Cara Mengatasi Kartu ATM Disable (Semua Bank) dengan Mudah

Cara Mengatasi Kartu ATM Disable

Ingin melakukan transaksi malah tidak bisa karena kartu ATM bermasalah? Mari simak cara mengatasi kartu ATM Disable berikut ini, yuk!

Siapa yang sering mengalami masalah saat menggunakan kartu ATM mereka? Mulai dari yang tertelan, chip tidak terbaca dan kartu sudah disable?

Jika kamu sering mengalami hal ini, pastinya tahu bagaimana meresahkan hal tersebut, bukan? Bahkan, ciri-ciri kartu ATM Disable dan yang terblokir hampir sama loh, hampir tidak ada bedanya.

Jika kamu tidak jeli melihat layar monitor maka kamu tidak akan menyadari jika kartu ATM kamu sudah disable. Kebanyakan orang malah mengira kartu mereka sedang diblokir dan pusing menemukan alasannya.

Padahal, tidak terblokir secara umum namun sudah disable. Bahkan beberapa mesin ATM menampilkan beragam pemberitahuan.

Seperti kartu tidak terdaftar, katu disable atau kartu diblokir. Untuk kartu yang disable maka kamu harus melakukan tindak lanjut yang lebih dalam.

Dan, tentu saja harus memastikan apa penyebab kartu ATM tersebut tidak bisa digunakan. Apakah benar disable atau bukan. 

Pengertian Kartu ATM BRI Disable

Semua jenis bank yang mengeluarkan kartu ATM pasti memiliki S&K yang berlaku. Termasuk juga dengan bank BRI. Kartu ATM yang biasa digunakan nasabah untuk bertransaksi memiliki batasan dan peraturan tersendiri.

Begitu juga dengan peraturan disable kartu. Sayangnya, kita sebagai pengguna sering lalai dan tidak mengindahkan peraturan tersebut.

Namun, kamu juga perlu tahu apa itu kartu ATM Disable? Status disable sendiri sesuai dengan arti katanya yakni tidak bisa digunakan.

Dan memang benar, status ini menyebabkan kartu tersebut tidak bisa digunakan untuk berbagai transaksi.

Lantas apa sebenarnya yang membuat kartu ATM menjadi disable? Ada dua kemungkinan, yakni:

  1. Pertama pemilik akun yang menonaktifkan akun tersebut. Sehingga, memang sengaja untuk tidak lagi bisa digunakan kedepannya.
  2. Kedua dilakukan oleh bank BRI. Dimana status ini biasanya diberikan kepada kartu milik nasabah yang memiliki transaksi mencurigakan. Kamu tahu masalah money laundry bukan? Nah ini bisa menjadi salah satu alasannya atau pihak BRI takut akun tersebut disalahgunakan oleh pihak lain.

Tentang kasus disable kartu ATM ini, ada beberapa pertanyaan yang mungkin ingin kamu tanyakan, yakni:

  • Apakah saldo akan tetap utuh jika status kartu disable? Tentu saja pihak BRI tidak akan mengambil saldo nasabahnya. Bahkan, tindakan ini biasanya akan dilakukan demi melindungi saldo nasabah.
  • Apakah masih bisa ditransfer? Saldo yang tinggal di akun kartu ATM disable terkunci. Maka, kamu tidak bisa melakukan transaksi baik itu transfer antar bank maupun benda bank. Namun, masih bisa menggunakan layanan mobile banking. Sebab, yang diblokir adalah PIN kartu ATM
  • Apakah masih bisa transfer dengan layanan teller? Tentu saja bisa. Sebab, hanya PIN kartu ATM saja yang dinonaktifkan. Sedangkan untuk buku tabungan masih bisa digunakan.
  • Apakah kartu ATM yang disable bisa diperbaiki melalui call center? Bisa! Kamu hanya perlu menyiapkan saldo pulsa yang cukup dan tentunya menyiapkan dokumen penting untuk verifikasi.
  • Apakah ada layanan lain yang bisa mengembalikan status kartu ATM tanpa perlu ke bank BRI? Ya, kamu bisa menghubungi call center dengan menyediakan pulsa untuk berkonsultasi. Kamu juga bisa menggunakan layanan mobile banking dan internet banking. Kamu hanya perlu memilih pilihan enable kartu saja.

Itu tadi informasi tentang kartu ATM BRI yang disable dan penjelasan mengapa status ini bisa kamu dapatkan. Tetap berhati-hati dan jadi nasabah yang cerdas, ya!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *