Cara Mengatasi Violation TikTok di Video, Apa itu?

Cara Mengatasi Violation TikTok di Video

Bagaimana cara mengatasi video TikTok yang terkena Violation? Tidak perlu khawatir karena cara mengatasinya sangatlah gampang. Namun sebelum itu Anda harus tau apa dari maksud kata tersebut dan mengapa bisa video yang kita unggah terkena hal tersebut.

Seperti yang kita tau bahwa TikTok adalah sosial media berbasis video dimana siapa saja bisa mengupload konten video pendek kedalamnya. Tidak terkecuali untuk anak-anak, remaja dan bahkan orang dewasapun bisa menggunakannya.

Namun tetap saja ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh para pengguna. Seperti misalnya TikTok tidak memperbolehkan adanya konten yang berbau sara, kekerasan dan semacamnya. Karena pengguna TikTok sendiri adalah dari berbagai kalangan.

Apa akibatnya jika kita melanggar peraturan tersebut? Bisa saja video kita akan terkena Violation. Nah, sudah mengerti arti dari kata tersebut? Jika belum, mari kita pelajari sama-sama dibawah ini.

Apa itu Violation TikTok?

Violation TikTok adalah sebuah pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna pada sebuah video yang mereka unggah. Dan kata Violation itu sendiri adalah bahasa inggris yang jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah Pelanggaran.

Violation TikTok adalah sebuah hukuman yang diberikan oleh pihak TikTok kepada pengguna yang telah melanggar pedoman komunitas yang telah diberlakukan oleh TikTok.

Umumnya pengguna akan mendapatkan notifikasi pesan seperti “Community guidelines violation di TikTok” yang menandakan bahwa video yang Anda unggah telah melanggar peraturan yang sudah mereka terapkan.

Jika memang terbukti melanggar maka pihak TikTok akan menghapus secara sementara video yang telah Anda upload sampai mereka benar-benar meninjau kembali video tersebut. Namun apakah ada cara untuk mengatasinya?

Community Guidelines Violation TikTok

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya kita pahami dulu apa itu sebenarnya Community Guidelines Violation TikTok dan konten seperti apa saja yang dapat mengakibatkan pelanggaran.

TikTok telah menjelaskan secara lengkap dan panjang tentang pedoman tersebut. Namun jika dibuat lebih simpel, intinya tidak terdapat unsur kekerasan, SARA, pornografi, ujaran kebencian dan semacamnya pada sebuah video.

Namun jika Anda ingin membaca yang lebih lengkap, kami akan memberikan link rujukan yang bisa Anda baca secara detail di => https://www.tiktok.com/community-guidelines?lang=id#29. Silahkan ikuti tautan tersebut dan baca dengan seksama.

Dan tidak tanggung-tanggung bahkan pihak TikTok bisa saja melakukan take down terhadap video yang melanggar. Jika lebih parah, mereka juga bisa menghapusnya secara permanen dan memberikan sanksi bagi pengguna misalnya berupa shadow ban.

Cara Mengatasi Video TikTok Dihapus Karena Violation

Umumnya sebuah video yang melanggar tidak dapat terdeteksi secara otomatis oleh TikTok. Namun bagaimana cara mereka mengetahuinya? Yaitu dengan banyaknya laporan yang dilakukan oleh pengguna TikTok lain.

Namun belum langsung akan diberikan sanksi, setelah mendapatkan laporan dari banyak pengguna mereka akan meninjau secara langsung apakah memang benar video melanggar pedoman komunitas atau tidak.

Dan jika memang terbukti melanggar, maka video akan dibekukan atau dihapus sementara. Bahkan dalam pelanggaran yang cukup berat, bisa saja video dihapus secara permanen.

Kita bisa mengajukan banding dengan memilih menu ajukan banding, setelah itu tulis alasan yang kuat bahwa video tersebut tidak melakukan pelanggaran beserta screenshot yang menguatkan bukti tersebut.

Namun perlu di ingat, sebelum mengajukan banding sebaiknya Anda pahami betul apakah video tersebut memang tidak melanggar pedoman komunitas TikTok atau malah sebaliknya?

Baca juga: Cara Konfirmasi Umur di TikTok

Karena percuma juga saat Anda melakukan banding namun ternyata video tersebut memang terbukti melanggar. Kita tidak bisa melakukan apa-apa dan juga hanya bisa pasrah saat video dihapus oleh pihak TikTok.

You May Also Like

error: Content is protected !!