Cara Mengatasi Connection Time Out di Komputer OS Windows

Cara Mengatasi Connection Time Out di Komputer Windows

Connection Time Out merupakan salah satu error yang paling sering terjadi ketika pengguna melakukan penjelajahan internet di browser. Error ini dapat muncul di situs – situs tertentu saja. Anehnya situs lain yang Anda buka dapat diakses secara penuh tanpa ada gangguan. Hal ini membuat perlu cara mengatasi Connection Time Out di komputer atau Windows.

Cara yang digunakan mulai dari membersihkan sampah cache hingga menonaktifkan fitur proxy di browser. Anda juga bisa melakukan pengeditan pada DNS untuk mengatasi masalah pada connection time out. Di bawah ini cara dalam mengatasi masalah connection time out pada komputer Windows.

Cara Mengatasi Connection Time Out di Komputer Windows

1. Bersihkan Cache atau Browsing Data

Solusi pertama yang bisa Anda gunakan dalam mengatasi connection time out adalah dengan membersihkan data pada web browser. Cara ini bisa dilakukan pada web browser yang sering Anda gunakan dalam melakukan penjelajahan internet. Data ini bisa mencakup history pencarian, cookies, dan juga password pada setiap website.

Meskipun data cache membuat pengguna bisa mengakses laman website lama secara cepat, namun cache yang expired terkadang bisa menimbulkan masalah. Di bawah ini cara yang bisa Anda lakukan dalam membersihkan data cache pada browser Chrome.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Chrome pada komputer atau PC.
  • Setelah itu, pilih ikon bergambar titik tiga pada bagian atas kanan.
  • Kemudian masuk ke opsi History dan pilih menu Clear Browsing Data atau Bersihkan penjelajahan data.

2. Edit dan Isi File Host di System

Umumnya, file host memerlukan akses khusus dari pengguna agar bisa di buka. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membukanya melalui aplikasi file editor. Seperti Notepad++, Sublime, Atom, dan lain sebagainya.

Anda dapat memilih lokasi file C:\Windows\System32\drivers\etc\ pada komputer Windows. Selanjutnya, lakukan pengisian DNS secara manual dan sesuaikan berdasarkan alamat IP.

3. Lakukan Flush DNS

Cara ketiga dalam mengatasi masalah error connection time out pada browser adalah melakukan Flush DNS. Metode ini sebenarnya mirip dengan membersihkan data cache pada browser komputer Anda.

Hanya saja cara ini mencakup data secara keseluruhan pada browser. Selain itu, adanya cara ini dapat membantu browser menjangkau IP dengan lebih cepat dan benar.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka file CMD pada Windows, lalu masukan perintah ipconfig /flushdns. Selanjutnya, Anda hanya perlu menekan enter pada keyboard dan tunggu hingga proses pembersihan selesai dilakukan. Pada proses ini komputer membutuhkan waktu yang bervariasi. Tergantung dengan DNS Provider yang digunakan oleh Anda.

4. Disable Fitur Proxy Browser

Masalah lain yang menyebabkan error conection time out adalah penggunaan layanan proxy. Hal ini bisa terjadi diakibatkan Anda melakukan disable proxy secara tidak sengaja atau tanpa disadari.

Contoh cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan kembali fitur proxy pada browser Chrome seperti dibawah ini.

  • Pertama buka terlebih dahulu aplikasi browser Chrome di Komputer atau laptop.
  • Kemudian masuk ke menu Settings atau pengaturan browser.
  • Lakukan scroll ke bawah, lalu pilih opsi Advanced dan cari section System.
  • Selanjutnya, klik Open Proxy Settings.
  • Pada tampilan ini, Anda bisa menyesuaikan proxy tergantung dengan jenis sistem operasi yang digunakan pada komputer. Hal ini yang membuat tampilan menjadi berbeda – beda.

Baca juga: Cara Mengatasi Windows 10 Lemot Setelah Update

Pada dasarnya untuk cara mengatasi connection time out pada browser sangat mudah untuk Anda lakukan. Dikarenakan hal ini bukanlah suatu masalah yang besar, cukup dengan melakukan pengaturan jaringan secara benar. Selain itu, cara ini juga dapat Anda lakukan dengan mudah tanpa perlu memasang software tambahan pada komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *