Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik 2020

Dapodik merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh pemerintah, dengan tujuan untuk mempermudah dalam hal pendataan pendidikan secara online. Aplikasi dapodik 2020 terbaru sudah di rilis pada tahun 2019 lalu tepatnya bulan september sehingga beberapa sekolah sudah melakukan update ke versi terbaru tersebut. Dalam prosesnya, ada yang berhasil sinkron dan juga ada yang kesulitan atau gagal dalam melakukan sinrkon dapodik 2020 ini.

Hal itu wajar karena aplikasi ini masih terbilang baru, maka tidak sedikit orang yang mengalami masalah, seperti gagal ketika proses sinkronisasi dan semacamnya.

Jika Anda salah satunya, maka berikut ini cara mengatasi gagal sinkron Dapodik 2020 yang bisa Anda coba lakukan.

Cara Mengatasi Gagal Sinkron Dapodik 2020

Ketika aplikasi Dapodik versi 2020 ini usai dirilis beberapa waktu yang lalu, bisa dibilang jika masih ada beberapa perbaikan pada aplikasi tersebut. Nah, kemungkinan hal inilah yang membuat para penggunanya mendapatkan berbagai macam masalah.

Masalah yang sering terjadi adalah gagalnya proses sinkroninasi. Langsung saja, Anda bisa mencoba cara untuk mengatasi gagal sinkron aplikasi Dapodik 2020 berikut ini.

Tahap Persiapan

Apabila Anda mengalami masalah berupa gagal sinkron pada aplikasi 2020 ketika sedang melakukan input data, maka Anda tidak bisa langsung melakukan cara penanganan. Sebelum itu, Anda perlu menyiapkan beberapa hal sebelum menagani masalah tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang perlu untuk dipersiapkan dalam cara mengatasi gagal sinkron pada aplikasi Dapodik 2020.

  1. Pertama, Anda harus melakukan pengecekan pada browser yang digunakan terlebih dahulu.
  2. Baik itu Google Chrome ataupun Mozilla Firefox, Anda perlu memastikan bahwa browser yang digunakan sudah dalam versi yang terbaru.
  3. Setelah itu, Anda juga perlu memastikan jika koneksi internet pada laptop atau komputer yang digunakan untuk sinkronisasi aplikasi Dapodik 2020 dalam keadaan baik atau stabil.
  4. Kemudian bukalah aplikasi browser yang akan Anda gunakan untuk melakukan sinkronisasi Dapodik 2020.
  5. Di dalam browser tersebut, Anda perlu menghapus semua file cache dan juga history agar browser dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Tahap Penanganan

Apabila Anda sudah melakukan semua hal yang sudah dijelaskan di atas, maka kini Anda sudah dapat langsung menuju ke tahap dalam menangani masalah gagal sinkronisasi pada aplikasi Dapodik 2020 ini.

Anda perlu melakukan semua hal yang akan disampaikan dengan benar dan teliti agar tidak terjadi kegagalan. Berikut ini tahap penanganan masalah gagal sinkron aplikasi Dapodik 2020 yang perlu dicoba.

  1. Hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah mengkoordinasikan dengan teman-teman yang ada pada jenjang dan tingkat di kabupaten masing-masing. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses yang dilakukan merupakan solusi yang terbaik.
  2. Setelah itu, Anda perlu mengecek pembaruan pada aplikasi Dapodik yang digunakan. Jika aplikasi Dapodik yang Anda gunakan telah usang atau melewati masa kadaluwarsa, maka Anda perlu mendownload ulang aplikasi Dapodik dengan versi yang paling baru.
  3. Apabila Anda sudah mendownload aplikasi Dapodik versi terbaru namun tetap gagal ketika sedang melakukan sinkronisasi, maka perlu mencoba mendownload sebuah aplikasi yang bernama synxron eror.
  4. Jika setelah itu muncul lagi pesan yang berisikan “Proses Sinkronisasi dihentikan karena masih terdapat data invalid. Untuk lebih detail, silahkan cek di halaman validasi Front End”, maka Anda perlu mendownload Php.
  5. Namun jika semua hal yang Anda lakukan masih saja tidak berhasil, Anda perlu memastikan bahwa data yang diinput memang sudah benar.

Dengan menggunakan cara mengatasi gagal sinkron Dapodik 2020 seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda sudah tidak perlu bingung lagi ketika mengalami kegagalan pada saat input data dan juga sikronisasi.

Namun semua langkah yang telah dijelaskan tersebut tetap tidak akan berhasil, jika data yang Anda masukkan memang tidak benar atau tidak sinkron.

Tinggalkan komentar