10 Browser Terbaik di PC, Android & iOS (Cepat+Ringan)

Untuk bisa mencari segala informasi dalam jaringan internet, baik melalui perangkat komputer maupun ponsel pintar, dibutuhkan sebuah aplikasi yang disebut dengan browser. Supaya bisa merasakan pengalaman berselancar yang menyenangkan, browser atau peramban yang digunakan harus yang tercepat dan terbaik.

Pada sebagian besar ponsel dan perangkat komputer jinjing biasanya sudah terdapat browser yang disediakan oleh produsen perangkat. Namun, itu tidak menghentikan seseorang untuk mengunduh kembali peramban baru.

Alasan dipasang aplikasi lain biasanya karena browser bawaan terasa lebih berat atau kurang nyaman untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari.

Akan tetapi, bukan berarti ketika seseorang mengunduh browser baru, orang tersebut sudah tahu betul dengan pilihannya. Kebanyakan justru menggunakan aplikasi browser yang kurang sesuai untuk perangkat komputer maupun ponsel pintarnya.

Inilah 10 Browser Terbaik untuk PC, Android dan iOS

Di antara sekian banyak peramban, tidak semuanya cocok atau dapat digunakan di perangkat yang kamu miliki. Berikut ini beberapa pilihan browser terbaik yang bisa jadi bahan pertimbangan.

1. Google Chrome

Google Chrome

Di tengah munculnya berbagai macam browser baru, browser keluaran Google Inc., Google Chrome, masih bisa bertahan hingga sekarang. Tampilan Google Chrome sangat sederhana.

Dengan kesederhaannya bisa memudahkan kamu untuk melakukan berbagai macam pencarian. Selain itu, tampilannya yang sederhana pun membuat proses pencarian berjalan lebih cepat jika dibandingkan dengan peramban lainnya.

Fitur yang dijagokan dari Google Chrome adalah teknologi mesin rendering WebKit. Fitur ini mampu mendukung platform di berbagai perangkat. Baik kamu menggunakan perangkat Windows, Linux, MacOS, iOS, Android maupun Chrome OS.

Fitur pada browser ini juga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan berbagai riwayat jelajah maupun unduhan, mengelola profil dan bookmark dan lain sebagainya.

Dengan kecepatan tinggi dan kesederhanaan tampilannya membuat Google Chrome menjadi browser terbaik pilihan pengguna komputer atau ponsel pintar.

Tidak mengherankan jika sebagian besar pengguna komputer atau ponsel pintar memilih Google Chrome sebagai browser terbaik untuk membantu menjelajahi berbagai informasi.

Ditambah dengan fitur bandwidth saving yang dimilikinya, membuat peramban ini menjadi peramban yang sangat bersahabat bagi pengguna ponsel pintar karena fitur tersebut mampu menghemat penggunaan kuota data internet.

2. Mozilla FireFox

Mozilla FireFox

Jika kamu membutuhkan browser yang memiliki fitur lebih lengkap maka Mozilla FireFox adalah pilihan tepat. Namun karena fiturnya yang banyak ini pula penampilannya agak sedikit lebih ramai jika dibandingkan dengan tampilan milik Chrome.

Beberapa fitur yang bisa ditemukan di Mozilla adalah add-ons, reading mode, web notification, pembaca pdf dan masih banyak lagi.

Mozilla FireFox memang browser terbaik buat kamu yang memang membutuhkan fitur lengkap dan bukan mengutamakan kecepatan.

Untuk penggunaan versi mobile, kamu lebih diuntungkan karena bisa memblokir iklan secara otomatis dan riwayat perambanan pribadi tidak akan dengan mudah dilacak karena sudah terlindungi.

3. Opera

Opera

Jika kamu masih suka dengan browser yang ringan dan cepat kerjanya, Opera bisa menjadi salah satu pertimbangan.

Meskipun fiturnya tidak selengkap Mozilla tetapi tetap mumpuni untuk pencarian dan kebutuhan browsing internet sederhana lainnya.

Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah pilihan bahasa, speed dial, restore session, fitur keamanan dan sebagainya.

4. Microsoft Edge

Microsoft Edge

Sebelum Microsoft Edge muncul pada tahun 2015, Microsoft punya peramban sendiri yang bernama Internet Explorer. Browser ini bisa digunakan pada komputer dengan sistem operasi minimal Windows 10.

Pengguna Android dan iOS pun bisa mencoba merasakan browser ini karena Microsoft Edge sudah dikembangkan untuk kedua sistem operasi tersebut.

Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan di peramban ini adalah blokir iklan, akses bookmark, riwayat internet, tab baru dan lainnya.

