Cara Menghentikan Cadangan WhatsApp Agar Kuota Internet Aman

Cara Menghentikan Cadangan WhatsApp

Siapa yang tidak mengenal aplikasi chatting WhatsApp? Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak bisa dipisahkan dari aplikasi chatting satu ini. Namun pernahkah Anda merasa risih proses pencadangan WhatsApp? Lalu bagaimana cara menghentikan cadangan WhatsApp tersebut?

WhatsApp memang memungkinkan Anda mengirim berbagai file mulai dari dokumen, audio, kontak, lokasi, dan lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pencadangan data bagi pengguna yang mengaktifkannya.

Apakah Pencadangan WhatsApp Cukup Efektif?

Tidak seperti sosial media, aplikasi chatting pada umumnya harus melakukan pencadangan data. Hal ini dilakukan agar user WhatsApp tidak kehilangan data. Pada dasarnya, penting atau tidaknya fitur ini tergantung pada penggunanya.

Tidak sedikit yang justru merasa risih ketika proses pencadangan WhatsApp muncul tiba-tiba. Terlebih bagi Anda yang sedang asyik-asyiknya chatting. Namun bagi sebagian orang, fitur ini memiliki manfaat sesuai kebutuhannya.

Salah satu alasan mengapa pencadangan ini mengganggu adalah karena prosesnya yang cukup lama. Bahkan tidak sedikit yang tidak mengetahui bagaimana cara menghentikannya. Pada dasarnya fitur pencadangan WhatsApp akan sangat membantu asalkan dilakukan di waktu yang tepat.

Misalnya ketika hendak berganti nomor atau gadget, maka pastikan Anda melakukan back up data terlebih dahulu. Jika tetap ingin mencadangkan data di WhatsApp, pengguna bisa mengatur sendiri waktu pencadangan di menu Pengaturan.

Baca juga: 16 Arti Emoticon WhatsApp, Jangan Sampai Salah Kaprah!

Cara Menghentikan Cadangan WhatsApp dengan Mudah

Bagi Anda yang merasa terganggu dengan proses pencadangan WhatsApp, untuk menghentikannya ternyata sangat mudah. Memang tidak sedikit orang yang merasa risih dengan proses pencadangan yang memakan waktu lama ini.

Cara Menghentikan Cadangan WhatsApp dengan Mudah

Daripada penasaran, yuk simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencadangkan WhatsApp.

1. Tutup Aplikasi WhatsApp di Menu Recent Apps

Cara ini termasuk sederhana dan mudah dilakukan. Ketika muncul proses pencadangan lokal di WhatsApp, Anda bisa menutup aplikasi chatting ini di menu Recent Apps. Metode ini termasuk yang paling mudah dan cepat yang bisa dicoba pengguna.

Sayangnya, cara ini tidak selalu berhasil jika WhatsApp masih terus mencadangkan data. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan alternatif lain apabila cara ini tidak berhasil.

2. Menghentikan Paksa Aplikasi WhatsApp

Nah metode ini bisa dibilang paling manjur dibanding yang lainnya. Cara ini sudah banyak dipilih bahkan 90% berhasil. Terlebih bagi pengguna WhatsApp di ponsel Android.

Untuk menghentikan paksa aplikasi WhatsApp, buka bagian menu Info dan pilih Hentikan aplikasi. Jika sudah berhasil, Anda bisa membuka kembali aplikasi chatting ini.

Dengan demikian, proses pencadangan WhatsApp akan hilang dengan sendirinya. Anda pun bisa kembali chatting dengan WhatsApp tanpa ada gangguan apapun.

3. Restart Smartphone

Jika metode di atas masih belum berhasil menghentikan pencadangan WhatsApp, Anda bisa memilih menu reboot atau restart.

Jika sudah menyala kembali, silahkan buka kembali aplikasi WhatsApp di smartphone. Biasanya proses pencadangan akan berhenti. Jadi, Anda tidak perlu memilih menu apapun lagi.

Meski cara reboot perangkat ini berhasil, namun tampaknya sedikit merepotkan jika harus mematikan ponsel terus-menerus. Oleh karena itu, fitur pencadangan WhatsApp harus digunakan dengan baik dan benar.

Bukan berarti fitur pencadangan WhatsApp akan selalu mengganggu. Fitur pencadangan atau backup data ini sangat penting lho jika sewaktu-waktu pengguna ingin berganti smartphone. Jadi, lebih baik lakukan backup di saat ingin ganti nomor atau ponsel saja.

Baca juga: 2 Cara Menyembunyikan Chat di WhatsApp (WA)

Bagaimana, sangat mudah bukan cara mengentikan cadangan WhatsApp? Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi jika sewaktu-waktu fitur ini muncul. Pilihlah metode yang dirasa paling mudah dan tidak ribet untuk diterapkan.

You May Also Like

error: Content is protected !!