hanya tersedia di 50 negara saja. Oleh karena itu, lihat pengaturan profil di Facebook pada pilihan negara.

Selain itu, bepergian di negara yang tidak didukung juga bisa menjadi penyebab fitur ini tidak ditampilkan. Hal ini karena pengaturan pilihan negara bisa berubah secara otomatis maupun manual.

  • Perangkat yang Digunakan

Tidak semua perangkat gadget mendukung fitur Facebook Marketplace. Misalnya bagi pengguna iPod touch. Tidak perlu khawatir, bagi pengguna iOS lain seperti iPhone dan iPad, Facebook Marketplace bisa Anda temukan.

  • Akun Baru

Bagi yang baru pertama kali membuat akun Facebook, fitur marketplace tidak akan muncul begitu saja. Bisa jadi hal ini merupakan upaya pencegahan scammers oleh pihak Facebook. Tak jarang akun palsu menjual barang palsu juga yang tentunya hal ilegal di marketplace Facebook.

  • Tampilan Menu

Pada dasarnya, menu ikon utama dari Facebook bersifat dinamis. Artinya, Facebook hanya akan menampilkan pintasan ke fitur yang paling sering digunakan.

Bisa jadi ketika pengguna tidak menggunakan marketplace, fitur tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Sebagai gantinya, Anda mungkin melihat menu lain seperti video, grup, dan sebagainya.

Jika hal tersebut terjadi, Anda masih bisa mengakses fitur marketplace secara manual. Caranya adalah dengan tap ikon titik tiga di menu utama. Setelah itu, fitur tersebut akan membuka berbagai layanan yang disediakan Facebook, termasuk marketplace.

Baca juga: Cara Membuat Tampilan Facebook Transparan Tanpa Root

Cara Mengaktifkan Fitur Jual Beli di Facebook Mudah

Cara memunculkan Facebook Marketplace dengan cepat

Mungkin saat ini Anda kebingungan ketika tidak mendapati fitur marketplace di Facebook. Tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa dicoba agar fitur ini kembali muncul.

  1. Logout terlebih dahulu dari dari akun Facebook yang login.
  2. Jika Anda login di aplikasi Facebook mobile, silahkan copot pemasangan terlebih dahulu.
  3. Download dan install kembali aplikasi Facebook.
  4. Buka aplikasi tersebut, dan ubah pilihan negara. Pastikan untuk memilih salah satu dari 50 negara yang mendukung fitur marketplace di Facebook.
  5. Perbanyak frekuensi penggunaan Facebook, misalnya memberikan komentar, membuat postingan, dan tambahkan teman.
  6. Perlu diketahui pihak Facebook bisa mendeteksi sebuah akun asli atau palsu. Jadi, akun yang diduga palsu memang kemungkinan tidak bisa mengakses fitur marketplace.
  7. Buka website Facebook Marketplace via peramban web. Hal ini bisa menjadi opsi cadangan jika sewaktu-waktu tautannya ditolak melalui aplikasi Facebook mobile.

Cara mengaktifkan fitur jual beli di Facebook di atas semoga dapat membantu Anda dalam berbisnis di Facebook. Tidak perlu khawatir ketika fitur marketplace tidak muncul. Sebaiknya coba dulu cara di atas agar Anda bisa segera menjual produk di media sosial populer ini.

You May Also Like

error: Content is protected !!