Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot Seperti Dibatasi

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot

Jaringan Anda 4G tapi kecepatan internet sangat di bawah rata-rata? Apakah itu hal yang wajar? Seharusnya tidak. Tapi jika kejadian ini dirasakan oleh kita khususnya para pengguna Indosat, kira-kira apa yang harus dilakukan supaya internet tetap lancar dan bagaimana cara mengatasi Internet lemot Indosat tersebut?

Sejauh ini, penyebab internet Indosat tiba-tiba lemot padahal jaringannya 4G disebabkan oleh 2 hal. Pertama karena Anda memakai paket unlimited yang jika sudah melewati batas pemakaian kuota wajar, kecepatan internet akan berkurang, kedua karena ada masalah pada server yang Anda gunakan atau dalam proses perbaikan.

Namun seharusnya hal ini tidak berlaku untuk paket unlimited Youtube, dimana indosat sendiri sudah mengeluarkan paket khusus untuk streaming di youtube secara gratis 24 jam nonstop alias unlimited. Dari dua penyebab itu, mereka memiliki pemecahan masalah yang berbeda-beda.

Penyebab Internet Lemot Indosat

Berikut beberapa penyebab kenapa paket internet indosat lemot:

  • Paket unlimited (FUP)
  • Ketersediaan sinyal
  • Tipe koneksi 3G / 4G
  • Jaringan error

Ada juga sebagia penyebab lain seperti perangkat sudah di backlist oleh operator dan dibatasi, namun kasus ini jarang terjadi.

Anda Memakai Paket Indosat Unlimited?

Ketika Anda memakai paket Indosat Unlimited, Anda masih bisa berinternet meskipun kuota sudah habis. Hanya saja penurunan kecepatan berinternet akan dilakukan pada paket ini. Jadi meskipun Anda masih bisa berinternet, kecepatannya sangatlah lambat kendati saat itu jaringannya 4G.

Tapi bagaimana jika internet tetap lemot padahal paket internet yang kita gunakan bukan Paket Internet Unlimited?

Entah ini masih berlaku atau tidak, tapi tahun 2018 lalu, paket internet sejenis Freedom Combo pun juga diterapkan sistem Unlimited ini. Mereka memberikan pembatasan normal, padahal seharusnya tidak seperti itu.

Kalau pernyebabnya demikian, Anda tak bisa melakukan apa-apa lagi. Melakukan setting APN tak ada gunanya, menghubungi customer service Indosat pun mereka tak memberikan bantuan apa-apa.

Dalam beberapa kasus, kecepatan internet yang diturunkan ini sangat besar. Dari yang awalnya berkecepatan 6,6Mbps, diturunkan sampai 30Kbp/s.
Sangat keterlaluan.

Cara Mengatasi Internet Indosat Lemot

Ada banyak cara mengatasi Internet lemot Indosat jika penyebab lemotnya adalah karena gangguan.

Setting APN

Indosat secara default mensetting APN semua pengguna dengan nama indosatgprs, tapi Anda bisa mengubahnya sendiri untuk memperoleh kecepatan internet yang lebih baik.

Anda bisa mencari setting APN Indosat sendiri, atau mengikuti setting berikut:

  • Name: internet
  • APN: internet
  • Paasword: (dikosongkan)
  • Username: (dikosongkan)

Beberapa orang mengatakan bahwa mengubah access point name indosat tidak menimbulkan efek apa-apa, namun berbeda dengan beberapa orang lain yang sukses mengatasi dengan cara ini.

Mengaktifkan Mode Pesawat

cara mengatasi kecepatan internet indosat yang dibatasi

Mode pesawat bisa memperbaiki berbagai error jaringan. Untuk memanfaatkan fiturnya, Anda cukup aktifkan mode pesawat beberapa menit lalu matikan. Dengan begini alamat IP Anda bisa direfresh ulang, dan jaringan Anda yang lemot bisa diperbaiki.

Cara ini berlaku untuk berbagai provider, tak cuma Indosat saja.

Setting Mode Jaringan

Dalam beberapa kasus, orang yang mengubah jaringannya dari 4G menjadi H+, malah memperoleh kecepatan yang lebih baik dibanding terus bertahan dengan jaringan 4G. Entah masalahnya apa, tapi cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi jaringan lemot.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka menu pengaturan
  2. Masuk ke pengaturan koneksi, dan pilih jaringan seluler
  3. Nanti akan muncul pilihan setting untuk SIM 1 dan SIM 2, pilih sesuai dengan jaringan yang ingin Anda atur
  4. Ubah pilihan LTE/3G/2G (sambung otomatis) menjadi 3G/2G (sambung otomatis

Coba tes kecepatan. Anda juga bisa mengembalikan mode jaringannya kembali menjadi 4G LTE.

Hindari Membuat Perangkat Menjadi Panas

Suhu panas dapat memengaruhi kinerja ponsel, ia bisa menjadi lambat, tak terkecuali jaringan internetnya juga. Hal ini juga terjadi pada komputer yang menggunakan modem supaya tersambung ke internet. Ketika modem menjadi panas, jaringan internet berubah menjadi lambat.

Anda bisa mendiamkan ponsel beberapa saat hingga ponsel kembali dingin. Setelah itu bisa Anda mainkan lagi. Cara mengatasi internet lemot Indosat kali ini adalah dengan mengistirahatkan aktivitas Anda dari dunia digital tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *