Cara Menggunakan Aplikasi Signal Private Messenger

Signal Private Messenger

Ada banyak sekali aplikasi yang mulai bermunculan saat ini, dan masing-masing dari aplikasi tersebut memiliki keunggulannya sendiri.

Salah satu aplikasi baru yang mulai banyak digunakan adalah Signal. Jika Anda sudah mengunduhnya maka Anda haru tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi Signal.

Salah satu keunggulan dari aplikasi Signal ini adalah adanya privacy yang akan melindungi si pengguna.

Banyak aplikasi yang melanggar privacy pengguna saat ini, dan hal itu cukup membahayakan di dunia digital terutama untuk orang-orang yang menggunakan smartphone.

Cara Menggunakan Aplikasi Signal dengan Praktis dan Efisien

Cara Menggunakan Aplikasi Signal dengan Praktis dan Efisien

Berikut ini beberapa cara mudah dan praktis dalam menggunakan aplikasi Signal dengan tepat:

  1. Mengaktifkan Screen Lock

Apabila Anda baru saja pindah ke Signal dan mengklik Off maka Anda bisa mengaktifkan Screen Lock. Tujuannya adalah untuk membatasi jumlah pesan dari orang lain yang dianggap tidak sah.

Aplikasi ini juga menawarkan pengunci bawaan sehingga Anda tak harus memakai aplikasi pengunci dari pihak ketiga. Caranya dengan mengetuk Ikon Profil yang letaknya di sudut kiri atas kemudian buka Privacy.

Setelah itu aktifkan sakelar yang ada di Screen Lock, kemudian selesai.

Langkah berikutnya yaitu lakukan pengaturan Inactivity Timeout untuk mengatur kapan aplikasi bisa mengunci dirinya sendiri dengan cara otomatis. Itulah tips pertama dari Signal yang harus Anda manfaatkan dengan baik.

  1. Menetapkan PIN

Ketika melakukan pengaturan pada aplikasi Signal ini, Anda juga harus menambahkan PIN sebanyak 4 digit. Namun fungsi dari PIN ini bukan untuk mengunci aplikasi tetapi ditujukan untuk menerapkan 2-factor Authentication dan menjadi aplikasi tambahan dari Signal.

Jika sudah melakukan pembaruan, maka Signal pun akan mewajibkan penggunanya untuk menetapkan PIN yang ditujukan untuk pemasangan kembali, verifikasi identitas pribadi, serta pengembalian cadangan.

Caranya yaitu dengan mengetuk Ikon Profil terlebih dulu, yang letaknya ada di bagian sudut kiri atas kemudian buka Privacy kembali. Setelah itu scroll ke bagian bawah dan Anda bisa mulai mengaktifkan Registration Lock.

Setiap kali Anda akan menginstall ulang aplikasi ini maka Anda akan diminta menuliskan PIN yang sudah dibuat.

  1. Blur Wajah

Ada fitur baru dari aplikasi Signal yang juga akan meningkatkan privacy bagi si pengguna. Hanya dengan melakukan satu ketukan saja maka pengguna bisa memblurkan wajah dengan cara otomatis.

Hal ini juga akan membantu Anda untuk melindungi identitas pribadi Anda. Apalagi sistem pengawasan wajah sedang meningkat di dunia sekarang ini.

Cara membuat wajah menjadi blur ini adalah dengan memilih gambar wajah Anda lalu klik ikon Blur yang ada di atas.

Setelah itu aktifkan sakelar Blur Faces. Fitur ini juga akan memburamkan wajah Anda secara manual jika suatu aplikasi tak bisa mendeteksi wajah dengan tepat.

  1. Pesan Menghilang

Aplikasi Signal merupakan layanan perpesanan yang orientasinya memang pada privacy pengguna. Segala macam fitur penting di dalamnya bisa digunakan untuk melakukan sebuah percakapan yang sifatnya sangat pribadi.

Fitur lainnya yang bisa Anda gunakan adalah pesan menghilang ini. Fitur ini juga dikenal sebagai pesan penghancur diri yang fungsinya yaitu bisa mengatur timer untuk menghilangkan sebuah pesan, jika pesan ini sudah dibaca oleh si penerima pesan.

Masih banyak cara lainnya dalam cara menggunakan aplikasi Signal tersebut. Aplikasi ini memang ditujukan untuk sebuah komunikasi yang sifatnya sangat pribadi. Sebagian besar fitur di dalamnya juga dibuat untuk menguatkan privacy serta keamanan dari penggunanya.

Maka aplikasi Signal ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan apa saja, dengan catatan privacy Anda sebagai pengguna sangat terjaga dengan baik.

You May Also Like

error: Content is protected !!