5. UC Browser

UC Browser

Untuk kamu yang sering browsing dan mengunduh menggunakan ponsel pasti tidak asing dengan UC Browser.

Bisa dikatakan peramban yang satu ini memang browser terbaik dan populer di kalangan pengguna ponsel pintar berbasis Android maupun iOS. Terutama jika digunakan untuk mengunduh berbagai macam data.

Sedikit yang tahu dan menyadari kalau UC Browser pun tersedia untuk perangkat komputer. Sedangkan untuk fitur yang ditawarkan oleh peramban ini di antaranya adalah fast download, cloud sync, data compression dan lain sebagainya.

6. Vivaldi Browser

Vivaldi Browser

Vivaldi merupakan buah karya salah dsatu developer Opera. Meskipun dibuat oleh orang yang sama dengan yang mengerjakan Opera, Vivaldi memiliki keunggulan tersendiri dalam fitur yang tidak dimiliki oleh peramban lain.

Fitur menarik ini ialah fitur tab empat arah (atas, bawah, kanan, kiri), tab group, screen shoot menggunakan memo, menyimpan bekas browsing yang bisa di-reload dan lain-lain.

Ini merupakan solusi bagi pengguna yang suka dengan kecepatan berselancar di dunia maya dan juga browser dengan kemampuan menakjubkan dalam penggunaan memori (ringan).

7. Maxthon

Maxthon

Untuk kamu yang tidak suka menungu waktu browsing yang lama menggunakan perangkat mobile-mu, maka ada baiknya gunakan peramban Maxthon. Aplikasi peramban yang satu ini pernah dinobatkan sebagai browser terbaik selama tiga tahun berturut-turut.

Fitur menarik yang bisa digunakan di peramban ini di antaranya adalah akses cepat, flash video playback, sinkronisasi dengan perangkat lain, opsi blokir iklan, pilihan mode malam dan masih banyak lagi.

8. Dolphin Browser

Dolphin Browser

Selain UC Browser, Dolphin juga termasuk peramban yang cukup populer di kalangan pengguna Android. Setelah pembaharuan di pertengahan tahun ini, aplikasi Dolphin sudah mengalami perbaikan dan peningkatan terutama di bagian pemuatan halaman situs.

Kecepatannya lebih meningkat. Fitur yang bisa dibanggakan dari peramban ini di antaranya adalah adblock untuk memblokir iklan, flash player, incognito browsing, pengunduhan cepat, sonar untuk pencarian menggunakan suara, dan lain-lain.

Dengan menggunakan nama Dolphin yang kalau diartikan dalam bahasa indonesia artinya lumba-lumba, maka diharapkan browser ini juga bisa berselancar seperti lumba-lumba di internet.

9. CM Browser

CM Browser

Kalau kamu mencari peramban yang ukurannya sangat kecil, CM Browser bisa menjadi pilihan. Peramban yang dikembangkan Cheetah Mobile Inc ini hanya berukuran 2 MB saja.

Dengan ukuran sekecil ini tentu tidak akan memberatkan proses kerja semua perangkat mobile milikmu. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah CM Security-nya.

Sebagai browser terbaik yang ringan dan bersahabat bagi perangkat mobile, proses loading pemuatan halaman situs berjalan sangat cepat. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur notifikasi.

Digabungkan dengan fitur keamanan yang dimilikinya, kamu akan mendapatkan peringatan ketika data atau berkas yang akan kamu unduh terindikasi sebagai berkas yang berbahaya.

10. Flynx Browser

Flynx Browser

Buat kamu yang tidak suka menunggu lama saat browsing, aplikasi Flynx bisa dijadikan sebagai pertimbangan peramban yang digunakan. Fitur kecepatannya menjadi fitur yang diunggulan oleh Flynx.

Bukan hanya karena fitur kecepatannya saja yang membuat proses pemuatan situs berjalan lebih cepat. Fitur penghilang semua iklan dan sampah yang tidak diperlukan dari sebuah situs atau blog pun membantu proses percepatan ini.

Flynx juga memberikan pengalaman membaca daring yang menyenangkan. Artikel dari situs pun bisa disimpan secara offline supaya bisa dibaca nanti.

Fitur multi-tasking-nya membuatmu nyaman untuk berpindah dari satu halaman web ke halaman web yang lainnya. Jika tidak mengerti dengan bahasa yang digunakan, Flynx menyediakan pilihan bahasa sesuai preferensimu.

Download Flynx Browser for Android

Dari kesepuluh browser terbaik di atas, setiap peramban memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pilihlah browser yang paling sesuai dan mampu membantumu mendapatkan pengalaman terbaik saat berselancar di dunia maya. Dengan memilih peramban yang tepat, kegiatan berselancarmu akan lebih produktif dan efektif.