Cara Menghapus Akun Yahoo Mail Secara Permanen dan Cepat

Cara Menghapus Akun Yahoo

Panduan cara menghapus akun Yahoo secara permanen dapat Anda temukan disini. Dengan cara yang cepat, maka semua data dan jejak digital di Yahoo akan dihapus selama-lamanya.

Anda mempunyai akun email lebih dari satu? Atau jangan-jangan saking terlalu banyaknya akun email Anda, terkadang kebingungan dan lupa ID dan passwordnya?

Sebaiknya, gunakan satu email saja. Misalnya jika Anda sudah tidak menggunakan Yahoo lagi, tidak ada salahnya jika di hapus. Terlebih, cara menghapus akun Yahoo pun tidak sulit.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menghapus Akun Yahoo

1. Pastikan Yahoo Mail Anda Tidak Digunakan Lagi

Sebelum menghapus akun Yahoo, sebaiknya pastikan terlebih dulu bahwa Yahoo Mail memang tidak digunakan secara permanen. Hal ini berarti tidak ada keperluan pekerjaan atau bisnis yang berkaitan dengan email ini, juga tidak ada layanan paket premium yang masih aktif atas nama email ini.

2. Ketahui Konsekuensi Menonaktifkan Email Yahoo Permanen

  • Identitas email Yahoo pribadi/bisnis akan terhapus permanen.
  • Pengaturan akun akan dihapus permanen, termasuk semua layanan yang terhubung pada akun email Anda.
  • Akses layanan premium/berbayar akan terhapus secara otomati, termasuk semua pembayaran yang telah dilakukan (tidak bisa dipulihkan).
  • Username atau alamat email yang tadinya Anda gunakan, bisa diklaim atau digunakan oleh pengguna lain.
  • Akun akan terhapus dalam waktu 30 hari. Jika pada rentang 30 hari Anda login atau mengakses akun kembali, permintaan penonaktifan email Yahoo bisa dibatalkan.

Nah, jika Anda sudah paham dengan konsekuensi dan hal-hal yang perlu diperhatikan di atas, berikut ini langkah-langkah menghapus akun Yahoo secara permanen:

Cara Menghapus Akun Yahoo Permanen dengan Mudah

Anda bisa menggunakan komputer atau smartphone untuk menghapus akun ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun Yahoo Anda di Yahoo.com.
  2. Setelah masuk ke bagian Dashboard, Anda bisa melanjutkan ke halaman penghapusan akun Yahoo (https://yahoo.mydashboard.oath.com/delete-my-account)
  3. Jika sudah, Anda diharuskan mengisi alamat email dan password.
  4. Klik Next/Submit, kemudian Anda akan diberikan informasi mengenai penutupan akun Yahoo. Isi informasinya kurang lebih sama dengan konsekuensi menonaktifkan akun Yahoo yang telah dibahas di atas.
  5. Klik Continue The Process of Deleting Your Account.
  6. Untuk kedua kalinya, Anda harus memasukkan alamat email Yahoo di halaman selanjutnya. Setelah mengisi alamat email, pilih Yes, Delete This Account.
  7. Tunggu beberapa saat hingga kemudian muncul tulisan Your Account Has Been Deactivated and Scheduled for Deletion.

Nah, setelah selesain menghapus akun, Anda tidak dapat mengaksesnya kembali. Namun Yahoo memberikan batas waktu 30 hari sampai akun tersebut benar-benar dihapus secara permanen. Jadi pastikan untuk tidak mengakses akun tersebut dalam rentang waktu 30 hari ya.

Bagaimana Cara Membatalkan Penghapusan Akun Yahoo?

Berubah pikiran dan ingin mengembalikan akun Yahoo yang sudah dinonaktifkan? Jawabannya bisa memungkinkan juga bisa tidak. Perlu diingat, Anda dapat mengembalikan akun tersebut jika mengaksesnya kembali dalam rentang waktu 30 hari.

Namun jika Anda mencoba untuk mengembalikan akun tersebut dalam rentang waktu lebih dari 30 hari, sayangnya Anda tidak bisa mendapatkan akun emailnya kembali.

Bagaimana Jika Ingin Menghapus Akun Yahoo yang Lupa Password?

Anda bisa memulihkan password terlebih dulu sebelum menonaktifkannya. Tenang, layanan Yahoo memberikan banyak cara pemulihan alternatif yang bisa digunakan untuk mereset password.

Nah, jika Anda tetap tidak bisa mengakses email yang lupa password tersebut, sayangnya Anda tidak bisa menonaktifkan akun secara permanen, karena layanan ini hanya bisa diakses melalui dashboard email.

Baca juga: Cara Login Yahoo Tanpa Verifikasi No HP

Cara menghapus akun Yahoo yang telah dijelaskan di atas tentu sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, kan? Bahkan cara-cara tersebut bisa dilakukan menggunakan PC atau smartphone.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!